Bisnis

Cara Simple Buat Laporan Keuangan untuk Bisnis UMMK, Pentingnya 5 Hal Ini

Laporan keuangan adalah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan besar ataupun kecil. Biasanya jika perusahaan besar memiliki laporan keuangan yang sangat rapi dan teratur karena dibuat oleh akuntan berpengalaman. Namun untuk pengusaha kecil, biasanya sebaliknya. Meski perusahaan masih berskala kecil atau menengah, namun pembuatan laporan keuangan tidak boleh diabaikan. Sebab laporan keuangan dapat mengontrol biaya operasional, mengetahui hutang piutang, menghitung jumlah pajak, menjadi syarat ketika mengajukan pinjaman untuk tambahan modal. Karena kepentingan tersebut, maka Anda sebagai pemilik usaha sudah wajib membuat laporan keuangan yang teratur untuk perusahaannya. Berikut adalah cara sederhana membuat laporan keuangan:

Miliki Buku Catatan Pengeluaran

Agar dapat lebih mudah mengetahui berapa jumlah modal usaha yang telah dikeluarkan, sejak awal membuka usaha sebaiknya pengusaha membuat buku khusus untuk mencatat semua pengeluaran. Pengeluaran yang mesti dicatat mulai dari pembelian barang, sewa tempat, dan pengeluaran lainnya.

Miliki buku catatan pemasukan

Bukan hanya pengeluaran yang perlu dicatat, melainkan catat pula semua pemasukan dengan jelas. Item pemasukan di sini antara lain adalah hasil penjualan barang dan piutang yang sudah dibayar. Jangan sampai terlewat, catat laporan pemasukan setiap hari.

Miliki buku kas utama / bookeeping

Buku kas utama adalah buku yang menggabungkan catatan pengeluaran dan catatan pemasukan. Dibuatnya buku kas utama bertujuan untuk mengetahui secara detail berapa jumlah keuntungan atau kerugian yang dialami oleh perusahaan. Disamping itu, buku kas utama ini juga bisa dipakai sebagai dasar pembuatan perencanaan strategi perusahaan di masa datang.

Miliki buku stok barang

Perusahaan perlu juga mencatat arus keluar masuk barang setiap hari selain pencatatan keuangan. Ketika terjadi penjualan tinggi maka arus jumlah barang yang keluar juga akan ikut makin tinggi. Buku ini juga dapat digunakan guna memonitor persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, catatan ini juga berguna untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan pemasok atau pegawai perusahaan.

Miliki buku inventaris barang / inventory

Kegiatan pencatatan inventaris barang juga menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh perusahaan, Sebab pencatatan ini berfungsi agar aset perusahaan tetap terkendali karena semua barang yang dimiliki oleh perusahaan bisa diketahui. Apakah kamu tahu bahwa inventory bisa membantu kamu mendapatkan pendanaan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis? Anda dapat mengajukan Inventory Financing di Pintek sekarang! PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.

Artikel Terkait

Back to top button