Pendidikan

Tips Meningkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi, Begini Panduannya

Akreditasi perguruan tinggi adalah hal penting yang perlu diperhatikan dan menjadi hal yang perlu dievaluasi oleh sebuah lembaga pendidikan. Akreditas adalah nilai jual sebuah kampus baik kepada calon mahasiswa, pemerintah, maupun lembaga-lembaga lain yang memiliki hubungan kerjasama.

Meningkatkan akreditas yang masih rendah dan mempertahankan yang sudah baik adalah keharusan. Bila masih di bawah B, sebuah perguruan tinggi harus berubah dan berbenah secara serius dan bila sudah B akreditasinya maka harus berusaha meningkatkan akreditasi menjadi A. Lalu bagaimana sebenarnya tips agar akreditasi sebuah kampus cepat meningkat?

Cara Meningkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi

manajemen sekolah

Usia sebuah perguruan tinggi memang berpengaruh terhadap kualitas dan tingkat akreditasi yang diraih. Namun, bukan berarti kampus yang baru atau yang sudah lama sekalipun bisa dengan mudah mendapatkan akreditasi A atau B yang lebih baik. Berikut ini beberapa syarat akreditas perguruan tinggi agar bisa lebih baik:

1.Kualitas Kurikulum

Kurikulum pembelajaran adalah hal penting yang menjadi instrumen penilaian akreditasi sebuah lembaga pendidikan seperti kampus. Masalah kurikulum yang paling umum biasanya selain kurang berkompeten adalah masih mengacu pada kepentingan komersil lembaga pendidikan sehingga kurang bisa mengakomodir kebutuhan pendidikan yang lebih signifikan.

Kampus-kampus swasta dengan akreditasi yang masih rendah tentu perlu berbenah soal kurikulum yang kerap menjadi penyebab akreditasi yang tak kunjung berubah.

2. Kualitas SDM di Kampus

Berapa banyak tenaga pengajar bergelar doktor, profesor atau guru besar? Hal ini akan sangat berpengaruh pada kenaikan akreditasi kampus. Kualitas SDM ini akan sangat berpengaruh pada kualitas peserta didik yang dihasilkan. Masih banyak kampus-kampus baru yang tenaga pendidiknya hanya S1 atau paling top S2.

Meningkatkan jumlah pengajar dengan gelar terbaik adalah tips meningkatkan akreditas perguruan tinggi yang penting diperhatikan oleh pihak pengelola kampus. Mencari doktor-doktor muda dengan memberikan pelayanan dan fasilitas yang bagus menjadi cara yang harus dilakukan untuk mengikat tenaga terdidik tersebut di kampus yang rendah akreditasinya.

3. Meningkatkan Kualitas Sarana dan Prasarana

Standar kenaikan akreditasi kampus juga dilihat dari sarana dan prasarana yang disediakan, terutama yang menunjang kegiatan dan proses pembelajaran. Laboratorium yang lengkap, fasilitas gedung dan ruang belajar yang memadai, dukungan fasilitas perpustakaan dan sebagainya sangat penting ditingkatkan jika kampus ingin meningkatkan akreditas.

Kampus yang memiliki akreditasi A adalah kampus yang unggul dalam hal ini. Jadi bukan hanya SDM nya yang bagus tetapi kondisi fasilitasnya juga memadai.

Sebuah kampus bisa jadi akreditasinya masih B atau di bawah itu, tetapi jurusan tertentu dari fakultas yang ada di dalamnya bisa jadi akreditasinya A. Semakin banyak akreditasi fakultas yang A tentunya akan membantu meningkatkan akreditasi kampus secara umum walaupun tetap harus dilakukan pembenahan di semua indikator yang dibutuhkan.

4. Penelitian dan Pengabdian

Faktor lain yang mempengaruhi peningkatan akreditasi sebuah kampus adalah penelitian dan pengabdian yang sudah diberikan oleh kampus tersebut kepada masyarakat sudah sejauh mana. Semakin aktif sebuah kampus membuat penelitian dan melakukan pengabdian kepada masyarakat maka percepatan kenaikan akreditasinya akan lebih baik.

Sebuah kampus idealnya memiliki lembaga pusat penelitian yang bukan hanya ditujukan untuk membuat riset dan penelitian secara teori tapi juga perwujudan nyata berupa pengabdian langsung kepada masyarakat. Bukan hanya kalangan mahasiswa yang melakukan pengabdian tetapi dosen juga terlibat dalam hal tersebut.

5. Sistem Pengelolaan Kampus

Pengelolaan kampus berbasis digital yang dilakukan secara profesional adalah kompetensi yang perlu diwujudkan di kampus guna mendukung peningkatan capaian akreditasi setiap waktunya.

Semakin baik pengelolaan berbasis digital ini akan semakin memberikan kemudahan bagi warga kampus dan ini akan mempengaruhi capaian penilaian akreditasi yang diperoleh.

Penilaian akreditasi kampus menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh para pengelolanya agar jangan hanya menjadi kegiatan rutin yang tidak memberikan perubahan apa-apa. Saat akreditasi kampus lebih baik bukan hanya menguntungkan bagi mahasiswa, para pengajar dan pengelola kampus pun akan merasakan dampak positif akan hal tersebut.

Pembenahan pada semua aspek yang sudah dijelaskan di atas akan membantu proses peningkatan akreditasi sebuah kampus. Terutama bagi kampus-kampus yang sudah bertahun-tahun berdiri tetapi akreditasinya masih di bawah standar. Perlu ada pembenahan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Indonesia membutuhkan SDM unggul yang siap bersaing di level internasional, semua itu dimulai dari kualitas lembaga pendidikan yang ada, terutama kampus sebagai lembaga pendidikan di level atas.

Hal yang jadi masalah memang saat akan memperbaiki peningkatan akreditasi kampus harus memperbaiki banyak hal, dan tentunya membutuhkan sejumlah anggaran besar biaya pendidikan untuk meningkatkan semua indikator penilaian akreditasi. Dari mana kampus bisa mendapatkan sumber dana yang memadai?

Baca Juga : Panduan Lengkap Sertifikasi Dosen, Syarat, Alur dan Tipsnya

Pintek, Perusahaan Pinjaman Dana Pendidikan yang Profesional

pinjaman pendidikan

Anda ingin meningkatkan akreditasi kampus menjadi A atau B tetapi terhalang masalah biaya yang besar untuk menanganinya? Jangan khawatir kini kami hadir dan siap membantu Anda mendapatkan akreditasi terbaik tahun ini.

Pintek adalah perusahaan yang memberikan pinjaman pendidikan bagi lembaga pendidikan seperti kampus, sekolah atau yang lainnya.

Konsultasikan lebih dulu tentang kebutuhan dana yang diperlukan. Kami adalah mitra yang siap memberikan solusi terbaik dan menguntungkan. Akreditasi adalah modal awal Anda meningkatkan daya saing kampus dan sumber daya manusianya, mau tak mau Anda harus memperbaikinya dari sekarang.

Akreditasi perguruan tinggi akan menjadi hal menguntungkan di kemudian hari. Kampus Anda semakin baik dan pastinya akan mendukung geliat pendidikan di Indonesia yang lebih maju.

Artikel Terkait

Back to top button