SIPLah

Apa itu SIPLah Serta Manfaatnya untuk Sekolah dan UKM Pendidikan!

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia meluncurkan platform untuk mendukung pendidikan di Indonesia yaitu SIPLah. Dengan hadirnya SIPLah, Pemerintah berharap seluruh sekolah di Indonesia dapat dengan mudah memenuhi barang dan jasa yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) adalah platform milik Kemendikbud yang bertujuan untuk mendukung dan mempermudah pengadaan barang dan jasa (PBJ) sekolah. Dengan begitu, sekolah dapat menggunakan layanan tersebut untuk membeli barang dan jasa secara online. 

SIPLah diharapkan dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar sekolah yang kini sudah beralih ke online terutama sejak masa pandemi. Tak hanya itu, SIPLah juga sebagai bentuk pengawasan PBJ sekolah yang dananya berasal dari dana BOS Reguler di Kemendikbud.

Untuk mendukung keberhasilan program tersebut, SIPLah menggandeng sejumlah marketplace di Indonesia. Para UKM yang menyediakan fasilitas maupun layanan dibidang pendidikan dapat mendaftar sebagai penjual di situs SIPLah yang tersedia di beberapa marketplace yang sudah bekerjasama.

Tujuan SIPLah

Di era yang sudah semakin canggih seperti saat ini, kemajuan teknologi memang mampu meningkatkan kecepatan dalam menyampaikan informasi serta memenuhi segala kebutuhan, termasuk dalam dunia pendidikan.

Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia meluncurkan layanan SIPLah guna mewujudkan pendidikan di Indonesia agar semakin maju dan berkembang.

Lalu, apa saja tujuan SIPLah?

  • Memberikan fasilitas kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.
  • Sekolah dapat merealisasikan rencana kerja anggaran sekolah.
  • Agar pengelolaan dana BOS dapat digunakan dengan baik secara transparan, mulai dari perencanaan hingga pelaporan dana BOS.
  • Mendukung proses transaksi non tunai dalam menyalurkan dana BOS serta dapat merealisasikan penggunaan dana BOS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Kemendikbud dapat melakukan pengawasan atas proses pengadaan barang dan jasa sekolah.

Manfaat SIPLah

Dengan tujuan di atas, SIPLah tentu memberikan banyak manfaat untuk para UKM dan juga satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Apa saja? Berikut di antaranya:

Manfaat SIPLah untuk UKM pendidikan

SIPLah menyediakan wadah untuk para pelaku usaha mulai dari usaha individu/toko, badan usaha (CV/PT) dan juga UKM yang menjalankan bisnisnya dalam menyediakan kebutuhan barang jasa di bidang pendidikan.

Dengan SIPLah, pelaku UKM dapat memberikan kontribusi besar di dunia pendidikan dan juga mendapatkan pasar yang jelas yaitu satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, segala proses transaksi juga lebih aman sesuai dengan peraturan PBJ yang sudah ditentukan oleh Pemerintah.

Para pelaku usaha juga dapat mengembangkan usahanya untuk lebih maju lagi dan mendapatkan solusi dari permasalahan yang selama ini dihadapi dengan bergabung berjualan di SIPLah.

[Baca: Cara Daftar SIPLah Kemendikbud]

Berikut lima manfaat SIPLah untuk UKM:

1. Usaha secara online

Dengan bergabung di SIPLah, penjual dapat menghemat biaya operasional untuk membuat platform juga jualan. Selain ini, kamu juga dapat memperluas sektor pasar hingga seluruh Indonesia. Bahkan, pemilik usaha dapat memberikan harga lebih murah karena biaya operasional yang lebih hemat.

2. Transaksi lebih aman

Segala proses transaksi juga lebih aman karena SIPLah memiliki dashboard pengawasan dan dikelola oleh stakeholder berwenang untuk mengawasi segala transaksi.

3. Pembayaran non tunai

Para penjual juga dapat melakukan transaksi non tunai karena berjualan melalui daring atau online. Dengan begitu, proses transaksi akan lebih mudah, cepat dan juga terjamin keamanan pembayarannya.

4. Dapat bekerjasama dengan jasa kurir

SIPLah juga sudah bekerjasama dengan jasa kurir di Indonesia sehingga dapat memudahkan para pemilik bisnis UKM untuk mengirim barang atau jasa yang dipesan oleh konsumen atau lembaga pendidikan.

5. Riwayat transaksi tersimpan dengan rapi

Segala bentuk riwayat transaksi juga akan terdokumentasi dengan baik secara elektronik, mulai dari stok barang, negosiasi, pengiriman, proses pembayaran dan lain sebagainya.

Manfaat SIPLah untuk Satuan Pendidikan

Melalui SIPLah, Satuan Pendidikan dapat melakukan proses PBJ secara efektif, transparan dan juga efisien sehingga dapat memperoleh barang dan jasa yang tepat dari dana yang dibelanjakan.

Satuan Pendidikan perlu melakukan pengadaan barang dan jasa untuk dapat menyelenggarakan layanan yang lebih baik, mulai dari layanan belajar mengajar, evaluasi pembelajaran, administrasi hingga pemenuhan sarana dan prasarana belajar.

Untuk itu, SIPLah memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Berikut manfaat SIPLah untuk Satuan Pendidikan:

1. Efektif dan efisien

Dengan hadirnya SIPLah, maka Satuan Pendidikan dapat lebih efektif dan efisien dalam memenuhi pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan. Soalnya, mereka dapat melakukan transaksi melalui online sehingga dapat memangkas waktu jika berbelanja offline.

2. Transparan

Berbelanja di SIPLah juga akan membuat proses transaksi lebih transparan antara pelaksana PBJ dan juga penyedia.

3. Bersaing

Para Satuan Pendidikan juga dapat mendapatkan penawaran yang kompetitif dan juga memperoleh informasi transaksi belanja yang lebih terperinci atau detail.

4. Adil

Bertransaksi di SIPLah juga akan memberikan keamanan untuk para pelaku Satuan Pendidikan dan juga penanggung jawab.

5. Akuntabel

Dapat meningkatkan tanggung jawab dan juga memperbaiki kualitas pengadaan barang dan jasa untuk satuan pendidikan.

Nah, itu dia tujuan dan manfaat SIPLah yang diluncurkan Pemerintah untuk mendukung pendidikan di Indonesia agar lebih maju. Tak hanya memberikan keuntungan untuk Satuan Pendidikan, SIPLah juga membantu para pelaku UKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya.

Untuk kamu para UKM yang ingin ikut berpartisipasi berjualan di SIPLah tapi terbentur masalah dana, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan menggunakan invoice dari sekolah di Pintek.

Pintek adalah perusahaan finansial teknologi yang memiliki misi untuk mendorong transformasi pendidikan melalui layanan keuangan. Pintek juga sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar sebagai anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu, segala bentuk transaksi dapat dijamin keamanannya.

Tak hanya menyediakan layanan biaya pendidikan untuk masyarakat. Pintek juga memiliki program yang ditujukan untuk para pelaku UKM di bidang pendidikan yang ingin mengembangkan usahanya untuk memenuhi pengadaan barang dan jasa ke sekolah yaitu melalui invoice SIPLah.

Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2 miliar. Bunga yang ditawarkan juga sangat kompetitif yakni mulai dari 1,5% hingga 2,5% dan akan dikenakan beberapa biaya, seperti:

  • Administrasi fee sebesar Rp 500 ribu.
  • Biaya pengikatan 1% yang dibayarkan di awal.
  • Biaya platform 3% setiap penarikan.
  • Biaya notaris yaitu watermark Rp 750 ribu per dokumen dan juga biaya fidusia sebesar Rp 1,5 juta untuk pinjaman di atas Rp 1 miliar.

Lalu, bagaimana cara mengajukan pinjaman menggunakan invoice SIPLah di Pintek? Berikut tahapannya:

  • Mengisi form yang ada di website Pintek.
  • Melengkapi dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan.
  • Menunggu penilaian kredit dari tim Pintek.
  • Persetujuan kerjasama.
  • Dana ditransfer ke principal.

Agar penjual SIPLah dapat menjalankan bisnisnya tanpa hambatan dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan maksimal, Pintek menawarkan promo potongan diskon 16% kepada seluruh vendor SIPLah yang mengajukan pinjaman pertama di Pintek.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program pinjaman invoice SIPLah dan promo 16% di Pintek, kamu bisa berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau mengirim pesan WhatsApp di nomor (0853-2151-5763).

Artikel Terkait

Back to top button