Artis Korea

Kehidupan artis Korea memang tak luput dari perhatian, mulai dari gaya hidupnya hingga pendidikan yang mereka tempuh. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau banyak selebriti yang memilih untuk cuti kuliah karena kesibukannya yang sangat padat.

Meski begitu, ternyata hal tersebut tidak berlaku bagi sejumlah artis Korea yang memang dikenal sangat mementingkan pendidikan. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan rela mengeluarkan biaya fantastis untuk melanjutkan studinya.

Banyak dari mereka yang diketahui merupakan lulusan sekolah internasional atau sekolah elit dengan biaya pendidikan ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Baca Juga: Daftar Sekolah Termahal di Indonesia, Total SPP Per Tahun Ada yang Rp 350 Juta!

Siapa saja mereka? Berikut lima di antaranya seperti yang sudah dirangkum oleh Pintek dari beberapa sumber.

1. G-Dragon BigBang

G-Dragon BigBang
Source image: Instagram @xxxibgdrgn

Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi, rapper dan penulis lagu ternama Korea Selatan G-Dragon BigBang. Sukses di dunia hiburan tak membuat pemilik nama lengkap Kwon Ji-yong ini melupakan pendidikannya.

Diketahui G-Dragon pernah kuliah di Kyung Hee University jurusan Musik Modern. Biaya kuliah selama dua semester di universitas tersebut yaitu sebesar 7,8 juta won atau sekitar Rp 99 juta.

Akan tetapi karena kesibukannya berkarir bersama boyband BigBang, G-Dragon memilih untuk pindah jurusan ke Studi Olahraga di Gukje Digital University dengan biaya kuliah selama dua tahun mencapai 6,06 juta won atau Rp 77 juta.

Tak berhenti sampai disitu, rapper kelahiran 18 Agustus 1988 ini lalu melanjutkan studi program Magister (S2) di Sejong University selama lima semester dengan biaya 17 juta won atau setara dengan Rp 215 juta. G-Dragon berhasil menyelesaikan studi S2-nya di usia 28 tahun.

2. Jaehyun Golden Child

Jaehyun Golden Child
Source image: Instagram @gncd_jaehyun

Vokalis dari boyband Golden Child, Jaehyun dikenal sebagai salah satu member yang fasih dalam berbahasa Inggris. Pasalnya, Jaehyun diketahui pernah menempuh pendidikan di Chicago, Amerika Serikat.

Kala itu orang tua Jaehyun harus merogoh kocek hingga Rp 1,4 miliar untuk biaya sekolah sang anak. Tak lama setelah di Chicago, Jaehyun pindah ke Hanlim Multi Arts School, Korea Selatan.

Selain itu, Jaehyun juga sempat mengenyam pendidikan sekolah dasar berbasis bilingual di salah satu sekolah swasta paling mahal di Seoul, Korea Selatan dengan biaya sekolah selama enam bulan mencapai 69,42 juta won atau sekitar Rp 877,6 juta.

3. Artis Korea Krystal Jung

Artis Korea Krystal Jung
Source image: Instagram @vousmevoyez

Artis Korea multitalenta Krystal Jung juga diketahui merogoh kocek besar untuk menyelesaikan pendidikan. Artis kelahiran San Francisco, Amerika Serikat ini merupakan lulusan sekolah internasional yaitu Korea Kent Foreign School.

Krystal lantas melanjutkan sekolah SMA di Hanlim Multi Art School dan menyelesaikan kuliahnya di Sungkyunkwan University.

Untuk biaya pendidikan ditinggal SD hingga SMP, orangtua Krystal harus mengeluarkan biaya hingga 1,5 miliar. Sedangkan biaya sekolah di jenjang SMA mencapai 1 juta won atau Rp 13 juta dengan SPP mencapai Rp 51 juta per tahun.

4. Wendy Red Velvet

wendy red velvet
Source image: Instagram @todayis_wendy

Selain sukses di dunia hiburan, Son Seung-wan atau yang dikenal dengan nama Wendy Red Velvet juga tak main-main dalam hal pendidikan.

Wanita kelahiran Seongbuk-gu, Seoul, Korea Selatan, 21 Februari 1994 ini merupakan lulusan sekolah swasta berbasis asrama di daerah Minnesota, Amerika Serikat.

Selama menempuh pendidikan di sekolah tersebut, total biaya yang dikeluarkan selama satu tahun mencapai $55 ribu atau sekitar Rp 800 juta. Biaya tersebut sudah termasuk SPP, uang makan dan asrama.

Wendy kemudian melanjutkan sekolah di Kanada dengan biaya pendidikan selama tiga tahun mencapai 21,4 juta won atau Rp 2,7 miliar.

5. Ten NCT

Ten NCT
Source image: Instagram @tenlee_1001

Artis Korea selanjutnya yang mengeluarkan uang sangat besar untuk biaya pendidikan yaitu Ten dari boyband NCT.

Pria yang berasal dari Thailand dan memiliki nama asli Chittaphon Leechaiyapornkul ini diketahui pernah menempuh pendidikan di sekolah Internasional Shrewsbury, Thailand selama 10 tahun.

Untuk menyelesaikan pendidikannya di sekolah internasional peringkat teratas tersebut, orangtua Ten harus merogoh kocek mencapai 230 ribu baht atau sekitar Rp 102 untuk membayar uang pangkal.

Dengan demikian, apabila di total secara keseluruhan selama 10 tahun, maka biaya yang dikeluarkan 288 juta won atau setara Rp 3,7 miliar.

Itu dia lima artis Korea yang diketahui mengeluarkan uang bernilai fantastis untuk pendidikan, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Akan tetapi nilai tersebut tentu saja berbanding dengan kurikulum pembelajaran serta fasilitas yang ditawarkan, salah satunya adalah Internasional Shrewsbury, Thailand tempat Ten menempuh pendidikan.

Baca Juga: 7 Universitas Termahal di Indonesia 2021, Per Semester Ada yang Rp 75 Juta!

Diketahui sekolah tersebut memiliki fasilitas sekolah yang sangat lengkap, mulai dari perpustakaan dengan 40.000 buku, ruang musik, ruang tari, aula senam, hingga lapangan tenis.

Pasalnya, fasilitas sekolah juga menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran peserta didik agar lebih efektif sekaligus membantu dalam meningkatkan kreativitas.

Oleh karena itu, pentingnya pihak sekolah atau kampus dapat meningkatkan infrastruktur sekolah seperti renovasi gedung sekolah, mengembangkan perpustakaan, meningkatkan ruang laboratorium, olahraga hingga membantu kesejahteraan para pengajar.

Selain itu, pihak sekolah juga dapat meningkatkan sistem informasi agar orangtua dapat lebih mudah mendapatkan berbagai informasi, seperti biaya sekolah dan lainnya.

Meski begitu, hal tersebut tentu tak mudah untuk diwujudkan. Pasalnya, masih banyak satuan pendidikan yang mengalami kendala dana untuk meningkatkan sarana dan prasarana sekolah.

Tapi kini pihak sekolah maupun kampus tak perlu khawatir lagi karena sudah ada Pintek yaitu perusahaan fintech berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menawarkan layanan keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Selain itu, Pintek juga memiliki sistem informasi bernama Tata Skola yang dapat digunakan oleh sekolah untuk mempermudah komunikasi dengan orangtua.

Melalui Tata Skola, orangtua murid bisa lebih mudah menerima tagihan dan dapat membayar menggunakan berbagai cara, termasuk cicilan.

Sesuai misinya yaitu mendorong transformasi pendidikan di Indonesia, Pintek memberikan fasilitas Tata Skola ke sekolah secara cuma-cuma alias gratis.

Sedangkan untuk meningkatkan fasilitas sekolah, pihak sekolah maupun kampus dapat mengajukan pendanaan Working Capital dan bisa mendapatkan pendanaan hingga miliaran rupiah dengan tenor mencapai 24 bulan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, pihak sekolah dapat mengunjungi situs resmi Pintek maupun melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui DiskusiPintek atau menghubungi Pintek melalui nomor telepon dan WhatsApp di 021-50884607.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat