bantuan dana kuliah

Orang tua kerap bingung saat harus membayar biaya kuliah, di lain pihak masih ada beberapa kebutuhan yang juga harus dipenuhi. Sayangnya di Indonesia belum ada student loan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jika Parent Pinters mengalami masalah ini, bantuan dana kuliah dari fintech bisa menjadi menjadi solusi.

Saat ini ada banyak lembaga keuangan atau fintech yang menyediakan produk pinjaman online. Pinjaman online yang disediakan biasanya untuk kebutuhan umum. Pintek adalah salah satu fintech yang fokus memberikan pinjaman dana pendidikan.

Parent Pinters bisa mendapatkan bantuan dana kuliah 2020 dari Pintek. Pintek memiliki sejumlah produk pinjaman khusus untuk pendidikan anak, baik untuk sekolah atau kuliah. Anda bisa mengajukan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan pendidikan.

Pintek Students, Produk Pinjaman untuk Biaya Kuliah

biaya kuliah

Pintek berdiri sejak tahun 2018. Pintek bukan lembaga keuangan abal-abal. Pintek sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Pintek memiliki 2 produk pinjaman utama, yaitu Pintek Institutions yang menyediakan pinjaman bagi lembaga pendidikan dan Pintek Students yang merupakan produk pinjaman bagi pelajar/mahasiswa.

Parent Pinters yang membutuhkan bantuan dana kuliah S1 maupun bantuan dana kuliah S2, bisa memilih jenis pinjaman Pintek Students. Pintek Students sendiri terbagi lagi dalam 3 jenis, Anda bisa memilih sesuai keperluan.

1. Pintek Students Instant

Jika perguruan tinggi yang dimasuki anak Anda merupakan mitra Pintek, jenis pinjaman ini bisa digunakan. Beberapa daftar perguruan tinggi yang sudah menjadi mitra Pintek di antaranya adalah: Universitas Borobudur, LP3i, Institut Teknologi Telkom Surabaya, ESMOD Jakarta, Akademi Pariwisata Indonesia, dll. 

Setelah dinyatakan lolos ke perguruan tinggi yang menjadi mitra Pintek, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman. Pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening perguruan tinggi. Pinjaman bisa untuk uang pangkal maupun uang semester. 

Pintek Students Instant siap memberikan pinjaman dana hingga 5 juta. Tergantung bagaimana hasil penilaian kredit dan biaya yang dibutuhkan. Anda akan diberikan tenor mulai dari 30 hari hingga 3 bulan. 

Bunga pinjamannya juga relatif ringan. Cicilan dalam jangka waktu 30 hari dikenakan bunga 0% dan bunga mulai dari 2,19% untuk 3 bulan. 

Ada beberapa syarat supaya Anda bisa mengajukan pinjaman. Pertama, income gross minimal 3 juta per bulan. Pekerjaan (karyawan atau pengusaha) sudah dilakukan minimal 1 tahun. 

Kedua, syarat-syarat dokumen perlu dilengkapi. Anda harus mengupload KTP, selfie dengan KTP dan mengisi formulir data diri.

2. Pintek Students Regular

Skema Pintek Students Regular bisa digunakan jika anak Anda diterima di perguruan tinggi yang bukan merupakan mitra Pintek. Anda bisa menghubungi pihak Pintek untuk mengajukan pinjaman ini. Pihak Pintek akan mengarahkan pada proses peminjaman.

Pintek siap memberikan pinjaman bantuan dana untuk kuliah mulai dari 3 juta – 300 juta. Anda akan mendapatkan tenor maksimal 24 bulan dengan bunga 0-1,5% per bulan.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya:

  • Orang tua siswa berlaku sebagai peminjam. Harus sudah bekerja atau memiliki bisnis dengan pendapatan minimal 3 juta per bulan. Jika tidak memungkinkan, bisa digabung pendapatan suami dan istri. 
  • Memenuhi beberapa kebutuhan dokumen yaitu: KTP, Selfie bersama KTP, KK, bukti penerimaan, bukti tagihan pembayaran, mutasi dan bukti pendapatan peminjam.

3. Pintek Students Pro

Pintek Students Pro bisa dipilih jika anak Anda masuk pendidikan profesi yang sudah memiliki jaminan kerja. Anda cukup menghubungi tim Pintek untuk mengajukan pinjaman Pintek Students Pro. Nantinya tim Pintek akan mengarahkan pada proses peminjaman dan memberikan penawaran skema peminjaman.

Jenis pinjaman ini nampak seperti student loan yang diterapkan di Amerika. Pinjaman akan diberikan untuk biaya kuliah, kemudian proses cicilan dilakukan setelah anak lulus dan mendapat kerja. 

Salah satu dokumen yang penting dilampirkan adalah bukti jaminan kerja.  

Pintek siap mencairkan dana pinjaman mulai dari 3 juta sampai 300 juta dengan bunga 0-2%. Tenor pinjamannya adalah 18 bulan. Pintek juga berbaik hati memberikan masa penangguhan selama maksimal 6 bulan.

Persyaratannya cukup mudah, tidak jauh beda dengan pilihan pinjaman lain, yaitu: KTP, selfie dengan KTP, KK, bukti rekening koran 3 bulan terakhir, dan bukti jaminan kerja dari institusi.

Baca Juga : Begini Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan Anak di Pintek

Proses Pengajuan Pinjaman Dana Kuliah

Ilustrasi mengenai alur pengajuan pinjaman dana kuliah di Pintek bisa dilihat di bawah ini.

alur pinjaman

1. Registrasi & Melengkapi Data

Anda harus registrasi terlebih dahulu di website Pintek.id untuk mengajukan pinjaman. Anda harus mengisi semua form yang disediakan dengan detail.

Jika perguruan tinggi sudah menjadi mitra Pintek, peminjam bisa mengambil paket “Pintek Students Instant”.

Pengisian form detail pinjaman bisa langsung melalui website. Keterangan mengenai pokok pinjaman dan skema cicilan akan ditunjukkan. Setelah itu, form data diri orang tua sebagai peminjam dan data diri anak sebagai calon mahasiswa harus diisi. Syarat dokumen juga harus dilengkapi. 

Jika anak masuk ke perguruan tinggi yang bukan merupakan mitra Pintek, proses pengajuan pinjaman bisa menghubungi tim Pintek. Proses selanjutnya kurang lebih sama.

2. Verifikasi & Credit Scoring

Jika pengajuan pinjaman sudah dilakukan, pihak Pintek akan melakukan verifikasi data dan dokumen. Pintek juga akan melakukan credit scoring atau penilaian kredit dan risiko dari profil peminjam.

3. Pembayaran Pertama

Pembayaran pertama adalah DP yang dibayarkan orang tua pada pihak kampus. Biasanya pembayaran pertama adalah 20% dari total pembiayaan. 

4. Penyaluran Dana

Pinjaman dana kuliah tidak akan dicairkan ke rekening peminjam. Pinjaman dana kuliah akan langsung disalurkan ke rekening perguruan tinggi.

5. Pembayaran Cicilan

Orang tua selaku pihak peminjam akan membayar cicilan setiap bulan. Lama tenor dan jumlah bunga tergantung paket pinjaman yang dipilih. Waktu cicilan ditetapkan berdasarkan hari permohonan pinjaman diproses.

Mengapa Memilih Pintek

pengajuan pinjaman

Mungkin Anda menemukan banyak rekomendasi fintech yang memberikan pinjaman dana pendidikan. Namun, Pintek memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  • Sudah diakui secara hukum. Sudah terdaftar di OJK dan operasionalnya juga diawasi OJK. 
  • Pintek sudah membantu banyak client dan terbukti memberikan layanan pinjaman pendidikan terbaik.
  • Syarat-syarat pinjam uang untuk biaya kuliah cukup simple dan tidak perlu memberikan jaminan aset fisik.
  • Biaya dan bunganya relatif rendah. Biaya admin tidak akan lebih dari 100 ribu. Biaya-biaya lain juga tidak akan lebih dari jumlah seluruh pokok pinjaman.
  • Pintek tidak memberlakukan sistem bunga berbunga. Bunga pinjaman juga relatif kecil.
  • Pintek tidak akan memberikan denda jika cicilan terlambat beberapa hari dari waktu yang ditentukan. Denda akan diberikan jika keterlambatan sudah mencapai 3 hari. Denda yang diberikan sebesar 4% dan 0,5% pada hari selanjutnya.
  • Jika Anda melunasi lebih cepat dibandingkan waktu tenor, pihak Pintek akan memberikan kompensasi. Anda hanya perlu membayar pokok dan 75% bunga dari sisa pinjaman.

Jangan sampai cita-cita anak Anda terkendala karena biaya. Pintek siap memberikan bantuan dana kuliah. Segera pilih paket pinjaman pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda.