Tips Mendapatkan Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi

Masuk perguruan tinggi dengan beasiswa prestasi pasti menjadi impian banyak anak, termasuk Pinters tentunya. Kuliah dibiayai, tak jarang biaya hidup juga ditanggung. Rasanya sungguh enak.

Tapi untuk mendapatkannya memang tidak mudah, persaingannya sungguh ketat. Pinters harus memiliki tekad, kerja keras, dan juga harus pandai mencari celah.

Macam-macam Beasiswa

macammacam beasiswa

Beasiswa prestasi adalah bantuan pendidikan untuk seseorang yang memiliki pencapaian akademik atau non akademik.

Beasiswa tersebut biasanya diberikan oleh suatu lembaga. Jika kamu bertekad mengejar beasiswa, Kamu harus tau lembaga-lembaga apa saja yang biasanya mengeluarkan beasiswa. Berikut ini adalah beberapa jenis beasiswa berdasarkan lembaga yang mengeluarkannya.

1. Government Scholarship

Pihak yang mengeluarkan beasiswa adalah lembaga milik pemerintah.

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan LPDP. Nah, LPDP adalah salah satu Government Scholarship yang dikeluarkan oleh Kemenkeu. LPDP ini sangat populer karena membantu banyak anak Indonesia untuk bisa kuliah di luar negeri.

Selain kemenkeu dengan LPDP nya, beberapa lembaga lain juga kerap mengeluarkan beasiswa. Diantaranya seperti Bappenas, LIPI, Kemenristekdikti, Bank Indonesia, Kemenkominfo, dll.

2. Private Scholarship

Beasiswa ini dikeluarkan oleh perusahaan swasta. Pemberian beasiswa tersebut biasanya sebagai bentuk CSR perusahaan.

Beberapa beasiswa dari lembaga swasta yang diketahui masih aktif adalah: Djarum Beasiswa Plus, Beasiswa ASTRA, Beasiswa YBM BRI, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa CIMB ASEAN, Beasiswa Tokopedia, dll.

3. Community Organisasi

Beasiswa ini diberikan oleh suatu yayasan atau organisasi tertentu. Beberapa contohnya: Beasiswa dari The Habibie Center, Yayasan Beasiswa Jakarta, Beasiswa Van Deventer-Maas.

Setiap yayasan memiliki nilai-nilai tertentu yang dihidupi. Nah sasaran yang diberikan beasiswa mengacu pada nilai-nilai yang diusungnya.

4. University Scholarships

Ini adalah jenis beasiswa yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri, kerap memberikan beasiswa.

Beberapa contoh yang beredar diantaranya: Beasiswa Adelaide University Australia, Beasiswa President University Indonesia, Beasiswa Prestasi UGM, Beasiswa APERTI BUMN (Beasiswa Kampus BUMN), Beasiswa University of London, dll.

5. Beasiswa International

Jenis beasiswa ini biasanya dikeluarkan oleh negara maju yang memiliki duta besar di Indonesia atau lembaga dunia. Beasiswa diberikan pada anak Indonesia untuk bisa berkuliah di luar negeri.

Salah satu contohnya adalah beasiswa USAID yang dikeluarkan pemerian Amerika. Pelajar Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini bisa berkuliah di kampus Amerika.

Selain itu ada juga Beasiswa Chevening yang dikeluarkan Inggris. Beasiswa Australia Award yang dikeluarkan pemerintah Australia. Beasiswa World Bank dan lain-lain.

Tips Mendapatkan Beasiswa

cara mendapatkan beasiswa

Pinters yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Persiapkan Kapasitas Diri

Jangan puas dengan prestasi yang sudah kamu dapatkan. Beasiswa prestasi memang mengukur pencapaian prestasi. Tapi jangan sekedar berfokus pada banyaknya prestasi, pastikan prestasimu juga bisa berdampak.

Selain itu, kamu harus tetap belajar atau berlatih supaya prestasimu bisa dipertanggung jawabkan.

Seleksi beasiswa cukup sulit. Kamu biasanya akan di tes dengan berbagai hal seperti tes wawancara, tes pemberkasan, tes tertulis dll. Persiapkan kapasitas dirimu untuk menghadapi berbagai tes tersebut.

2. Kumpulkan Informasi

Jangan malas mencari informasi. Beasiswa prestasi tidak akan datang menghampiri. Kamu harus bergerak lebih dulu, bersikaplah proaktif mencari informasi beasiswa 2020-2021.

Riset lembaga-lembaga yang sering mengeluarkan beasiswa. Cek timeline atau jadwal pendaftaran, syarat-syarat, dll. Apakah masih ada beasiswa prestasi 2020 yang belum mencapai deadline.

Kumpulkan juga informasi mengenai beasiswa yang relevan dengan prestasimu.

Selain dari website, kamu juga bisa meminta rekomendasi dari dosen atau kakak tingkat.

Beberapa vlogger dan blogger berpengalaman kerap memberi tips. Kumpulkan seluruh informasi tersebut. Dengan menyerap berbagai informasi tersebut, kamu akan lebih siap dan PD karena bekal pengetahuanmu terhadap beasiswa tersebut lebih banyak.

3. Apply Lebih Awal

Jika informasi pendaftaran sudah kamu ketahui, jangan terlalu lama galau memilih. Pilih beasiswa yang paling relevan dengan prestasi atau yang paling cocok menurutmu. Kemudian apply pada awal-awal pendaftaran, jangan terlalu lama bimbang.

Semakin cepat berkasmu masuk, pihak pemberi beasiswa bisa lebih lama mempertimbangkan namamu.

Perhatikan juga masalah pemberkasan. Lengkapi seluruh berkas yang dipersyaratkan, jangan sampai terlewat. Kesalahan administrasi semacam ini kerap menjadi penyebab kegagalan.

Baca Juga : Ini yang Perlu Disiapkan Saat Ikut Tes Masuk Kuliah

4. Persiapkan Essay dan CV Menarik

Lembaga yang mengeluarkan beasiswa biasanya meminta essay dan CV sebagai salah satu syarat. Buatlah sesuatu yang bisa menarik perhatian penguji.

Cari banyak referensi untuk menunjang pembuatan Essay dan CV. Jangan lupa, utamakan kejujuran.

5. Kuasai Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan sangat diperlukan. Sebagai calon penerima beasiswa, ada baiknya kamu belajar bahasa Inggris lebih serius. Pastikan kamu menguasai bahasa Inggris hingga pada level advance.

Terlebih jika ingin mendaftar ke kampus luar negeri. Ada standar nilai TOEFL yang dipersyaratkan.

6. Siapkan Back Up Plan

Mendaftar beasiswa tidak semudah yang kamu bayangkan. Alih-alih hanya mencari 1 beasiswa, lebih baik kamu mencari beberapa alternatif lainnya. Jadi, saat 1 beasiswa di tolak, kamu bisa langsung bersiap untuk apply ke beasiswa lainnya.

Selain menggunakan beasiswa, masalah pendanaan ini sebenarnya bisa dibantu dengan pinjaman pendidikan. Kami dari Pintek menyediakan layanan pinjaman pendidikan yang terpercaya. Ada program cicilan, jadi orang tuamu bisa membayar biaya ringan.

Terlebih jika kamu berprestasi. Pintek bisa lebih mudah menilai pertimbangan kredit. Dengan demikian, dana pinjaman Pintek bisa lebih cepat cair.

Selain biaya kuliah, pinjaman pendidikan Pintek bahkan bisa menanggung biaya bimbel atau kursus. Kamu bisa kuliah dengan tenang dan bisa mengupgrade skill melalui kursus tanpa khawatir dengan biaya mahal.

Pintek adalah jalan keluar masalah pendanaan kuliah. Bisa menjadi alternatif tepat saat beasiswa prestasi tidak bisa didapat. Segera ajukan permohonan pinjaman. Syaratnya-syaratnya sungguh dimudahkan.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *