Pahlawan pendidikan di Indonesia

Menjadi pebisnis sukses sejak muda bisa dibilang bukan menjadi hal yang sulit lagi. Hal tersebut dapat diraih dengan kerja keras dan terus belajar bisnis untuk memperdalam wawasanmu hingga menghasilkan pundi-pundi kekayaan yang berlimpah.

Saat menjalani sebuah bisnis, khususnya yang masih pemula yaitu harus dapat melihat peluang dan risiko yang akan dihadapi.

Tapi tak perlu khawatir, karena kali ini Pintek ingin berbagai tips belajar bisnis biar bisa kaya raya sejak muda. Yuk, simak tujuh di antaranya:

1. Banyak membaca tentang bisnis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan banyak membaca tentang bisnis, mulai dari buku, e-book, jurnal dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membaca kisah inspiratif dari para pengusaha sukses untuk menambah semangat kamu dalam menjalankan bisnis.

Misalnya saja, cerita Bob Sadino yang awal mula berbisnis dengan menjual telur ayam negeri melalui pintu ke pintu. Ada juga kisah pemilik Kentucky Fried Chicken (KFC), Colonel Sanders yang pantang menyerah menawarkan resep buatannya hingga baru terjual di restoran ke 1.008.

Dari kisah mereka, kita dapat mengambil pelajaran bahwa dalam menjalankan bisnis tidaklah mudah. Tapi, jika kamu sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah, maka keberhasilan akan diraih.

2. Memiliki jiwa kepemimpinan

Sebagai seorang pengusaha, tentunya kamu akan mempekerjakan orang lain. Artinya, kamu harus memiliki jiwa kepemimpinan yang besar sebagai modal awal untuk membangun sebuah bisnis.

Kamu bisa mengatur waktu untuk melatih para karyawan agar termotivasi dan meningkatkan produktivitas kerjanya. Kemudian, mereka bisa diajak bekerja sama untuk ikut mengembangkan bisnis milikmu.

Baca Juga: 5 Bisnis Modal Kecil di Tahun 2021 yang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

3. Siap menghadapi kegagalan

Jika ingin bisnismu maju, tentunya kamu harus siap untuk menghadapi risiko yang terjadi. Sebab, tidak semua hal yang kamu rencanakan bisa berjalan lancar sesuai keinginan.

Nyatanya, kegagalan mengajarkan kamu untuk menjadi pengusaha sukses. Saat mengalami kegagalan, jangan sampai kamu putus asa dan menyerah begitu saja. Cobalah belajar dari kegagalan agar tidak jatuh ke lubang yang sama.

4. Kreatif dan inovatif

Jika ingin berbisnis, pastinya kamu dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif. Dengan begitu, kamu mampu bersaing di dunia bisnis yang penuh dengan persaingan.

Cobalah untuk selalu berpikir secara kreatif dan inovatif agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar dan tidak hilang begitu saja.

5. Memanfaatkan media sosial dengan maksimal

Masyarakat Indonesia rata-rata menggunakan media sosial untuk berinteraksi. Jadi, kamu bisa memasarkan produkmu di media sosial untuk menggaet pembeli. Namun, pelajari cara untuk memaksimalkan media sosial agar bisnis yang kamu jalani mengalami kemajuan.

6. Menentukan sektor bisnis yang tepat

Jika kamu sudah mengetahui apa jenis bisnis yang ingin didirikan, maka langkah selanjutnya lebih mudah dilakukan. Kamu juga harus memastikan kalau kamu memilih sektor bisnis yang tepat yaitu yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Contohnya, bisnis sembako, makanan atau kuliner dan bisnis pendidikan.

Selain itu, kamu harus menyesuaikan bisnismu dengan budget yang dimiliki. Jika ingin berbisnis waralaba, maka bisa menyesuaikannya dengan harga yang telah ditentukan. Belajar bisnis dari nol memang tidak semudah yang dibayangkan.

7. Belajar dari Orang Lain

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, kamu harus bersikap terbuka terhadap pemikiran orang lain. Jika berkonsultasi dengan teman atau mentor, maka kamu bisa mendapatkan pengetahuan lebih soal bisnis.

Pilihlah teman atau mentor yang berpengalaman untuk memberikan dukungan kepada kamu. Kamu juga bisa berdiskusi dengan mereka yang sudah ahli di bidangnya.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha di Bidang Pendidikan ini Hasilkan Keuntungan Setiap Hari!

Cara menghasilkan banyak keuntungan

Untuk menjalankan bisnis kamu tentu memerlukan modal, misal untuk membeli stok produk, untuk biaya operasional dan lain sebagainya.

Sayangnya, banyak pengusaha yang harus menghadapi masalah dana sehingga kesulitan untuk mengembangkan skala bisnisnya. Ya, namanya juga bisnis, pasti semua pengusaha pengin usahanya terus berkembang.

Untuk itu, Pintek hadir memberikan solusi kepada para pelaku UKM yang membutuhkan suntikan modal untuk melebarkan sayapnya.

Apa itu Pintek?

Pintek adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial teknologi yang menawarkan layanan keuangan kepada pelaku usaha di bidang pendidikan agar dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih maksimal.

Kamu juga tak perlu khawatir mengajukan pinjaman karena Pintek sudah mendapat dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2018 dan terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Bukan hanya itu saja, Pintek juga sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang akan menjamin data dan informasi peminjam. Dengan begitu, segala bentuk transaksi di Pintek akan terjamin keamanannya.

Bagaimana cara pengajuan pinjaman di Pintek?

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan peminjam agar bisa mendapat pendanaan dari Pintek, seperti:

  • Mendiskusikan pendanaan yang dibutuhkan dengan tim Pintek.
  • Mengisi form yang tersedia dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Tim Pintek melakukan analisis kredit.
  • Pintek menyetujui permohonan.
  • Dana akan segera dicairkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pinjaman working capital loan dan invoice financing di Pintek, kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau hubungi Pintek melalui email di customercare@pintek.id atau nomor telepon di 021-50884607.