Belanja SIPLah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan SIPLah di tahun 2019 untuk mendukung pengadaan barang jasa (PBJ) di sekolah dalam penggunaan dana BOS Reguler. Dengan begitu sekolah dapat melakukan PBJ di belanja SIPLah.

Agar pelaksanaan PBJ di sekolah berjalan maksimal, Kemendikbud menggandeng sejumlah mitra yang awalnya berjumlah enam marketplace kini sudah bertambah menjadi 18.

Kehadiran 18 mitra baru SIPLah tersebut diharapkan dapat mempermudah pihak satuan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dalam hal pengadaan barang dan jasa.

Kendati demikian, SIPLah tak serta merta hanya memberikan keuntungan bagi sekolah tapi juga untuk para UKM yang berkecimpung di sektor pendidikan.

Bahkan dengan adanya SIPLah, UKM pendidikan mendapatkan peluang besar untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih maksimal dan secara otomatis bisnis kamu juga akan terus berkembang.

Baca Juga: Cara Berjualan dan Berbelanja di Aplikasi SIPLah Kemendikbud!

Keuntungan SIPLah untuk pelaku usaha

Keuntungan SIPLah untuk pelaku usaha

Merujuk dari laman resmi siplah.kemdikbud.go.id, terdapat tiga keuntungan yang bisa didapatkan oleh UKM pendidikan jika bergabung menjadi penjual SIPLah. Yaitu:

1. Dapat melebarkan sayap bisnis

Keuntungan utama yang didapatkan oleh penjual SIPLah yaitu memiliki kesempatan besar untuk melebarkan sayap bisnisnya dan meraih pasar yang lebih luas bahkan hingga seluruh Indonesia.

Soalnya, sekolah yang mendapat Bantuan Operasional Sekolah atau dana BOS dari Pemerintah diharuskan untuk melaksanakan proses pengadaan barang jasa melalui SIPLah di marketplace yang sudah bekerjasama dengan SIPLah.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan.

2. Hemat biaya

Berjualan di SIPLah juga akan menghemat biaya operasional penjual. Soalnya, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan uang untuk membuka toko offline dan mengeluarkan bujet ekstra untuk promosi.

Kamu hanya perlu mendaftar toko online di marketplace yang sudah menjadi mitra SIPLah dan mendapatkan pasar yang lebih luas karena berjualan secara online.

Dengan begitu, produk jualan kamu akan lebih mudah ditemukan oleh satuan pendidikan di seluruh Indonesia dan kesempatan mendapat keuntungan besar tentu akan lebih terbuka lebar.

3. Transaksi lebih aman

SIPLah berada di bawah naungan Pemerintah, oleh karena itu seluruh transaksi akan terjamin keamanannya karena dikelola langsung oleh stakeholder berwenang untuk mengawasi jalanya transaksi.

Selain itu, seluruh riwayat transaksi juga akan terdokumentasi dengan baik secara elektronik, mulai dari stok barang, negosiasi, pengiriman, proses pembayaran dan lain sebagainya.

Dari keuntungan yang ditawarkan tentu akan membuat penjual lebih mudah mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Ditambah lagi, seluruh transaksi juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Cara meraup banyak keuntungan di SIPLah

Cara meraup banyak keuntungan di SIPLah

Sejumlah UKM pendidikan yang dihubungi oleh tim Pintek mengatakan kalau omset penjualannya meningkat drastis sejak bergabung menjadi penjual SIPLah.

Salah satunya Yoshua Duta Budi Pragiwaksa pemilik CV Simha Duta yang mengaku sukses mendapatkan keuntungan hingga Rp 1 miliar di tahun pertama berkecimpung di SIPLah.

“Di tahun pertama saya bergabung di SIPLah, saya sudah mendapat untung lebih dari Rp 1 miliar dan kini sudah memiliki empat perusahaan yang semuanya berkecimpung di sektor pendidikan,” ujar Yoshua.

Baca Juga: Strategi Bisnis dari Vendor Pendidikan Agar Toko Laris Manis Setiap Hari!

Namun untuk bisa menghasilkan banyak cuan di SIPLah, kamu sebagai penjual tentu harus mematuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti:

  • Usia pemilik usaha harus di atas 17 tahun.
  • Penjual harus melakukan pendaftaraan menggunakan data yang benar.
  • Penjual tidak diperbolehkan melakukan tindakan yang tidak menyenangkan seperti menggunakan kalimat kasar atau vulgar, mengandung unsur SARA, melecehkan dan lainnya.
  • Produk atau barang yang dijual merupakan barang asli atau original dan bukan barang kw, palsu atau bajakan.
  • Penjual tidak dapat merubah nama toko dan juga nama akun.
  • Penjual dilarang untuk melakukan duplikasi toko atau produk maupun melakukan tindakan yang mengarah ke persaingan tidak sehat.
  • Penjual dilarang keras untuk melakukan tindakan kecurangan dalam transaksi.

Selain itu kamu juga dapat melakukan strategi agar bisnis yang kamu jalankan di SIPLah dapat laris manis setiap hari. Berikut di antaranya:

  • Pastikan seluruh data yang kamu masukkan benar dan lengkap, mulai dari identitas diri dan profil perusahaan.
  • Jual barang atau produk yang memiliki kualitas terbaik. Hal tersebut membuka peluang besar untuk menjadikan pembeli sebagai pelanggan tetap.
  • Melayani pelanggan dengan cepat dan ramah. Pasalnya, tak sedikit pembeli yang membatalkan pesanan jika pelayanan dari penjual tidak menyenangkan.
  • Memilih nama toko atau nama akun yang sederhana tapi menarik agar lebih mudah diingat oleh pelanggan.
  • Foto produk jualan dengan kualitas terbaik, tidak blur dan mendapatkan pencahayaan yang baik.
  • Memberikan nama produk dan deskripsi secara lengkap untuk memudahkan pembeli menemukan produk jualan kamu.
  • Pastikan untuk memenuhi seluruh pesanan agar sekolah selalu repeat order.

Meski demikian, penjual SIPLah tetap mengalami kendala yang membuat bisnisnya tidak berjalan maksimal, yaitu tidak memiliki dana yang memadai. Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah vendor yang sudah berkecimpung di SIPLah. 

“Tantangan utama yang saya alami adalah masalah dana karena sekolah melakukan pesanan barang, saya harus menyediakan di awal dan baru sekolah membayar. Jadi memang membutuhkan modal yang besar,” ucap Yoshua.

Yoshua melanjutkan kalau jika tidak ada modal, maka realisasinya adalah NOL yang pastinya bisnis tidak akan berjalan lancar karena kesulitan memenuhi seluruh pesanan dari sekolah.

“Biaya sangat terbantu dengan Pintek, bisa memberikan bantuan dana besar dengan waktu yang tidak lama. Dengan begitu, perputaran bisnisnya juga lebih cepat dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis,” cerita Yoshua.

Ya, Pintek adalah perusahaan fintech yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan termasuk untuk UKM pendidikan.

Pelaku usaha yang membutuhkan dana besar tanpa persyaratan yang rumit dan proses pencairannya cepat bisa mengajukan Pendanaan PO/Invoice SIPLah.

Lewat produk tersebut, kamu bisa mendapatkan pendanaan hingga miliaran rupiah dengan bunga efektif 1,5% hingga 2,5% dan tenor mencapai enam bulan atau mengikuti jatuh tempo invoice.

Baca Juga: LPSE Adalah Solusi Mengembangkan Bisnis UKM, Begini Panduan Lengkap Daftarnya!

Dana tersebut tak hanya bisa digunakan untuk menjalankan bisnis di SIPLah, tapi juga di DAK, LKPP, LPSE dan e-Katalog.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek. Kamu juga dapat menghubungi Pintek di nomor 021-50884607.