Life

Cara Dapat Gaji 35 Juta dan Rincian Biaya Hidup di Korea Selatan

Selain dikenal dengan tempat wisatanya yang mengagumkan, Korea Selatan juga diketahui menawarkan gaji yang cukup besar untuk pekerjaan. Bahkan kabarnya, Negara Gingseng tersebut bisa memberikan gaji hingga Rp 35 juta per bulan. Hal itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk menetap dan tinggal di Korea Selatan. Meski demikian, sebelum memutuskan untuk stay di Korea Selatan, Lalu pertanyaannya, berapakah kisaran biaya hidup di Korea Selatan? Baca Juga : Rincian Biaya Hidup di Jepang dan Kisaran Gaji, Hingga Rp 24 Juta Per Bulan !

Rincian biaya hidup di Korea Selatan

Berikut adalah rincian biaya hidup di Korea Selatan di kota-kota besar seperti Seoul dan Busan yang sudah dirangkum oleh tim Pintek dari beberapa sumber:

1. Biaya perumahan

Ada banyak jenis perumahan yang dapat dipilih di Korea, dengan ketentuan harga yang berbeda-beda. Selamat memilih tergantung kebutuhan dan budget kalian ya teman meskipun dijamin mahal sih. 2. Makanan Tentu saja, biaya makan di Korea juga sangat bervariasi. Untuk sobat yang ingin hemat admin juga menyarankan masak dirumah sendiri. Belilah bahan-bahan dari supermarket, dan Anda juga bisa membawa rempah-rempah dari Indonesia. Bisa lebih hemat kalau gabung dengan teman lain tentunya. Untuk temen-temen yang tinggal di dorm, biasanya dari pihak dorm akan memberikan sarapan dan makan malam bisa termasuk atau belum termasuk biaya dorm. 3. Transportasi Kami juga pernah membahas transportasi Korea di blog kami, yaitu di sini. Anda juga bisa membaca di postingan itu bahwa harga angkutan umum di Korea tidak murah. Tapi sebagai imbalannya, kita bisa menikmati fasilitas yang bagus, bersih, tepat waktu, dan juga terjadwal sehingga sangat mudah digunakan. 4. Biaya listrik Jika Anda tinggal di asrama, tentunya sudah termasuk harga listrik dan air. Namun bagi teman yang tinggal di luar asrama biasanya harus membayar sendiri-sendiri. Harga juga tergantung pada wilayah dan jenis tempat tinggal Anda. Biasanya harga listrik bisa mahal saat puncak musim panas atau musim dingin akibat penggunaan AC atau heater yang berlebihan. Biasanya harga listrik di bawah 15.000 Won. 5. Biaya lain-lain Kebutuhan lain yang admin maksudkan disini seperti: pulsa, nongkrong, belanja dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan teman-teman.  Untuk pulsa hp kamu bisa memilih paket yang ingin digunakan sesuai kebutuhan. Untuk nongkrong di kafe misalnya, harga secangkir kopi di kawasan Seoul bisa mencapai 5.000 Won. Bisa dibilang ini mirip dengan harga 1 porsi makanan. Bisa memilih berbelanja di pusat perbelanjaan bawah tanah atau mall di terminal bus.

Berapa gaji rata-rata di Korea Selatan?

Punya mimpi bekerja di luar negeri dengan gaji Rp 20 juta hingga Rp 35 juta perbulan, Korea Selatan merupakan salah satu tujuan. Lalu, bagaimana proses kerja di Korea?
  • Peserta mengikuti kursus atau pelatihan Bahasa Korea untuk Tes Persiapan EPS-TOPIK  atau KLPT Rp 2.800.000.
  • Peserta mengikuti seleksi atau tes EPS Biaya Rp 350.000.
  • Jika peserta lulus tes bahasa korea maka peserta akan mengikuti tes tahap kedua yaitu tes keterampilan. Jika lolos tes tahap kedua, peserta akan mendapatkan sertifikat KLPT dari HRD Korea, pengambilan sertifikat akan dilakukan di BP2TKI Provinsi tempat tes dilaksanakan.
  • Peserta melakukan pemeriksaan kesehatan, biayanya sekitar Rp 900.000 dan membuat paspor bagi yang belum memiliki paspor. Biaya pembuatan paspor Rp 300.000.
  • Bila SLC telah turun, peserta mengikuti pelatihan pendahuluan di Jakarta selama 1 minggu. Pada saat awal, peserta membayar sebesar Rp 800.000.
  • Setelah menunggu, peserta tinggal menunggu jadwal terbang, paling lambat 2 bulan sejak pra eliminasi.
Selain itu, kamu juga harus menyiapkan sejumlah biaya agar bisa lancar bekerja di Negara Ginseng tersebut, yaitu:
  • Biaya kursus bahasa Korea, Tryout Rp 3.000.000
  • Biaya tes EPS TOPIK Rp 350.000
  • Biaya Medical Check Up Rp 900.000
  • Biaya pembuatan paspor Rp 300.000
Proses kerja di Korea Selatan juga akan dilaksanakan oleh HRD Korea in dengan BNP2TKI dengan melaksanakan tes EPS TOPIK atau Tes Kemampuan Berbahasa Korea atau sering dikenal dengan tes KLPT. Test EPS Topik termasuk tes bahasa Korea (Tatabahasa dan Pendengaran atau Listening). Persyaratan untuk bisa mengikuti seleksi bahasa Korea EPS Topik, antara lain:
  • Pria atau Wanita, badan tinggi minimal 150 cm
  • berumur 18 – 39 (pada saat pendaftaran)
  • lulusan SMP, SMA, D3 dan S1 segala jurusan,
  • Tidak buta warna
  • WNI dari seluruh Indonesia
Soal atau materi tes EPS Topik ada 2 jenis, yaitu tes Reading (25 soal) dan tes Listening (25 soal). Mencapai nilai minimal 80% bila peserta memilih bidang Soal yang benar-benar minimal 45 soal dari 50 soal dan mencapai nilai minimal 60% jika peserta memilih bidang perikanan atau pertanian soal yang benar minimal 30 soal dari 50 soal Nah, itu dia rincian biaya hidup di Korea Selatan dan kisaran gaji yang didapatkan. Tak heran jika banyak orang tertarik untuk bekerja di Korsel, termasuk masyarakat Indonesia. Tapi tidak semua orang memiliki keinginan untuk bekerja di Korea Selatan. Ada juga sebagian orang yang biasa disebut sebagai seorang entrepreneur lebih memilih untuk belajar berbisnis dari orang korea, khususnya di bisnis kecantikan dan make up. Setelah belajar dari industri kecantikan dan kosmetik di Korea Selatan dan kamu terinspirasi untuk mengembangkan dan memajukan bisnis tersebut namun terkendala oleh modal, dapat menggunakan produk dari Pintek berupa Inventory Financing dan Invoice Financing. PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.
Back to top button