Keuangan

Biaya Masuk Pondok Pesantren Modern dan Pesantren Tradisional

Buat parent pinters yang tertarik memasukkan sang buah hati ke pesantren, tentu saja membutuhkan informasi berapa biaya masuk pondok pesantren. Sebelumnya, perlu diketahui ada dua jenis pesantren yakni yang dikelola secara modern dan tradisional. 

Aktivitas dan kurikulumnya yang berbeda memberikan efek biaya masuk yang berbeda pula. Terlebih lagi jika akreditasinya sudah bagus dan alumninya banyak yang melanjutkan studi ke luar negeri.  Tentu kredibilitasnya akan berbeda pula. 

Biasanya, biaya masuk pesantren modern cenderung lebih mahal dibandingkan pesantren tradisional.  Benarkah?

Biaya Masuk Pesantren Modern, Berapa Juta?

pondok pesantren

Bagi parent pinters yang ingin anaknya merasakan pendidikan pesantren dengan kurikulum kekinian dan memperoleh berbagai macam soft skill di luar ilmu keagamaan, bisa memilih pesantren modern. 

Beberapa pesantren modern di Indonesia bahkan memiliki kelas internasional yang memungkinkan santrinya belajar di luar negeri.

Pondok pesantren seperti ini biasanya memiliki program yang memberikan garansi agar para lulusannya bisa melanjutkan studi di luar negeri. Misalnya seperti program tahfidz dan bahasa Arab.

Makanya, tidak heran jika banyak orang tua yang berlomba-lomba memasukkan anaknya ke pesantren. 

Lantas, berapa kisaran biaya pendidikan di pesantren modern ini? Berikut ini estimasinya:

  • Biaya masuk atau uang pangkal mulai dari Rp10 juta hingga Rp30 juta
  • Biaya boarding  bulanan (termasuk makan, laundry, SPP dan sebagainya) mulai dari Rp2 juta.
  • Biaya buku, kegiatan ekstra kurikuler dan sebagainya, mulai dari Rp2 juta, biasanya dibayarkan per semester.
  • Pesantren modern yang memiliki kelas internasional ada yang menetapkan SPP nya hingga 20 jutaan per bulan. Biasanya yang masuk ke pesantren jenis ini adalah kalangan ekonomi atas.

Besarnya biaya biasanya dipengaruhi jenjang pendidikan, lokasi dan akreditasi sekolah, dan popularitas sekolah. Pesantren modern yang belum begitu populer dan belum memberikan garansi lulusannya diterima di kampus luar negeri biasanya kisaran biaya masuk masih di bawah Rp10 juta. Termasuk juga uang SPP nya yang bisa lebih murah di bawah Rp1 juta.

Biaya Masuk Pesantren Tradisional, Lebih Murah

masuk pesantren

Bila parent pinters ingin anaknya masuk pesantren tetapi terkendala dana, pilihan alternatifnya bisa masuk ke pesantren tradisional. Walaupun tradisional bukan berarti lulusan pesantren ini kurang memiliki kompetensi. Biasanya fokus penekanannya pada kurikulum Islam yang lebih kuat.

Pesantren tradisional jumlah dan sebarannya cukup banyak, bahkan hingga di kampung-kampung pesantren seperti ini banyak dikelola oleh masyarakat setempat. Secara biaya jelas lebih efisien. Berikut estimasi perkiraan biaya masuk pesantren tradisional:

  • Biaya masuk atau uang pangkal pendidikan kisaran di bawah Rp5 juta
  • Biaya SPP bulanan kisaran di bawah Rp1 juta
  • Biaya boarding bisa di bawah Rp1 juta.
  • Biaya ekstrakurikuler atau yang lainnya biasanya relatif lebih kecil

Keunggulan pesantren tradisional selain dari segi biaya yang lebih mudah, lokasinya biasanya banyak yang dekat dengan daerah domisili. Ada juga pesantren besar di pulau Jawa yang juga bisa menjadi rujukan parent pinters yang ingin anaknya masuk ke pesantren tradisional.

Pada dasarnya setiap pesantren baik itu yang sifatnya tradisional maupun modern sama-sama memadukan kurikulum pendidikan agama dan umum. Pesantren modern banyak pula yang menerapkan kurikulum terpadu yang berbasis pembentukan karakter. Pola pendidikan seperti ini memberikan garansi bagi orang tua untuk mendapatkan pendidikan anak yang lebih baik.

Kualitas pendidikan yang lebih bagus sangat wajar bila dibayar dengan nominal biaya yang mahal. Parent pinters akan merasakan betapa perubahan akhlak yang signifikan pada anak tidak sebanding dengan berapapun nilai nominal uang yang dikeluarkan.

Keuntungan  Anak Masuk Pesantren

biaya masuk pesantren

Biaya pendidikan di pesantren sebenarnya relatif bersaing dengan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Secara umum bahkan peluang untuk lebih unggul dibandingkan lembaga pendidikan biasa bisa lebih terbuka. Biaya masuk pesantren saat ini cukup bersaing dengan biaya masuk sekolah Islam Terpadu, tergantung jenis pesantren dan popularitasnya.

Ada beberapa keuntungan memasukkan anak ke pesantren, di antaranya adalah:

  • Membantu menjaga anak dari pergaulan bebas
  • Mendapatkan kurikulum pendidikan yang seimbang antara agama dan umum
  • Mendapatkan kualitas pendidikan karakter yang lebih menjanjikan
  • Peluang kuliah di luar negeri dengan cara yang lebih mudah
  • Kemampuan berbahasa asing yang lebih baik cukup menjanjikan
  • Peluang menjadi hafidz Al-Qur’an dan paham dengan bahasa Arab

Banyaknya keuntungan  masuk pesantren seperti yang dijelaskan di atas sangat sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di tempat tersebut. Berapapun banyaknya uang bisa dicari, tetapi bagaimana mendidik anak yang akan menjadi pewaris parent pinters saat telah tiada adalah hal yang tak ternilai harganya.

Baca Juga : 3 Cara Menyiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini

Ada Masalah Biaya Mau Lanjut ke Pesantren? Ini Solusinya

pinjaman pendidikan

Ingin menyekolahkan anak di pesantren terbaik tetapi terkendala biaya yang mahal? Jangan khawatir parent pinters, kami Pintek siap membantu masalah Anda. Pintek adalah lembaga penyedia bantuan dana pendidikan yang siap membantu parent pinters menyediakan dana pendidikan untuk anak dengan sistem pinjaman.

Produk pinjaman yang lebih menguntungkan dari segi cicilan, bunga dan prosedur yang memudahkan. Pintek berkomitmen membantu pendidikan anak Indonesia agar lebih berkualitas dan lebih berdaya saing di level internasional. Pesantren sebagai salah satu basis pendidikan di Indonesia menjadi lembaga yang dapat mewujudkan pendidikan berkualitas.

Tak perlu bingung berapapun biaya masuk pondok pesantren yang parent pinters butuhkan. Konsultasikan dan pilihan produk Pintek tersedia untuk Anda.

Artikel Terkait

Back to top button