biaya kuliah per semester

Masa resesi ekonomi seperti saat ini siapa sih yang nggak bingung. Jangankan buat yang lain-lain, buat bayar biaya kuliah per semester aja harus lakuin effort yang lebih banyak dari biasanya. Kalau pakai bahasa orang tua dulu, ini saatnya kita buat “mengencangkan ikat pinggang.”

Kondisi sekarang memang bakalan jadi cukup berat untuk membagi pendapatan bulanan, terutama buat karyawan yang kerja sambil kuliah. Biaya kuliah per semester untuk program karyawan dan profesi yang berkisar 6 sampai 15 juta tentu bukan jumlah yang sedikit.

Jangan khawatir apalagi galau. Pintek memiliki produk pinjaman untuk biaya kuliah buat Pinters yang lagi bingung atur keuangan sehari-hari, tagihan bulanan, dan biaya kuliah. 

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

meminjam uang

Biaya kuliah per semester di perguruan tinggi negeri dan swasta punya sistem dan mekanisme berbeda. Bahkan sebelum pandemi dan resesi ekonomi terjadi, PTS sudah memiliki mekanisme cicilan uang kuliah, tetapi tidak dengan PTN. Berikut perbedaan lain sistem uang kuliah di PTN dan PTS:

1. Perguruan Tinggi Negeri

Kampus negeri punya sistem pembiayaan dan penetapan uang kuliah yang unik. Kamu hanya harus bayar uang kuliah satu kali untuk semua dalam satu semester. Sistem ini disebut uang kuliah tunggal (UKT).

UKT sendiri punya enam kategori yang akan dikenakan sesuai kemampuan finansial mahasiswa. Namun, UKT untuk kelas paralel dan profesi tidak menggunakan sistem kategori, tetapi menerapkan uang kuliah tetap yang harus dibayar satu kali dan biasanya berdasarkan kategori tertinggi.

2. Perguruan Tinggi Swasta

Pada perguruan tinggi swasta 99% tidak menggunakan UKT, tetapi masih dengan sistem per SKS. Jadi kamu hanya bayar uang kuliah berdasarkan kelas yang diambil saja.

Program profesi di PTS memang memberikan fasilitas cicilan per bulan selama satu semester. Tetapi tetap saja, biaya kuliah yang harus kamu bayar tetap jauh lebih tinggi daripada PTN.

Risiko Gagal Bayar Uang Kuliah di Masa Resesi

biaya kuliah per semester

Secara makro, ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2.97% pada kuartal ini. Dengan kata lain, gelombang resesi belum akan reda walaupun kita telah masuk ke fase “new normal” mulai bulan Juni ini.

Risiko PHK dan pemotongan gaji bulanan juga masih akan cukup tinggi pada awal fase ini. Beberapa pakar finansial juga menyarankan untuk tidak membelanjakan uang cash pada sesuatu yang tidak urgent. Lalu bagaimana dengan biaya kuliah per semester yang harus dibayar di tahun ajaran nanti?

Walaupun uang kuliah tidak masuk pada segmen konsumtif, tetapi pengeluaran ini akan menjadi beban finansial yang cukup berat. Sebetulnya ada dua opsi, ambil cuti kuliah atau menjadi mahasiswa non-aktif semester ini. Namun, cara ini akan menimbulkan “efek domino” yang cukup telak di masa depan.

Pinters pasti nggak ingin kehilangan waktu dan terganggu selama melakukan studi ‘kan? Pintek punya program pinjaman pendidikan buat kamu yang tetap ingin kuliah. Kamu nggak perlu khawatir soal gagal bayar biaya kuliah per semester tahun ajaran ini.

Baca Juga : Cara Mengajukan Pinjaman Uang untuk Mahasiswa Melalui Pintek

Program Pinjaman Pendidikan Pintek

Pintek punya solusi untuk masalah biaya pendidikan. Pintek memiliki tiga opsi produk yang bisa dipilih, yaitu: Pintek Students Instant, Pintek Students Reg dan Pintek Students Pro.

1. Pintek Students Instant

Kamu lagi butuh pinjaman dana buat hal yang urgent banget, macam bayar UKT, biaya riset, atau yang lainnya? Kamu bisa pakai pinjaman Pintek Students Instant. Prosesnya mudah, cepat, dan nggak ribet.

Yang paling penting, Pintek bisa kasih dana dengan bunga 0% untuk tenor 30 hari. Kamu cukup lampirkan KTP serta data diri lain, dan dana segar hingga Rp 5 juta bisa cair dengan segera.

Syaratnya kamu harus kuliah di perguruan tinggi mitra Pintek.

2. Program Students Reg

Beda dengan Pintek Students Instant yang cuma bisa cair maksimal Rp 5 juta, Pintek Students Reg bisa kasih kamu dana hingga Rp 300 juta dengan tenor hingga 24 bulan. Bunga pinjamannya pun super rendah, cuma 0% – 1.5%.

Program ini bisa diambil selama kamu punya gaji minimal Rp 3 juta per bulan. Syarat dokumennya juga lumayan sederhana, kamu cuma harus lampirkan KTP, KK, dan rekening koran 3 bulan terakhir.

3. Program Students Pro

Mau ikut pelatihan kerja atau ambil program studi profesi tapi ngga ada dana? Kamu bisa pakai pinjaman Pintek Students Pro untuk wujudkan mimpimu ambil sertifikasi profesional yang urgent banget.

Selama masa studi, kamu hanya perlu membayar bunganya saja. Setelah bekerja, kamu bisa membayar cicilan pokok. Tenor pinjaman ini adalah 18 bulan. Jangan lupa lampirkan bukti jaminan kerja untuk melengkapi syarat dokumennya ya.

Keuntungan Pinjam Dana Kuliah dari Pintek

biaya kuliah

Memang apa sih untungnya pinjam dana untuk bayar biaya kuliah per semester di Pintek? Berikut ini keuntungan yang nggak bakal kamu dapat kalau pinjam dana dari fintech lain, check it out!

1. Proses Cepat dan Mudah

Ambil pinjaman pendidikan di Pintek tuh super cepat. Proses pencairan bisa mulai dari 1 jam hingga 3 hari kerja, tergantung jenis produk yang kamu gunakan.

Syarat dokumennya juga sama sekali nggak susah. Secara umum kamu cuma harus lampirkan KTP dan data diri. Tapi kalau kamu ambil program Pintek Students Reg dan Pro, jangan lupa melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir dan bukti jaminan kerja ya.

2. Bunga Pinjaman Kecil

Bunga pinjaman dana pendidikan dari Pintek adalah yang paling rendah jika dibandingkan dengan fintech lain. Rata-rata bunga di perusahaan lain cukup variatif, namun masih di skala 0,8% hingga 24%.

Kalau kamu pinjam di Pintek, bunga pinjamannya mulai dari 2,19% per bulan. Bagi calon peminjam dengan nilai penilaian kredit yang high risk, bisa mendapat bunga hingga 3,99% untuk skema Pintek Students Instant. 

Bahkan kamu juga bisa dapat pinjaman dengan bunga 0% bila mampu melunasi seperti waktu yang disepakati di program tertentu.

4. Memiliki Kerjasama dengan Lembaga Pendidikan

Pintek memiliki mekanisme khusus untuk pencairan pinjaman yang akan kamu pakai untuk bayar uang kuliah. Pintek telah bekerjasama dengan lebih dari 80 lembaga. Jadi kamu nggak perlu ambil dananya, Pintek akan langsung transfer ke rekening kampus.

5. Pinjaman Dana Mencapai 300 Juta

Seberapa mahal sih uang kuliah kamu? Kamu bisa dapat dana hingga Rp 300 juta di Pintek. Jadi, jangan khawatir buat kuliah dimanapun dan di jurusan apapun. Wujudkan mimpimu bersama Pintek.

Pintek akan cairkan dana dan melunasi biaya kuliah per semester yang wajib kamu bayar mulai bulan depan. Selama semua persyaratan teknis yang dibutuhkan clear, kamu nggak perlu lagi khawatir soal uang kuliah. Untuk informasi lebih detail, silahkan hubungi customer service Pintek, bisa lewat email atau di nomor 021-30060799.