Keuangan

Informasi Kisaran Tarif Bimbel Privat TK Sampai SMA

Bagi pelajar di Indonesia mengikuti les atau tambahan pelajaran lain di luar sekolah bukanlah hal yang aneh. Tak dapat dipungkiri setiap orang memang mempunyai opini yang berbeda-beda mengenai hal ini. Meski demikian bagi orang tua yang sama-sama berkarir keberadaan jasa bimbel privat bisa sangat membantu.

Perlukah Bimbingan Belajar Dengan Guru Privat?

les privat

Seperti yang kita ketahui kompetisi untuk sukses di masa depan saat ini semakin ketat. Ini karena buah hati Parent Pinters lahir di zaman yang berbeda dengan orang tuanya. 

Kemajuan zaman dan teknologi yang begitu pesat menuntut generasi muda untuk dapat bergabung menjadi bagian di dalamnya atau tergilas oleh kerasnya kompetisi.

Karena itu tidak ada salahnya mempersiapkan buah hati Anda sedini mungkin dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni demi masa depannya.  Membayar tarif bimbel privat agar anak dapat belajar secara optimal dengan tutor pribadi adalah salah satu alternatifnya. 

Tak perlu ragu memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk memberi bekal masa depan bagi putra-putri Anda. 

Tarif Bimbingan Belajar Privat

Salah satu kelebihan les privat adalah proses belajar-mengajar dapat dilakukan dengan lebih intensif dibandingkan bimbel di kelas. Ini karena jumlah siswanya lebih sedikit. Jika berkenan Parent Pinters bahkan dapat meminta seorang tutor mengajar 1 anak saja.

Karena privilege inilah biaya les privat per pertemuan biasanya lebih tinggi dibandingkan les di kelas. Untuk besaran biayanya memang berbeda-beda karena beberapa faktor, yaitu:

Lokasi

Dimana Anda tinggal menentukan biaya bimbel yang harus disediakan karena menyesuaikan dengan rata-rata biaya hidup di lokasi tersebut. Biaya les privat di Jakarta tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan di kota-kota yang lebih kecil dengan biaya hidup yang murah.

Kompetensi dan Pengalaman Tutor

Latar belakang pendidikan serta berapa lama pengalaman mengajar tutor pilihan Anda, tentu mempengaruhi besaran biaya. Tutor-tutor privat mahasiswa umumnya menetapkan harga lebih murah dibandingkan tutor senior dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berpengalaman.

Mata Pelajaran

Beberapa mata pelajaran atau keterampilan memang bertarif lebih tinggi apalagi jika banyak dibutuhkan. Biaya les privat matematika SD misalnya, umumnya lebih mahal dibandingkan les IPS.

Sebagai referensi Parent Pinters, inilah kisaran biaya les privat per pertemuan mulai dari jenjang TK hingga SMA.

  • TK   : Rp60.000,00 – Rp120.000,00
  • SD   : Rp65.000,00 – Rp145.000,00
  • SMP : Rp70.000,00 – Rp160.000,00
  • SMA   :Rp90.000,00 – Rp180.000,00
  • SMA (persiapan SBMPTN)    : Rp110.000,00 – Rp200.000,00

Selain les mata pelajaran regular, saat sudah duduk di bangku SMA kelas 12 anak sebaiknya mengikuti bimbel untuk persiapan mengikuti SNMPTN. Upaya ini akan meningkatkan peluangnya diterima pada perguruan tinggi negeri yang diidamkan.

Kelebihan Les Privat Dibandingkan Les di Kelas

pendidikan anak

Memang wajar jika biaya les privat per hari atau per pertemuan bertarif lebih mahal dibandingkan les di kelas. Ini karena bimbel secara privat mempunyai kelebihan berikut ini.

1. Mendapat Perhatian dari Tutor Secara Optimal

Saat belajar di sekolah, apalagi di kelas yang jumlah siswanya cukup banyak, putra-putri Anda mungkin kurang mendapat perhatian guru. Ini karena guru harus membagi perhatiannya kepada seluruh siswa. 

Sementara di kelas privat tutor hanya mengajar satu siswa sehingga perhatiannya akan tercurah sepenuhnya kepada siswa yang bersangkutan.

2. Materi Les Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Karena siswanya hanya satu, tutor lebih mudah menyusun rencana pengajaran dengan kebutuhan putra-putri Parent Pinters. Harapannya siswa dapat mengejar ketertinggalannya pada materi-materi pelajaran yang dirasa lemah.

3. Lebih Percaya Diri untuk Bertanya

Walaupun belum memahami materi yang disampaikan guru di sekolah, tidak jarang anak enggan bertanya. Ini mungkin karena khawatir di-bully teman-temannya atau tidak mau dianggap sebagai anak yang kurang pandai. 

Nah, karena tidak ada siswa lain selain dirinya di kelas privat, anak akan lebih berani berterus-terang kepada tutornya.

4. Lebih Nyaman Secara Psikologis

Persaingan di kelas, gangguan lingkungan, atau perasaan terintimidasi oleh teman sering menjadi penghalang bagi anak untuk memahami materi secara optimal. Belajar secara privat akan menghilangkan berbagai gangguan tersebut sehingga anak merasa lebih nyaman.

Kelas privat yang kondusif  adalah faktor yang dapat membantunya belajar dan memahami materi akademik secara optimal. Hasilnya nilai anak juga akan meningkat.

Parent Pinters mungkin ragu apakah buah hati Anda membutuhkan guru privat atau tidak. Beberapa gejala bisa menjadi petunjuk untuk mulai mencari tutor terbaik untuk buah hati. Pertama, nilai tes putra-putri Anda mengalami penurunan dan mereka sering mengeluhkan sulitnya materi pelajaran di sekolah.

Anak mulai tidak suka dengan mata pelajaran tertentu karena merasa tidak bisa mengikuti. Ketiga, putra-putri Anda sering lalai mengerjakan tugas di rumah mungkin karena sulit membagi waktu atau beban akademisnya sudah terlalu berat.

Jika masalah tersebut terjadi pada buah hati, Parent Pinters bisa mulai mencari tutor privat profesional sebagai solusinya.

Baca Juga : 5 Tips Mempersiapkan Biaya Sekolah Agar tidak Nunggak dan Tetap Lancar

Mempersiapkan Biaya Les Privat Untuk Anak

biaya les privat

Dari ulasan di atas, tentu Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa bimbel bisa memberi dampak yang besar bagi masa depan anak. Karena itu Anda tak perlu ragu mengalokasikan dana untuk membayar biaya bimbel SD sampai SMA jika memang anak membutuhkannya.

Bukan hanya orang tua dari kalangan menengah keatas saja yang dapat memberikan fasilitas tersebut, tetapi seharusnya semua orang tua. Parent Pinters mempunyai mitra terbaik untuk mendampingi pendidikan buah hati dan mengantarkan mereka menjemput cita-cita.

Mitra terbaik ini adalah Pintek, perusahaan finansial yang menyediakan produk-produk pendanaan alternatif khusus untuk keperluan pendidikan berbiaya ringan dan syarat mudah. 

Ini karena kami mempunyai misi untuk berkontribusi memajukan pendidikan generasi mudah Indonesia, termasuk mengurangi angka drop out akibat kesulitan keuangan.

Parent Pinters bisa memilih produk pendanaan yang dibutuhkan mulai dari membayar uang pangkal, SPP, hingga tarif bimbingan belajar. Silakan menghubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih detail dengan mengakses website resmi Pintek. 

Nah, Parent Pinters, semoga informasi kisaran biaya bimbel privat di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.  

Artikel Terkait

Back to top button