SIPLah

Bimbingan Belajar Dapat Membantu Anak Lebih Cerdas, Benarkah?

Bimbingan belajar atau bimbel memang menjadi pilihan orangtua dalam memberikan pembelajaran tambahan di luar sekolah kepada anaknya. Bimbel juga dinilai sangat efektif karena guru bimbel akan memperhatikan pemahaman dan perkembangan anak muridnya mengenai materi yang sudah dipelajari.

Dengan mengikuti bimbel, para orangtua tentu saja mengharapkan anaknya bisa lebih berprestasi di pendidikan, terutama di sekolah. Soalnya bimbel memang dapat membantu anak untuk lebih memahami materi pelajaran di sekolah yang dirasa cukup sulit seperti matematika maupun Bahasa Inggris.

Namun, agar anak mendapatkan materi tambahan di bimbel para orangtua diharuskan untuk mengeluarkan yang cukup besar tergantung dari jenis kelas dan kategori yang dipilih. Umumnya, bimbel terbagi menjadi beberapa kategori yaitu reguler, platinum dan lainnya.

Jadi, semakin tinggi kelas dan kategori yang dipilih dan semakin sedikit jumlah murid yang dalam satu kelas, maka biaya yang harus para orangtua keluarkan juga semakin besar.

Nah, berikut ulasan lengkap mengenai bimbel alias bimbingan belajarĀ  mulai dari tujuan, rekomendasi bimbel terbaik serta kisaran biaya yang harus dikeluarkan.

Apa itu bimbingan belajar?

Apa itu bimbingan belajar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau bimbingan belajar adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar sekolah. Dalam mengikuti bimbel, siswa diharapkan dapat menyelesaikan berbagai masalah proses belajar di sekolah.

Dengan mengikuti bimbel, banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh siswa seperti dapat meningkatkan prestasi siswa, siswa dapat lebih memahami mata pelajaran yang dianggap sulit hingga untuk mengembangkan kemampuan dalam bersosialisasi.

Pasalnya, setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Oleh karena itu, para orangtua harus dapat mengarahkan dan memberikan solusi agar anak dapat menghadapi kesulitan dalam pelajaran. Bimbingan belajar menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk anak.

Tujuan bimbel

tujuan bimbel

Bimbingan belajar bertujuan untuk membantu para murid agar dapat menyelesaikan masalah kesulitan belajar di sekolah. Dengan begitu, aktivitas belajar mengajar akan lebih efisien sehingga dapat lebih optimal mengembangkan kemampuannya.

Menurut pakar pendidikan Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, ada beberapa tujuan bimbingan belajar untuk siswa, yakni:

  • Menjadi metode belajar yang efisien dan efektif untuk siswa.
  • Menyelesaikan tugas sekolah yang dianggap sulit.
  • Mempersiapkan diri untuk ulangan dan ujian.
  • Menemukan bidang studi yang sesuai dengan kemampuannya.
  • Mencari solusi dalam menghadapi kesulitan saat menyelesaikan bidang studi tertentu.
  • Memilih pelajaran tambahan yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah maupun untuk mengembangkan karir di masa depan.

Dengan berbagai tujuan bimbingan belajar untuk siswa, maka diharapkan setiap murid yang mengikuti bimbel dapat meningkatkan dan mengembangkan prestasinya di sekolah sehingga mereka dapat mewujudkan cita-citanya.

[Baca: Biaya Bimbel Privat dari SD hingga SMA]

Bimbingan belajar di masa pandemi

bimbingan belajar online

Sejak awal tahun 2020, segala aktivitas harus dilakukan di rumah termasuk aktivitas belajar mengajar baik di sekolah maupun tempat bimbingan belajar. Adanya virus Covid-19 di Indonesia membuat semua aktivitas belajar mengajar harus dilakukan secara daring atau online.

Meski terasa berbeda karena biasanya belajar dengan datang ke sekolah atau tempat les, kini mereka harus belajar lewat online. Namun, hal tersebut tak mematahkan semangat para siswa dalam menimba ilmu. Terbukti, banyak sekali kelas online yang bermunculan di masa pandemi.

Lewat situs bimbel yang kini banyak dipilih oleh siswa di Indonesia, mereka dapat memilih bidang pelajaran yang diinginkan. Para siswa juga bisa memilih tutor untuk membantu memperdalam pelajaran sekolah maupun mengerjakan tugas.

Tingginya minat siswa terhadap belajar online tentu saja harus didukung dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Dengan begitu, proses belajar mengajar pun dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Hal tersebut tentu saja menjadi perhatian Pemerintah agar aktivitas belajar tak memiliki hambatan sehingga kualitas pendidikan di Indonesia pun dapat semakin maju.

Dengan itu, Pemerintah meluncurkan sebuah aplikasi atau platform yang ditujukan untuk mempermudah satuan pendidikan, baik pendidikan formal maupun non-formal untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa (PBJ) di lembaga tersebut yakni SIPLah.

[Baca: Apa itu SIPLah dan Manfaatnya untuk Sekolah Serta UMKM]

Melalui SIPLah, seluruh satuan pendidikan di Indonesia dapat berbelanja keperluan belajar secara online yaitu di marketplace yang sudah bekerjasama dengan SIPLah seperti Blibli, Blanja, INTI, dan lainnya.

Selain itu, SIPLah juga memiliki banyak sekali manfaat untuk para pelaku UMKM yang menjual produk atau layanan di bidang pendidikan.

Dengan bergabung menjadi penjual SIPLah, maka kamu dapat mengembangkan skala bisnis kamu hingga seluruh Indonesia. Para penjual jika dapat melakukan penawaran sesuai nilai transaksi karena berjualan di SIPLah tidak dipungut biaya apapun.

Akan tetapi, masalah dana kerap kali menjadi persoalan untuk para pelaku UMKM sehingga mereka cukup terhambat dalam mengembangkan skala bisnisnya. Dengan begitu, para penjual tidak dapat memenuhi segala permintaan dari satuan pendidikan.

Nah, buat kamu para penjual SIPLah yang membutuhkan dana, kamu dapat mengajukan pinjaman invoice financing di Pintek. Jadi dengan menjaminkan invoice atau tagihan dari satuan pendidikan, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan bunga efektif 1,5 persen hingga 2,5 persen.

Proses pencairannya pun juga cepat yaitu lima hari kerja. Dengan begitu, proses pengadaan barang dan jasa dari satuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar.

Pintek sebagai perusahaan teknologi finansial juga sudah mengantongi izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar sebagai anggota di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu, segala bentuk transaksi yang dilakukan bersama Pintek sudah terjamin keamanannya.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman invoice dari Pintek, kamu dapat melakukan lima langkah mudah, yaitu:

  • Mengunjungi situs Pintek.
  • Mengisi form dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Dokumen dan informasi akan dianalisis oleh tim Pintek.
  • Permohonan disetujui.
  • Dana dicairkan.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pinjaman invoice financing SIPLah di Pintek, kamu kamu bisa berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau mengirim pesan WhatsApp di nomor (0853-2151-5763).

Artikel Terkait

Back to top button