Pahlawan pendidikan di Indonesia

Menjalankan bisnis digital merupakan salah satu pilihan tepat buat kamu yang ingin meraup banyak pundi-pundi rupiah. Pasalnya, kini hampir semua orang lebih memilih untuk berbelanja melalui online.

Soalnya tak dapat dipungkiri belanja online memberikan banyak keuntungan dan dianggap lebih efisien dan efektif. Hal tersebut tentu menjadi peluang besar untuk para penjual untuk dapat mengembangkan skala bisnisnya dan meraup untung semaksimal mungkin.

Akan tetapi, kamu harus cermat memilih jenis bisnis agar jualan kamu laris manis setiap hari salah satunya bisnis di bidang pendidikan. Kenapa?

Seperti yang diketahui kalau setiap individu membutuhkan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Bayangkan kalau kita tidak sekolah dan tidak bisa baca tulis, tentu kita akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu pendidikan merupakan peluang bisnis menjanjikan yang bisa membuat kamu kaya raya jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Nah, buat kamu vendor pendidikan yang ingin menghasilkan banyak uang lewat bisnis, berikut adalah rekomendasi bisnis digital di sektor pendidikan yang bisa kamu pilih. Yaitu:

1. Buku online

Buku online

Setiap individu perlu memenuhi kebutuhan akan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Itulah kenapa bisnis buku bisa dibilang menjadi jenis usaha yang gak ada matinya.

Apalagi jika kamu pecinta buku, bisnis online jadi salah satu jenis usaha yang patut untuk dicoba. Karena menjalankan bisnis sekaligus hobi adalah hal yang menyenangkan. 

Namun, melakukan bisnis buku online tentunya memerlukan strategi yang tepat, karena kamu harus tetap memikirkan keuntungan. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan langkah-langkah berbisnis buku terlebih dahulu sebelum memulainya.

Kamu bisa memilih untuk menjual berbagai aneka jenis buku, mulai dari buku pelajaran, novel, komik dan lain sebagainya. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menjalin kerjasama dengan penerbit atau distributor untuk memasok buku yang kamu jual di pasaran.

Untuk memasarkan buku, kamu dapat membuka toko online di berbagai marketplace maupun di media sosial agar dapat lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Dengan begitu, kamu dapat menjual buku daganganmu hingga seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bisnis yang Menjanjikan Saat Pandemi, Begini Cara Jualan Buku Online!

2. Peralatan tulis menulis

Peralatan tulis menulis

Bisnis peralatan tulis menulis juga bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan lho. Pasalnya, target pasar kamu bukan hanya anak sekolah semata tapi juga pekerja kantoran yang membutuhkan alat tulis untuk keperluannya bekerja.

Kamu dapat menjual berbagai kebutuhan alat tulis untuk pelajar dan pekerja seperti pensil, penghapus, buku tulis, pulpen, penggaris dan lainnya.

Semakin lengkap produk yang kamu jual seperti memiliki jenis barang yang bervariasi dari segi merek, kualitas maupun harga, maka akan semakin besar pula minat konsumen yang ingin berbelanja di toko kamu.

Kamu bisa membuka toko offline kecil-kecilan di dekat sekolah atau kampus dan secara berbarengan kamu juga dapat membuka toko online agar mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Agar untung yang didapatkan lebih maksimal, kamu bisa menjual peralatan tulis menulis dalam bentuk besar atau sebagai supplier ke sekolah maupun perusahaan.

3. Bisnis digital perlengkapan belajar

Bisnis digital perlengkapan belajar

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kegiatan belajar mengajar sudah beralih dari offline ke online alias yang biasanya belajar di sekolah jadi belajar di rumah.

Oleh karena itu, baik peserta didik maupun pengajar tentu membutuhkan perlengkapan belajar seperti laptop, tablet dan lainnya untuk menunjang kegiatan belajar.

Kondisi tersebut dapat kamu manfaatkan dengan menjual seluruh perlengkapan belajar tak hanya laptop dan proyektor tapi juga paket internet belajar dan lain sebagainya.

Berikan diskon menarik, misalnya potongan harga 20% dengan memasukkan nomor induk pelajar atau mahasiswa. Dengan begitu, kamu tak hanya mendapatkan untung besar tapi juga membantu meningkatkan pendidikan di Indonesia.

4. Bimbel online

Bimbel online

Bimbel atau kursus juga menjadi salah satu peluang usaha di sektor pendidikan yang sangat menjanjikan. Soalnya bimbel dapat membantu para pelajar untuk memahami materi pelajaran yang dianggap sulit.

Dengan begitu, anak-anak yang ikut bimbel diharapkan dapat lebih berprestasi di sekolah. Tak heran kalau banyak orangtua yang rela merogoh kocek ekstra untuk mendaftarkan anaknya di tempat kursus. 

Selain itu, kini sudah banyak tempat bimbel yang menawarkan bimbingan belajar secara online terutama di masa pandemi seperti saat ini dan didukung dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih.

Peluang bisnis kursus atau bimbel online juga kini tengah banyak digandrungi para peserta didik karena mereka membutuhkan tambahan materi pelajaran di tengah kegiatan belajar mengajar online.

Oleh karena itu, kamu jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan skala bisnis kamu.

Baca Juga: Bimbingan Belajar Dapat Membantu Anak Lebih Cerdas, Benarkah?

5. Les privat online

Les privat online

Jika membuka jasa bimbingan online terasa sulit, kamu bisa menjajal bisnis les privat online yang memang bisa dilakukan secara individu.

Kamu bisa membuka bisnis les privat pelajaran seperti bahasa inggris, matematika, komputer dan lain-lain. Pasalnya, banyak sekali pelajar yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah untuk menambah ilmu pengetahuannya.

Membuka bisnis les privat juga tidak membutuhkan modal yang besar tapi bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Soalnya kamu hanya memerlukan pengetahuan yang luas dan waktu yang cukup.

Bisnis pendidikan yang satu ini juga bisa dilakoni oleh mahasiswa yang memang memiliki keahlian di bidang mata pelajaran tertentu. Kamu dapat memulai dengan menawarkan ke kerabat terdekat dan juga memasarkan lewat internet.

Itu dia lima jenis bisnis digital di bidang pendidikan yang bisa menghasilkan banyak keuntungan.Akan tetapi, agar hasil yang kamu dapatkan dapat maksimal, kamu tentu membutuhkan modal untuk memenuhi seluruh pesanan.

Tak perlu khawatir dan bingung, karena para penjual dapat mengajukan Pendanaan PO/Invoice di Pintek yaitu perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keungan (OJK) serta telah terdaftar di AFPI.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau mengirim pesan WhatsApp di nomor 021-50884607.