cara bisnis online

Ada banyak sekali cara bisnis online untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda sajikan, baik barang atau jasa semuanya bisa dipasarkan secara online. Tapi sebelum memulai, tahukah Anda apa sih yang dimaksud dengan bisnis online? Berikut penjelasannya.

Yang dimaksud bisnis online adalah sebuah cara seseorang melakukan promosi atau menawarkan barang atau jasa yang dilakukan secara online ( melalui internet ). Pengertian bisnis online secara mudah adalah memasarkan produk secara online untuk berkomunikasi atau bahkan bertransaksi antara penjual dan pembeli.

Baca Juga : Bisnis yang Menjanjikan Saat Pandemi, Begini Cara Jualan Buku Online!

Sebagai contoh, Andi ingin membeli sebuah sepatu namun karena tidak punya waktu untuk ke toko sepatu, maka Andi membuka gadgetnya dan mencari sepatu yang diinginkan. Setelah sekian lama mencari, akhirnya Andi menemukan sepatu yang diinginkan di sebuah website.

Nah penjual sepatu ini sudah melakukan sebuah cara bisnis online karena memasarkan produknya melalui media online yaitu website. Selain website masih banyak lagi media online yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan bisnis online.

Mengapa Bisnis Online?

Bisnis online sendiri memang banyak sekali kelebihan dan sudah banyak yang membuktikannya. Contohnya ada Richard Putra yang masih berumur 23 tahun namun sudah sukses bisnis online. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis online begitu menguntungkan.

Belanja Online Makin Disukai

Di Indonesia sendiri pasar online sedang berkembang begitu besar dan bahkan diprediksi tahun ini akan naik hingga tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 119 juta pelanggan dengan angka transaksi 65 miliar USD. Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini semua orang belanja melalui online, cukup menggiurkan bukan?

Coba bayangkan dengan mendapatkan minimal satu persen dari keseluruhan pasar bisnis online saja, Anda bisa mendapatkan sekitar satu juta pelanggan. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan lebih dari itu, mengingat tren belanja online yang terus akan meningkat pesat setiap tahunnya, sudahkah menemukan cara bisnis online yang tepat?

Lebih Banyak Konsumen Dijangkau

Dengan memulai bisnis online ( memasarkan produk secara online ) maka Anda bisa menjangkau konsumen tanpa batas. Bukan hanya di kota Anda tinggal yang akan dijangkau, tapi Anda bisa menjangkau konsumen hingga ke luar negeri. Menjangkau konsumen dari ujung bumi ke ujung bumi lainnya menjadi hal yang sangat mungkin dicapai.

Bahkan Anda tidak perlu memiliki toko fisik, karena dengan memulai bisnis online Anda dapat menjalankan usaha cukup lewat smartphone atau laptop. Anda juga bisa bekerja dari rumah dan Anda hanya memerlukan gudang atau sekedar tempat untuk menyimpan dagangan Anda.

Semua Jenis Bisnis Sangat Membutuhkan Online Presence

Ada banyak pemilik rumah makan atau restoran yang berkata “Ngapain sih promosi online yang ribet, bisnis saya kan cuma tempat makan lokal. Gak butuh lah online segala.”

Kayaknya jika masih beranggapan seperti itu, maka itu adalah sebuah kekeliruan. Karena faktanya sebanyak 81 persen orang akan melakukan riset online sebelum berkunjung ke tempat makan, jadi bukan hanya akan belanja online saja.

Sebagai contoh, orang akan melihat dulu menu apa saja yang disediakan dan bagaimana suasana tempat makan yang mereka akan kunjungi. Coba bayangkan jika orang-orang ini tidak menemukan tempat makan Anda di hasil pencarian? Apa yang akan orang-orang ini lakukan? Mereka akan mencari pilihan dan opsi lain di internet yang menawarkan produk yang sama dengan Anda.

Anda tidak menginginkannya bukan? Untuk itu Anda perlu membaca artikel cara bisnis online kali ini agar produk semakin laris dan untung makin besar.

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Cara bisnis online untuk memasarkan produk agar cepat laris tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Anda bisa memulainya dengan tiga media dasar yang biasa dipakai untuk bisnis online. Ketiga media tersebut adalah : Google Bisnisku, Website dan Media Sosial.

Membuat Google Bisnisku

Google Bisnisku sendiri merupakan layanan berbasis internet untuk para pelaku usaha untuk menampilkan informasi usahanya di internet khususnya Google. Google Bisnisku diluncurkan oleh Google pada bulan Juni tahun 2014.

Ketika Anda melakukan pencarian di Google ( Contoh : Pintek ), Anda akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini :

cara bisnis online

Gambar diatas merupakan salah satu contoh fitur yang diberikan Google Bisnisku, detail informasi usaha Anda akan ditampilkan di hasil pencarian Google. Dengan Google Bisnisku Anda juga bisa memenangkan persaingan di hasil pencarian lokal. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat jika mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, antara lain :

  1. Menyediakan informasi valid untuk pelanggan — Google Bisnisku akan melakukan verifikasi terhadap semua orang yang mendaftarkan bisnisnya dan hanya akan meloloskan pemilik yang valid.
  2. Mendapatkan review atau testimoni dari pelanggan — Dengan platform ini Anda bisa mendapatkan review atau testimoni dari pelanggan yang sudah membeli produk Anda. Dengan begitu kredibilitas bisnis Anda akan meningkat.
  3. Bisnis akan muncul di penelusuran Google Maps — Jika terdaftar di Google Bisnisku maka secara otomatis bisnis Anda akan muncul di penelusuran Google Maps, dengan begitu para calon konsumen akan lebih mudah menemukan bisnis Anda.

Membuat Website

Website merupakan media paling penting untuk bisnis online, karena website sendiri memiliki segudang manfaat, antara lain :

  1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis — Salah satu kunci sukses bisnis online adalah mendapatkan banyak kepercayaan dari pelanggan. Para pelanggan sangat perlu diyakini bahwa usaha yang Anda jalankan benar nyata. Karena menurut studi Verisign, sebanyak 84 persen pelanggan lebih percaya kepada bisnis yang sudah mempunyai website resmi. Karena dengan website resmi akan membuat konsumen akan lebih aman untuk melakukan transaksi.
  2. Bisnis Akan Lebih Mudah Ditemukan di Google — Bisnis online paling baik adalah jika mudah ditemukan di Google. Mengapa? karena sekitar 81 persen calon konsumen akan melakukan riset di Google terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa. Agar mudah ditemukan, maka hal yang paling pertama dilakukan adalah memiliki website.

Membuat Media Sosial

Cara bisnis online paling mudah dan murah adalah dengan membuat sosial media. Media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, LINE, Twitter atau bahkan TikTok. Anda pasti pernah setidaknya menemukan akun online shop yang berjualan di salah satu media sosial tersebut.

Namun sebelum menentukan media sosial mana yang paling cocok untuk digunakan, ada baiknya Anda mengetahui teknik Bullseye. Bullseye merupakan teknik yang dibuat untuk menentukan media sosial yang paling efektif untuk sebuah bisnis atau perusahaan yang baru merintis ( Startup ).

Cara menentukan media sosial yang paling efektif untuk bisnis adalah dengan teknik Bullseye, begini caranya :

  1. Brainstorming — Yaitu dengan membuat daftar semua media sosial yang mungkin digunakan dan jangan lupa untuk tulis ide-ide yang bisa diaplikasikan nantinya.
  2. Rank — Selanjutnya mengelompokkan semua media sosial sebelumnya menjadi tiga kategori, yaitu Inner Circle, Potential dan Long Shot.
  3. Prioritize — Fokus kepada Inner Circle saja dan selanjutnya harus ada tiga media sosial di kategori Inner circle, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.
  4. Test — Selanjutnya silahkan lakukan uji coba ide-ide pada media sosial di kategori Inner Circle secara bersamaan.
  5. Focus On — Tahap tes akan menunjukkan media sosial yang paling efektif untuk bisnis. Terakhir Anda tinggal memaksimalkan pemasaran di media sosial tersebut.

Pertanyaannya mengapa kita tidak memakai semua media sosial? Karena jika memilih semua media sosial kita akan membuang waktu dan tenaga tanpa menghasilkan apa-apa. Audience di setiap media sosial berbeda-beda dan disesuaikan dengan niche bisnis Anda.

Kesimpulan

Itulah artikel cara bisnis online paling mudah sebelum Anda memulainya. Tiga cara diatas merupakan langkah awal dan menjadi faktor utama sebelum memulai bisnis online. Silahkan bagikan artikel ini kepada keluarga, teman atau orang terdekat Anda.