cara daftar SIPLah
Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah atau SIPLah menjadi program Pemerintah yang tak hanya memberikan keuntungan untuk satuan pendidikan saja, tapi juga untuk para pelaku usaha. Sayangnya, masih banyak penjual yang belum mengetahui cara daftar SIPLah.

Padahal dengan menjadi penjual SIPLah, pelaku UMKM dapat mengembangkan skala bisnisnya dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Pasalnya, kamu akan mendapat pasar yang lebih luas yakni satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Lalu, apa saja keuntungan penjual jika bergabung di SIPLah?

Keuntungan SIPLah untuk penjual

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para penjual jika menjual produk dagangannya di SIPLah. Berikut di antaranya:

1. Dapat mengembangkan bisnisnya

Dengan bergabung menjadi penjual SIPLah, maka kamu memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan skala bisnismu. Pasalnya, para pembeli di SIPLah merupakan satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Seperti yang dilansir dari situs resmi SIPLah Kemendikbud, diketahui sudah lebih dari 400 ribu satuan pendidikan yang bergabung di SIPLah guna memenuhi segala kebutuhan pengadaan barang dan jasa.

2. Mendapat pasar yang lebih luas dan jelas

Keuntungan lainnya dengan menjadi penjual SIPLah yaitu akan mendapatkan potensi pasar yang luas dan jelas karena mereka akan mendapat penawaran barang dan jasa langsung dari satuan pendidikan di seluruh Indonesia. 

3. Hemat biaya operasional

Para pelaku usaha juga dapat menghemat biaya operasional jika bergabung menjadi penjual SIPLah. Soalnya, Pemerintah sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah marketplace di Indonesia. Dengan begitu, kamu dapat membuka toko online dengan cuma-cuma alias gratis.

Selain itu, segala transaksi di SIPLah juga tidak dipungut biaya apapun. Oleh karena itu, kamu dapat menjual atau melakukan penawaran sesuai dengan harga barang atau layanan. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih maksimal.

4. Menjalankan usaha secara online

SIPLah adalah program Pemerintah berbasis digital atau platform yang bertujuan untuk mempermudah satuan pendidikan untuk melaksanakan PBJ. Oleh karena itu, para pelaku usaha akan menjual produk jualannya secara online.

Dengan berjualan online, maka pembeli yaitu satuan pendidikan akan lebih mudah menemukan produk jualan kamu. Transaksi juga akan jauh lebih mudah dan cepat karena menjalankan usahanya secara online.

5. Transaksi lebih aman

Berjualan di SIPLah juga akan dijamin keamanannya karena semua transaksi akan diawasi dan dikelola oleh stakeholder berwenang. Selain itu, segala bentuk transaksi juga akan tersimpan rapi secara elektronik, mulai dari stok barang, negosiasi, pengiriman, proses pembayaran dan lain sebagainya.

Cara daftar SIPLah di marketplace yang sudah bekerjasama

Cara daftar SIPLah untuk penjual

Agar program pengadaan barang dan jasa di sekolah berjalan lancar dan maksimal. Pemerintah menggandeng sejumlah marketplace sebagai mitra SIPLah, seperti Blibli, Blanja, Toko Ladang, Pesona Edu, INTI dan Eureka.

Nah, berikut adalah cara daftar SIPLah di enam marketplace yang sudah bekerjasama:

1. SIPLah Blibli

  • Mengunjungi situs SIPLah Blibli.
  • Klik kolom “Daftar”.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi form pendaftaran mengenai identitas diri dan profil usaha.
  • Kamu juga diharuskan untuk mengunggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan.
  • Jika sudah mengisi form dan mengunggah dokumen, selanjutnya klik kotak kecil sebagai tanda persetujuan dengan Syarat & Ketentuan yang diberlakukan oleh SIPLah Blibli dan klik “Daftar”.
  • Lakukan verifikasi email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

[Baca Juga: Tips Berjualan di SIPLah Blibli Agar Dapat Keuntungan Besar]

Baca:  Dijamin Untung Besar, Begini Cara Jualan di 6 Marketplace SIPLah!

2. SIPLah Blanja

  • Kunjungi situs SIPLah Blanja.
  • Klik kolom “Daftar” yang terdaftar di bagian footer website.
  • Mengisi sejumlah informasi sebagai persyaratan, seperti:
    • Profil usaha, seperti nama toko, jenis usaha, status usaha, NPWP, SIUP, TDP, Alamat dan waktu memproses pesanan.
    • Pihak yang bertanggung jawab seperti nama lengkap, NIK, email, nomor handphone, nomor telepon kantor. Identitas penanggung jawab dibutuhkan saat melakukan pembuatan BAST.
    • Rekening bank seperti nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening dan cabang bank.
    • Mengunggah beberapa dokumen seperti SIUP, TDP dan NPWP.
  • Apabila seluruh data dan dokumen sudah diisi dengan benar dan lengkap, selanjutnya yaitu klik tombol “Daftar”.
  • Toko kamu akan di review terlebih dahulu oleh tim Blanja untuk keperluan approval.

3. SIPLah Toko Ladang

  • Kunjungi situs resmi SIPLah Toko Ladang.
  • Klik kolom “Daftar Toko” yang terdapat pada bagian kanan atas website.
  • Masukkan alamat email yang aktif beserta password.
  • Klik “Daftar Sekarang” jika email dan password sudah benar.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia pada website.
  • Kemudian klik kolom “Simpan”.
  • Klik “Pengaturan Akun” untuk melengkapi informasi toko dan identitas penanggung jawab.
  • Mengunggah sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan seperti KTP, NPWP dan juga SIUP (jika berbadan usaha).
  • Memilih kurir yang sering digunakan untuk mempermudah proses pengiriman barang.
  • Lakukan verifikasi email dan nomor telepon untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  • Pendaftaran toko kamu akan oleh tim dari Toko Ladang.

4. SIPLah Pesona Edu

  • Kunjungi situs resmi SIPLah Pesona Edu.
  • Pilih daftar penjual yang berada pada bagian bawah SIPLah Pesonaedu.
  • Isi data penjual, mulai dari informasi pemilik dan juga toko dengan lengkap dan benar.
  • Masukkan email dan password untuk melakukan proses login.
  • Isi form pendaftaran nomor rekening, mulai dari nama bank, nama pemilik rekening, nomor rekening dan juga cabang bank.
  • Mengunggah beberapa dokumen persyaratan dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Pesona Edu.
  • Melakukan verifikasi email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

5. SIPLah INTI

  • Kunjungi situs SIPLah INTI.
  • Klik kolom “Daftar” yang terdapat bagian kanan atas website.
  • Masukan Nama email dan password untuk melakukan pendaftaran.
  • Kemudian klik tombol “Penjual” dan pilih kategori “Usaha”, masukkan nama toko lalu klik “Daftar”.
  • Isi form pendaftaran mengenai informasi pemilik dan informasi usaha.
  • Lengkapi informasi dengan memasukkan alamat toko yang benar.
  • Mengisi pendaftaran rekening bank.
  • Unggah sejumlah dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, Buku Tabungan, NIB dan SK UMKM.
  • Lakukan verifikasi email dan pendaftaran selesai.

6. SIPLah Eureka

  • Kunjungi situs resmi SIPLah Eureka.
  • Klik kolom “Login Penjual” dan pilih “Daftar”.
  • Mengisi sejumlah informasi mengenai profil toko dan pihak penanggung jawab sebagai syarat pendaftaran.
  • Jika seluruh data dan informasi sudah benar, klik kotak kecil pada bagian bawah sebagai tanda persetujuan kemudian klik tombol “Daftar”.
  • Lakukan verifikasi email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  • Apabila sudah terdaftar, kamu akan masuk ke halaman Dashboard.
  • Selanjutnya klik menu “Profile” untuk melakukan update profile toko kamu dengan mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan.
  • Kamu sudah dapat melakukan transaksi.

Setelah berhasil mendaftar di salah satu mitra SIPLah, penjual juga diharuskan untuk mematuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika diketahui melakukan pelanggaran, maka SIPLah memiliki wewenang untuk menghapus toko dan kamu tidak dapat berjualan di SIPLah.

Berjualan di SIPLah tentu saja memberikan keuntungan besar untuk para penjual. Pasalnya, satuan pendidikan kerap melakukan pesanan barang dalam jumlah besar.

Sayangnya, hal tersebut kerap menjadi hambatan untuk para penjual dan terpaksa menolak pesanan karena barang tidak tersedia yang disebabkan terbatasnya dana untuk menyetok seluruh barang yang dijual.

[Baca Juga: Bantu Penjual SIPLah, Pintek Tawarkan Diskon Pinjaman Modal Usaha!]

Baca:  Mudah dan Lengkap, Begini Cara Daftar di 6 Marketplace Mitra SIPLah!

Oleh karena itu, Pintek hadir untuk memberikan solusi kepada para penjual SIPLah yang tengah menghadapi masalah keuangan. Melalui Pintek, kamu bisa mendapat suntikan dana hingga Rp 2 miliar untuk mengembangkan usaha kamu.

Untuk mendapatkan pinjaman, kamu hanya perlu menjaminkan invoice atau tagihan yang diterima dari customer yang sedang berjalan. Kamu juga akan dikenakan bunga efektif mulai dari 1,5 hingga 2,5 persen tergantung dari credit scoring yang sudah ditentukan oleh tim Pintek.

Keuntungan dari bunga efektif adalah bunga akan dihitung berdasarkan pokok utang yang tersisa. Dengan begitu, besaran cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya akan semakin kecil.

Bagaimana cara mengajukan invoice financing di Pintek? Berikut lima tahapannya:

  • Mengunjungi website Pintek.
  • Mengisi form yang tersedia dengan benar dan lengkap, mulai dari profil diri dan perusahaan.
  • Mengunggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan.
  • Tim Pintek akan melakukan analisis data untuk menentukan status permohonan dan credit scoring.
  • Apabila permohonan disetujui, pencairan dana akan langsung ditransfer ke pihak principal yang sudah didaftarkan.

Bertransaksi di Pintek juga terjamin keamanannya karena Pintek sudah mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Bukan hanya itu saja, Pintek juga sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang akan menjamin data dan informasi peminjam. Dengan begitu, semua data kamu akan terjaga kerahasiaannya.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait invoice financing di Pintek, kamu dapat mengajukannya dengan klik di sini atau menghubungi tim Pintek Aini melalui pesan WhatsApp di nomor (0853-2151-5763).

Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat