cara jualan online laris

Tak bisa dipungkiri persaingan bisnis saat ini terbilang sangat ketat seiring dengan zaman yang kian berkembang. Untuk itu, pentingnya kamu mengetahui cara jualan online laris agar untung maksimal.

Salah satu cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan memilih jenis bisnis yang selalu dibutuhkan banyak orang. Bisnis di bidang pendidikan salah satunya. Kenapa?

Seperti yang diketahui kalau setiap individu membutuhkan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Bayangkan kalau kita tidak sekolah dan tidak bisa baca tulis, tentu kita akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu pendidikan merupakan peluang bisnis menjanjikan yang bisa membuat kamu kaya raya jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Bisnis Menguntungkan dengan Modal Kecil dan Cara Mengembangkannya!

Rahasia sukses menjalankan bisnis

Rahasia sukses menjalankan bisnis

Bisnis memang menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kekayaan kamu. Lihat saja para orang terkaya di dunia maupun di Indonesia yang didominasi oleh pengusaha.

Oleh karena itu, Pintek ingin membagi rahasia sukses menjalankan bisnis yang bisa kamu terapkan untuk meraup keuntungan besar.

1. Jualan online

Jika kamu sudah memilih jenis bisnis yang akan dijalankan, selanjutnya kamu bisa memilih berjualan secara online agar bisnis kamu lebih dikenal banyak orang. Dengan begitu, peluang mendapatkan keuntungan besar juga semakin terbuka lebar.

Bahkan jika dilihat dari para penjual di marketplace, mereka bisa menjual lebih dari 1.000 barang per hari.

Coba kita estimasi keuntungan bersih yang mereka dapatkan jika menjual barang sebanyak 1.000 dengan keuntungan rata-rata per barang Rp 5.000.

Maka, dalam satu hari kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 5.000 x 1.000 barang yakni Rp 5.000.000. Lumayan banget kan?

2. Memilih media jualan online yang tepat

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang memberikan segudang manfaat untuk banyak orang, termasuk para pelaku usaha.

Soalnya dengan jualan online, kamu akan lebih hemat bujet karena tak perlu keluar uang untuk membuka toko, kamu juga tidak harus merogoh kocek dalam untuk promosi dan tentu saja toko kamu akan lebih dikenal banyak orang.

Ditambah lagi, di era yang sudah serba digital seperti saat ini hampir semua orang di dunia lebih memilih untuk belanja online. Selain lebih praktis, mereka juga lebih hemat waktu dan uang.

Oleh karena itu, pentingnya kamu memilih media jualan online yang tepat agar bisnis kamu dapat berjalan maksimal.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau pendidikan merupakan ide bisnis menjanjikan yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Untuk itu, SIPLah menjadi media yang tepat buat berjualan.

Alasan kenapa harus jualan di SIPLah

Alasan kenapa harus jualan di SIPLah

SIPLah adalah program Pemerintah berbasis digital yang ditujukan agar proses pengadaan barang jasa di sekolah.

Untuk itu, Pemerintah menjalin kerjasama dengan sejumlah marketplace di Indonesia seperti Blibli, Blanja, Toko Ladang, INTI, Pesona Edu dan Eureka agar pihak sekolah dapat lebih mudah dalam melaksanakan PBJ.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemdikbud, diketahui sudah lebih dari 400 ribu satuan pendidikan yang bergabung di SIPLah.

Itulah mengapa bergabung menjadi penjual SIPLah menjadi pilihan terbaik karena kamu akan mendapatkan pasar yang lebih luas dan jelas yaitu satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cara Berjualan dan Berbelanja di Aplikasi SIPLah Kemendikbud!

Cara jualan online laris di SIPLah

Strategi bisnis di SIPLah agar untung maksimal

Persaingan bisnis yang ketat memang mengharuskan para penjual untuk lebih ekstra kerja keras dan menerapkan strategi bisnis yang tepat.

Oleh karena kamu harus aktif menjalin hubungan baik dengan sekolah-sekolah sekaligus melakukan penawaran dan mempromosikan toko online kamu di marketplace SIPLah.

Misalnya saja, kamu bisa memberikan promo menarik kepada sekolah apabila membeli keperluan belajar mengajar di toko online milikmu, seperti diskon hingga 20 persen maupun gratis ongkos kirim.

Selain cara di atas, kamu bisa melakukan strategi bisnis berikut agar keuntungan berjualan di SIPLah dapat lebih maksimal. Yaitu:

1. Memilih nama toko yang sederhana

Pemilihan nama toko juga harus diperhatikan saat ingin merintis usaha. Penggunaan nama toko yang rumit akan membuat pembeli kesulitan menemukan toko kamu.

Oleh karena itu, pilihlah nama toko yang sederhana dan menarik agar lebih mudah diingat oleh pembeli yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dengan dua kata.

2. Menjual produk dengan kualitas terbaik

Salah satu syarat untuk menjadi penjual SIPLah dari Pemerintah yaitu penjual diharuskan untuk menjual barang asli, bukan kw maupun palsu. Oleh karena itu, pastikan kalau seluruh produk jualan kamu terjamin keasliannya.

Selain itu, dengan menjual produk berkualitas terbaik, maka akan membuka peluang besar toko kamu mendapat penilaian positif dari pembeli dan kesempatan mendapat pelanggan tetap tentu akan lebih terbuka lebar.

3. Melayani pembeli dengan cepat dan ramah

Melayani pelanggan dengan cepat dan ramah bisa dibilang menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis, baik bisnis online maupun offline.

Kepuasan pelanggan bisa kamu dapatkan dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Pasalnya, tak sedikit pembeli yang membatalkan pesanan jika pelayanan dari penjual tidak menyenangkan.

4. Foto produk dengan kualitas terbaik dan deskripsikan secara lengkap

Karena berjualan online, maka seluruh promosi akan menggunakan visual. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunggah foto produk jualan dengan kualitas terbaik yaitu tidak blur dan mendapat pencahayaan yang baik.

Foto produk berkualitas tinggi akan membuat pembeli lebih tertarik dengan produk yang kamu tawarkan di marketplace SIPLah.

Selain itu, kamu juga harus memberikan nama produk dan deskripsi produk secara lengkap agar dapat lebih mudah ditemukan oleh pembeli.

5. Memenuhi seluruh permintaan pembeli

Agar bisnis kamu di SIPLah dapat berjalan dalam waktu lama dan tidak berhenti di tengah jalan, pastikan kalau kamu dapat memenuhi seluruh permintaan dari pembeli.

Jangan sampai kamu menolak pesanan karena stok barang kosong karena jika demikian maka pembeli akan kecewa dan memutuskan untuk beralih ke penjual lain. Apabila kondisi tersebut terus berlangsung, kamu bisa kehilangan pelanggan dan bisa mengalami kebangkrutan.

Baca Juga: 4 Jenis Pinjaman Modal Usaha Terpercaya untuk Pelaku UKM!

Oleh karena itu, kamu memerlukan dana ekstra agar pesanan pelanggan dapat terpenuhi. Salah satu cara untuk mendapatkan dana tambahan yakni dengan mengajukan pendanaan PO atau invoice financing di Pintek.

Dengan hanya menjaminkan tagihan dari pihak customer yang sedang berjalan, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana hingga Rp 2 miliar dengan penawaran bunga efektif mulai dari 1,5 hingga 2,5 persen berdasarkan credit scoring.

Kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau bisa juga dengan mengirim pesan WhatsApp di nomor (0853-2151-5763).