Jangan terlalu memilih pekerjaan

Mencari pekerjaan saat ini bukan hal yang mudah, tetapi kalau kamu tahu caranya juga bukan hal yang sulit mengingat akses informasi saat ini begitu mudah dijangkau.

Pinters jangan khawatir, meskipun status masih sebagai mahasiswa, peluang untuk mendapat pekerjaan tetap ada asalkan kamu tahu bagaimana strategi cara melamar pekerjaan agar lebih mudah diterima.

Persaingan dalam dunia kerja saat ini sangat tinggi, tetapi kalau kamu memiliki keahlian dan kompetensi yang dibutuhkan saat ini, percayalah kamu akan tetap bisa berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan?

1. Lamar Pekerjaan Sesuai dengan Kemampuan

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan, pastikan memang Pinters memiliki kualifikasi seperti yang diminta, kompetensi untuk posisi yang ditawarkan pun memang kamu miliki.

Walaupun kamu masih berstatus mahasiswa, kalau kamu merasa punya kompetensi di bidang tersebut, tak ada salahnya lamaran tetap kamu ajukan. Bisa saja perusahaan lebih memilih pekerja freelance.

2. Bekali Diri dengan Skill Kekinian

Tahukah kamu Pinters apa skill kekinian yang perlu kamu asah dan kuasai? Ya, salah satunya penguasaan teknologi dan dunia digital marketing. Kemampuan seperti desain grafis, edit foto dan video, menulis, media sosial, digital marketing, ngeblog dan sebagainya merupakan skill yang dibutuhkan saat ini.

Saat kamu memiliki skill tambahan di atas, percayalah semua itu akan jadi nilai plus buat kamu. Mungkin saja status kamu pekerja freelance karena kerja sambil kuliah, tapi kalau kamu memiliki skill tersebut maka perusahaan bisa mempertimbangkan kamu untuk diterima. Apalagi dari segi gaji tentu bisa lebih nego jika kamu bekerja freelance.

3. Mencari Pekerjaan di Bidang Kekinian

Seperti dijelaskan di atas, bidang-bidang kekinian yang banyak ditawarkan sebagai lowongan kerja terbaru freelance yang banyak dibutuhkan adalah tenaga muda kreatif yang bisa menjalankan teknologi.

Ada banyak lowongan kerja bergaji mahal sebagai content creator, admin sosial media freelance, blogger, penulis, desainer freelance dan sebagainya.

Lowongan pekerjaan terbaru yang banyak ditawarkan saat ini misalnya sebagai content creator. Mulai dari artis hingga perusahaan banyak mencari kalangan muda yang memiliki keahlian ini.

Lowongan lain adalah admin sosmed, copywriter, content writer dan sebagainya. Cobalah membekali diri dengan skill ini agar pekerjaan lebih mudah datang.

4. CV Lengkap dan Menarik

Bagaimana cara membuat CV pekerjaan yang bagus? Sajikan secara lengkap, detail, jujur dan penyajian teknis yang menarik. Pengalaman mungkin akan jadi poin plus, tetapi bagi pencari kerja freelance pun tetap mungkin lolos di sini jika punya keahlian. Cantumkan portofolio, bukti sertifikat jika dibutuhkan.

Jangan mencantumkan hal-hal tidak penting yang tidak ada hubungannya dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan, kecuali jika hal tersebut merupakan soft skill yang kamu miliki, cantumkan untuk menambah nilai plus yang dimiliki.

5. Membangun Branding dari Sosial Media

Tahukah kamu Pinters bahwa saat ini perusahaan dalam mempertimbangkan nama karyawan yang akan diterima dilakukan dengan cara mengecek langsung sosial media yang kamu miliki. Cara lain dengan memasukkan nama kamu di mesin pencari untuk melihat jejak digital, siap kamu dan apakah memiliki image yang baik atau tidak.

Jika kamu sosok yang terkenal tentu akan jadi poin plus bagi perusahaan menerima kamu sebagai karyawan. Sebaiknya jika citra kamu di dunia maya negatif, maka bersiaplah orang akan langsung menolakmu sebagai karyawan mereka.

6. Melamar Kerja Atas Rekomendasi

Melamar pekerjaan atas rekomendasi tokoh, orang terkenal, atau pejabat bukan berarti menjadi cara bagi kamu masuk kerja karena orang dalam.

Rekomendasi ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa kamu memang memiliki potensi dan kompetensi yang layak untuk dipertimbangkan perusahaan terkait.

Kalau kamu memang merasa punya kompetensi, jangan ragu meminta rekomendasi orang terkenal untuk masuk kerja di tempat yang kamu inginkan.

Baca Juga : Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan yang Tepat & Contohnya

7. Kemampuan Berbahasa Asing yang Baik

Soft skill lain yang perlu kamu kuasai jika ingin mudah diterima pekerjaan meskipun status kamu masih kuliah adalah memiliki kemampuan bahasa asing. Tentu saja hal ini berlaku untuk tempat kerja yang membutuhkan skill tersebut.

Kalau kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, maka akan lebih banyak peluang kamu diterima kerja.
Walaupun hanya berstatus magang, Pinters akan tetap dianggap memiliki potensi yang bagus. Kemungkinan peluang-peluang yang lain akan datang menghampiri. Apalagi jika bahasa asing yang dikuasai bukan hanya bahasa Inggris.

Bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, Belanda, Arab, Turki mungkin saja bisa kamu kuasai untuk menambah peluang penghasilan tak terduga.

Solusi Keuangan Bekerja Sambil Kuliah

cara melamar pekerjaan lewat email

Bagi Pinters yang memilih bekerja sambil kuliah biasanya tentu soal pertimbangan dana kuliah. Biaya pendidikan yang mahal mengharuskan kamu mencari pemasukan untuk biaya hidup.

Oleh karena itu, kamu butuh lembaga pinjaman dana pendidikan seperti Pintek. Kami adalah lembaga yang berkomitmen mendukung kualitas pendidikan generasi muda Indonesia agar lebih berdaya saing hingga ke level internasional.

Pintek menyediakan dana pendidikan dengan mekanisme pengajuan pinjaman yang lebih mudah, cepat dan cicilan yang lebih terjangkau.

Kuliah di kampus mana saja, jurusan apa saja, baik di dalam maupun luar negeri tak jadi masalah karena jumlah pinjaman yang ditawarkan Pintek cukup besar. Jenjang S1 hingga S3 sangat mungkin kamu selesaikan dengan bantuan Pintek.

Jika Pinters tetap ingin bekerja, pelajari bagaimana cara melamar pekerjaan agar lebih cepat dan mudah diterima sesuai dengan kondisi yang sesuai dengan kuliahmu.