cara membuat soal di google form

Gimana sih cara membuat soal di Google Form? Mungkin banyak orang yang masih kebingungan khususnya untuk para pengajar yang ingin memberikan latihan untuk mengevaluasi muridnya.

Dalam pendidikan modern, belajar dan mengerjakan ujian di rumah tentunya bisa dilakukan secara online. Jika sedang belajar, seorang guru dapat mengajak siswanya untuk melakukan live streaming atau video call. Sedangkan untuk mengerjakan soal, guru harus membuat soal secara online.

Untuk membuat soal online, banyak provider yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk yang gratisan, Google sudah menyediakan fitur yang disebut Google Form kepada penggunanya. Selain untuk mengisi formulir dan lainnya, Google Forms juga bisa digunakan untuk membuat kuis atau pertanyaan online.

Baca Juga : Dana BOS: Pengertian, Besaran Dana hingga Skema Pencairannya!

Formulir soal online Google juga dapat memberikan hasil skor setelah peserta menjawab soal yang telah dibuat. Dan hasil skor yang didapat peserta dapat dipantau oleh guru. Dengan memanfaatkan teknologi, pengajar dan dosen dapat membuat pertanyaan di Google Form. Dengan membuat soal di Google Form, semua siswa dapat mengaksesnya melalui gadgetnya.

Mengingat pada saat pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara online, karena keadaan ini tidak memungkinkan untuk ujian bersama di sekolah atau ujian offline dengan mendampingi siswa langsung di rumah masing-masing. Untuk membuat soal online di Google form berikut adalah panduannya. Hal ini dikarenakan perbandingan antara siswa dengan guru dan pegawai lain di sekolah sangat jauh berbeda.

Ada lebih banyak peserta tes daripada pengawas ujian. Sehingga di era teknologi ini berusaha membuat kondisi yang lebih kondusif dengan mengadakan ujian online di rumah masing-masing (peserta tes) salah satunya dengan menggunakan aplikasi google. Formulir Google dapat digunakan untuk membuat soal-soal ujian pada jam-jam tertentu.

Sehingga walaupun siswa melakukan ujian di rumah, kemungkinan untuk bisa menyontek sangat kecil walaupun tanpa pembimbing ujian secara langsung. lalu bagaimana langkah-langkah membuat pertanyaan di Google Form. Berikut beberapa cara untuk membuat pertanyaan di Google Formulir.

Bagaimana Cara Membuat Soal di Google Form?

1. Cara membuat pertanyaan di Google Formulir

Buka Google Formulir, klik ikon Plus. Klik Pengaturan di kanan atas. Klik kuis, lalu jadikan kuis. klik Umum lalu kumpulkan alamat email, untuk mengumpulkan alamat email. Lalu simpan.

2. Bagaimana Membuat Kunci Jawaban

Di Google Form sendiri kita juga bisa membuat kunci jawaban untuk setiap jenis pertanyaan jawaban singkat, pilihan ganda, kotak centang, dropdown, ubin pilihan, ubin kotak centang dan masih banyak lagi. Berikut langkah-langkahnya: Untuk menambahkan pertanyaan, setelah itu klik Tambahkan pertanyaan. Lalu Isi pertanyaan dan jawaban Anda. Kemudian Di kiri bawah pertanyaan, klik Kunci jawaban.

Pilih jawaban atau jawaban yang benar. Di kanan atas pertanyaan, pilih berapa poin pertanyaan tersebut bernilai Opsional untuk menambahkan penjelasan tertulis atau video YouTube ke jawaban, klik. Tambahkan masukan jawaban. klik Edit pertanyaan untuk mengedit opsi pertanyaan atau jawaban. Catatan: Anda dapat memberikan poin dan menambahkan umpan balik untuk semua jenis pertanyaan.

3. Bagaimana Memilih Tampilan Selama Dan Setelah Kuis

Anda dapat memilih apakah orang dapat melihat pertanyaan yang belum terjawab, jawaban yang benar dan skor dari pertanyaan tersebut. Begini caranya: Di Google Formulir, buka kuis. Di kanan atas, klik Pengaturan. lalu Klik kuis. Kemudian Pada bagian “Responden dapat melihat”, centang kotaknya

4. Cara Menggunakan Mode Terkunci Untuk Kuis

Selama ujian, kunci utamanya adalah fokus. Sehingga siswa tetap fokus mengerjakan soal pada saat ujian. Jika siswa kedapatan keluar dari kuis atau membuka tab lain, pengajar akan mendapatkan notifikasi melalui email. aktifkan mode terkunci maka beberapa ekstensi dan pintasan keyboard dinonaktifkan. Perlu diingat juga bahwa mode terkunci akan mengumpulkan alamat email siswa dan membatasi kuis hanya untuk domain Anda.

Baca Juga : Sekolah Tatap Muka: Pemerintah Luncurkan Gerakan Guru Cerdas, Apa itu?

Akun G Suite untuk Pendidikan, Chromebook yang dikelola oleh sekolah Anda untuk setiap siswa diperlukan untuk memanfaatkan mode terkunci. Dan Anda juga dapat menggunakan Chrome OS 75 atau versi yang lebih baru. Berikut cara mengaktifkan mode terkunci: Buka kuisnya. Lalu di bagian atas, kemudian klik bagian pengaturan lalu Kuis. Centang kotak di sampingnya yang bertulis “Aktifkan mode terkunci“.

5. Beri Batasan Waktu Untuk Setiap Pertanyaan

Pengaturan ini juga akan memberi siswa suasana seperti kelas dan memaksa siswa untuk fokus pada pertanyaan. Di halaman Google Formulir, klik ikon Kolom, lalu klik Add-on. Cari Form Limiter, install. Klik izinkan untuk menampilkan skrip ke akun Google Anda. Setelah itu akan muncul proses pengaturan dimana Anda dapat memasukkan batas waktu dan tanggal pertanyaan dikerjakan. Klik Simpan dan Aktifkan. Jika soal sudah mencapai waktu yang ditentukan maka soal akan ditutup dengan sendirinya

6. Memberi Dan Berbagi Nilai Melalui Google Formulir

Di Google Formulir, buka kuis. Di bagian atas, klik Tanggapan. Klik Individual. Untuk berpindah antar individu, klik Sebelumnya Sebelumnya atau Berikutnya. Temukan pertanyaan yang ingin Anda beri peringkat, yaitu: Di kanan atas, masukkan jumlah poin yang dihasilkan respons. Di bagian bawah jawabannya, klik Tambahkan masukan. Tulis tanggapan yang ingin dimasukkan, kemudian klik Simpan. Untuk menyimpan perubahan, di bagian bawah, selanjutnya klik Simpan.

Sedangkan untuk membagikan hasil melalui Google Form bisa dengan cara sebagai berikut: Di Google Formulir, buka kuis. Di bagian atas, klik Tanggapan, lalu Individu. Di kanan atas tanggapan dengan alamat email yang tercatat, klik Rilis skor. Centang kotak sesuai dengan orang yang ingin anda kirim email. Klik Kirim email

7. Cara Menghubungkan Formulir Google Dengan Google Sheets Untuk Melihat Tanggapan

Tanggapan secara default dapat dilihat langsung di tab di sebelah kanan formulir itu sendiri. Namun Anda bisa menggunakan Google Sheets sebagai tempat mengumpulkan respon dengan cara yang lebih detail. Informasi dari Google Sheets itu sendiri juga dapat dibuka sebagai file di Microsoft Excel atau sebagai file PDF.

Buka tab Respons. Klik tombol hijau Google Sheets di sana. Anda dapat membuat Google Sheets baru atau menggunakan file Google Sheets yang Anda buat sebelumnya. Klik Buat. Jika Anda membuat yang baru, tab baru akan muncul yang menampilkan halaman Google Sheets. Di sini muncul kolom yang dihasilkan secara otomatis dari pertanyaan yang Anda buat.

Bagaimana Cara Berbagi Link Google Forms?

Setelah formulir Google Formulir dibuat, Anda dapat membagikan tautannya sehingga siapa pun dapat mengisi formulir tersebut. Klik tombol Send. Kita dapat mencentang kotak Shorten URL untuk membuat URL lebih pendek. Setelah itu kita tinggal membagikan url sesuai dengan tujuan masing-masing. Baik melalui media sosial, grup whatsapp, website dan lain sebagainya.

Selain tautan, Anda juga dapat mengirimkan tautan ke email langsung di sini, atau menyematkan formulir agar dapat langsung diisi di situs web Anda. Itu cara mudah dan lengkap membuat soal di google form. Layanan ini memudahkan guru dan siswa untuk mengerjakan soal ujian secara online. Bisa juga digunakan polis selama belajar di rumah dalam kondisi saat ini.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat