cara mendapatkan passive income

Passive income sering dijadikan sebagai tujuan keuangan dalam hidup. Umumnya, Anda tidak membutuhkan modal yang sedikit untuk mendapatkannya. Dengan begitu, Anda perlu memahami cara mendapatkan passive income dengan mudah.

Jika memiliki passive income yang menjanjikan, maka Anda harus mempersiapkannya dengan matang. Saat persiapannya sudah baik, maka income-nya akan mengalir dengan lancar.

Saat ini, sudah banyak cara mendapat passive income yang bisa dilakukan. Anda juga tidak perlu menyiapkan modal yang banyak untuk memulainya. Anda juga tidak harus bergantung lagi dengan penghasilan utama.

1. Berjualan Online

Saat ini, bisnis online sedang mengalami perkembangan yang pesat. Anda pun bisa menjual berbagai produk dan jasa melalui internet.

Anda juga bisa menjadi seorang reseller atau menjual barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Cara mendapatkan passive income dari internet ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan. Anda menawarkan produknya secara langsung ke situs belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, OLX, dan lainnya.

2. Membuat Blog

Membuat blog sendiri menjadi salah satu cara mendapatkan pasif income modal kecil. Sebab, Anda hanya perlu membeli domain dan membayar hosting.

Setelah itu, Anda tinggal mengisi blog dengan berbagai konten menarik yang bisa dibaca dan dibagikan kepada banyak orang.

Supaya tidak terlalu berat, Anda bisa memulai membuat konten yang sesuai dengan minat dan keahlian.

Misalnya, Anda menyukai traveling, maka bisa menjadi seorang travel blogger untuk berbagi pengalaman perjalanan kepada pembaca.

Pastikan Anda telah menulis konten dengan topik yang populer, kemudian sebarkan ke media sosial agar banyak pembaca yang berkunjung ke blog.

3. Menjadi Dropshipper

Dropshipper hanya bertugas untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli tanpa harus menyediakan barangnya.

Jika barang tersebut laku terjual, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pihak penjual.

Hal ini merupakan salah satu cara mendapat pasif income tanpa harus bekerja ekstra. Semakin banyak Anda mendapatkan pembeli, maka komisinya akan semakin banyak.

4. Investasi Properti

Jika Anda memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya berinvestasi di bidang properti. Jika Anda membeli aset properti di lokasi yang strategis, maka keuntungannya akan lebih besar.

Namun, tidak semua properti menawarkan return yang tinggi. Anda bisa menganalisa potensi dan peluangnya terlebih dahulu.

Misalnya, melakukan riset lokasi kota, daerah, apartemen, perumahan, dan perkantoran dengan mobilitas yang tinggi.

Selain itu, Anda bisa menyewakannya di masa mendatang dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Untuk melakukan investasi ini, Anda harus memiliki mental dan kalkulasi yang matang, kemudian dananya pun harus tersedia.

5. Menjual Foto di Website

Jika Anda memiliki hobi fotografi, maka peluang ini cukup menjanjikan. Anda bisa menjadikan koleksi foto sebagai sumber passive income.

Saat ini, sudah banyak situs fotografi yang bisa dijadikan sebagai platform untuk menjual foto, seperti iStockphoto dan Shutterstock.

Mendapat passive income akan segera terwujud saat Anda menjual foto hasil jepretan sendiri.

Selain itu, hasil foto Anda memiliki peluang untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi, karena nantinya bisa dijual berkali-kali.

Caranya, Anda hanya perlu membuat portofolio di berbagai platform, sehingga penjualan foto benar-benar berjalan mulus.

Banyak fotografer profesional yang mengunggah foto-fotonya ke platform untuk memperoleh pendapatan.

6. Membuat Ebook

Anda juga bisa membuat e-book atau buku elektronik agar mendapatkan uang tanpa perlu bekerja ekstra. Anda dapat menciptakan e-book dengan jenis fiksi atau ilmiah.

Jika menjualnya, maka Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan setiap harinya dari penjualan buku tersebut.

7. Buat Video di YouTube

Cara mendapatkan penghasilan pasif income berikutnya adalah membuat video di YouTube. Anda bisa memilih konten yang disukai, seperti tutorial makeup, traveling, games, review film, dan lainnya.

Pastikan juga Anda membuat konten yang disukai agar konsisten ke depannya. Jika sudah mendapatkan banyak viewers dan subscribers, maka Anda bisa menyertakan Google AdSense.

Tidak hanya menarik, Anda pun harus membuat konten video yang informatif. Dengan begitu, viewers Anda mendapatkan informasi dan pengetahuan terbaru.

Selain itu, gunakan media sosial untuk mempromosikan video YouTube Anda supaya viewers-nya semakin bertambah.

Anda memang harus bekerja keras, namun passive income akan segera menghampiri.

Manfaat dari Passive Income

aplikasi keuangan

Setelah mengetahui cara memperoleh passive income di atas, tentunya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah manfaat dari passive income:

1. Kebebasan Waktu

Passive income menawarkan kebebasan waktu untuk Anda. Hal itu dikarenakan Anda tidak membutuhkan usaha dan alokasi waktu.

Dengan begitu, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan meski tidak bekerja di kantor.

Selain itu, Anda juga memiliki lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga dan menjalani kehidupan.

2. Memiliki Passion

Seperti yang diketahui, ada banyak orang di luar sana yang bekerja tidak sesuai dengan passion-nya. Sebab, mereka membutuhkan uang untuk bertahan hidup.

Jika selama ini Anda bekerja mengesampingkan passion, maka bisa mengandalkan passive income untuk mengejar impian.

3. Jaminan di Masa Mendatang

Benefit yang ditawarkan oleh passive income bisa menjadi jaminan Anda di masa mendatang. Jika memiliki passive income, maka masa depan Anda akan lebih terjamin.

Jika Parent Pinters membutuhkan biaya pendidikan, maka Pintek hadir untuk memberikan dana bantuan pinjaman dana pendidikan.

Pintek tentunya akan membantu Parent Pinters untuk menyempurnakan masa depan sang anak, terutama dalam hal pendidikan.

Selain itu, Pintek juga menghadirkan penyediaan dana untuk pengadaan buku hingga pengembangan fasilitas pendidikan.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana bantuan pendidikan, maka dapat mengunjungi situs resmi Pintek.
Sebelum terlambat, Anda bisa mencari tahu cara mendapatkan passive income dengan mudah. Sebab, passive income dapat menjadi cara untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat dan terarah. Sudah banyak ide dan peluang passive income yang bisa Anda coba.