cara mengajukan pinjaman

Sebagai karyawan yang berkuliah, Pinters harus pandai mengelola keuangan. Selain membayar kuliah, kebutuhan rumah tangga juga masih harus dipenuhi. Jika kamu mengalami masalah dana, ulasan tentang cara mengajukan pinjaman ke Pintek berikut ini bisa kamu simak.

Pintek Students Reguler, Cocok untuk Membiayai Kuliah

biaya kuliah kelas karyawan

Pada dasarnya Pintek memiliki 3 produk, yaitu Pintek Students Instant, Pintek Students Pro, dan Pintek Students Regular.

Pintek Students Regular adalah skema pinjaman yang paling cocok untuk kamu gunakan. 

  • Limit Pinjaman Lebih Besar

Kelas karyawan harganya lebih mahal daripada kelas umum. Jika ingin memanfaatkan pinjaman pendidikan, ada baiknya memilih produk pinjaman yang bisa memberikan limit kredit besar.

Pintek Students Regular bisa memberi limit pinjaman hingga 300 juta. Minimal peminjamannya adalah 3 juta. 

Dengan angka tersebut, kamu bahkan bisa memanfaatkannya untuk membantu membayar biaya kuliah S2.

  • Cicilan Ringan

Tenor atau jangka waktu pinjaman untuk Pintek Students Regular bisa kamu pilih antara 0-24 bulan. 

Lama tenor pinjaman biasanya akan mempengaruhi besaran bunga. 

Bunga yang dibebankan tidak terlalu besar, yaitu 0-2%. 

Jika profilmu sebagai peminjam cukup baik dan tenor pinjaman yang kamu pilih tidak terlalu lama, bunga yang dibebankan bisa dibawah 2%.

Jenis bunga pinjamannya flat. Jadi beban bunga setiap bulannya sama.

Biaya admin juga tidak memberatkan. Hanya 99 ribu atau 3,99% dari pinjaman, tergantung mana yang lebih tinggi. Pembayaran biaya admin pada cicilan pertama.

Cicilan harus dibayarkan setiap bulan, kurang lebih sama seperti pinjaman online pada umumnya. Jatuh tempo pembayaran menyesuaikan waktu kamu melakukan konfirmasi pembayaran cicilan pertama.

Kamu akan mendapat denda 0,5% per hari jika terlambat membayar. Tapi pihak Pintek memberi masa tenggang 3 hari. Jadi denda akan ditanggungkan pada hari ke-4 keterlambatan pembayaran. 

  • Syarat Mudah

Untuk mengajukan pinjaman uang kuliah ke Pintek, syaratnya cukup mudah. Dokumen yang diperlukan juga tidak ribet.

  • Peminjam berusia minimal 21 tahun, WNI dan memiliki KTP. Domisilinya harus di Indonesia.
  • Peminjam harus memiliki penghasilan minimal 3 juta per bulan. Jika gaji sebagai karyawan belum mencukupi, bisa diakumulasikan dari usaha sampingan. Bisa juga menggunakan skema join income dengan menggabungkan penghasilan suami dan istri.
  • Menyertakan dokumen pribadi berupa: KTP, foto selfie memegang KTP,  KK, bukti penghasilan (bisa menggunakan slip gaji atau mutasi rekening 3 bulan) dan NPWP jika kamu mengajukan pinjaman 30 juta ke atas.
  • Menyertakan dokumen dari institusi yaitu: Bukti penerimaan sebagai mahasiswa, KTM, bukti tagihan, panduan pembayaran kuliah.

Setelah semua persyaratan kamu penuhi, kamu tinggal mengajukan pinjaman melalui website. 

Baca Juga : Penyedia Pinjaman Pendidikan Terbaik bagi Karyawan yang Kuliah

Langkah-langkah Mengajukan Pinjaman Pintek Students Regular

Pinjam uang untuk bayar kuliah di Pintek cukup sederhana proses nya. Ilustrasinya bisa kamu lihat dalam gambar berikut ini

Supaya lebih jelas, berikut ini akan dibedah tiap-tiap proses.

1. Menyiapkan Data & Melakukan Pengajuan 

Supaya proses pendaftaran lebih efektif, kamu bisa menyiapkan seluruh data atau dokumen yang dipersyaratkan terlebih dahulu. 

Setelah itu, kamu perlu Sign Up di website Pintek untuk menjadi user.

Di halaman Dashboard, pilih opsi “Pinjaman untuk Pelajar”. Setelah kami klik “Ajukan Sekarang”, kamu akan diminta memasukan nama institusi tempatmu mendaftar. 

Institusi yang masuk daftar adalah institusi yang sudah bermitra dengan Pintek. 

Jika kamu masuk ke institusi yang ada dalam daftar tersebut, kamu akan diminta mengisi form pengajuan pinjaman. Kamu akan diminta mengisi detail pinjaman seperti: Lokasi institusi, periode pinjaman, tanggal pembayaran, tanggal mulai belajar, nama program/tagihan, pembayaran awal ke institusi, dan harga program.

Nominal pinjaman yang kamu ajukan harus sesuai dengan tagihan yang ingin kamu bayarkan, apakah itu uang pangkal, biaya semesteran, pembayaran sks, uang praktek, dll.

Setelah mengisi form tersebut, klik tombol “Dapatkan Penawaran”. Kamu akan mendapat detail skema pinjaman, yang menunjukan berapa cicilan per bulannya. 

Jika kamu cocok dengan detail tersebut, kamu bisa klik “Ajukan Dana Pinjaman”.

Jika institusi yang kamu tuju tidak terdaftar, kamu bisa skip dulu proses ini. Segera hubungi tim Pintek di contact person yang tertera di website. Kamu akan dibantu oleh Pintek Partner untuk proses pengajuan pinjamannya.

2. Verifikasi

Setelah kamu mengajukan pinjaman, kamu akan langsung dihubungi oleh tim Pintek untuk verifikasi data yang kamu input. Tim Pintek akan memastikan apakah seluruh data yang kamu masukan sudah benar atau ada data yang ingin direvisi.

Sebelum mendapat pinjaman dana, ada proses credit scoring yang harus dilewati. Profilmu sebagai peminjam akan dinilai, apakah kamu layak menerima pinjaman Pintek atau tidak.

Bunga yang dibebankan biasanya ditentukan dari hasil credit scoring.

3. Pembayaran Pertama

Pihak Pintek menyarankan pada peminjamnya, untuk membayar beberapa persen kepada institusi. Hal ini untuk meringankan peminjam supaya tidak terbeban dengan kredit yang terlalu besar.

Jumlah pembayaran pertama yang direkomendasikan mulai dari 20% dari tagihan. 

Jadi setelah pembayaran pertama kamu bayarkan, seluruh sisa tagihan akan dipenuhi oleh uang pinjaman dari Pintek.

4. Penyaluran Dana

Setelah pengajuan pinjaman di approve dan pembayaran pertama sudah dilakukan, tagihanmu akan dilunasi oleh Pintek.

Pintek hanya khusus melayani pinjaman pendidikan jadi sebisa mungkin dana yang disalurkan oleh Pintek benar-benar tepat sasaran untuk kebutuhan pendidikan.

Pihak Pintek akan menyalurkan dana langsung ke rekening institusi. Rekening harus atas nama institusi, tidak bisa atas nama perorangan seperti kepala sekolah.

Pencairan dana untuk Pintek Students Regular kurang lebih 1-3 hari kerja. Tergantung profilmu sebagai peminjam dan institusi pendidikan tempatmu mendaftar.

Karena butuh beberapa hari untuk pencairan dana, ada baiknya kamu mengajukan pinjaman jauh-jauh hari. Setidaknya 14 hari sebelum jatuh tempo.

Dengan demikian, prosesnya tidak terlalu mepet dan kamu bisa sedikit lebih tenang. 

5. Mulai Belajar

Seluruh tagihan sudah dilunasi menggunakan pinjaman Pintek. Kamu sudah bisa kuliah dengan nyaman.

Jika kamu sudah memutuskan untuk kerja sambil kuliah, sebaiknya kamu melakukannya dengan penuh komitmen dan tanggung jawab. Jangan sampai perkuliahanmu sia-sia dan berhenti di tengah jalan.

Sayang waktunya, sayang juga uangnya.

Ketika sudah mulai kuliah, lakukan dengan sungguh-sungguh. Jika kamu berhasil menyelesaikannya, kamu bisa mendapatkan peningkatan karir.

6. Pembayaran Cicilan

Meski kamu sudah bebas tagihan dari kampus, kamu masih memiliki tanggungan untuk membayar cicilan ke Pintek. 

Cicilan bisa dilakukan setiap bulan. Kamu bisa membayar cicilan melalui ATM atau teller bank. Pintek sebentar lagi juga akan membuka layanan pembayaran cicilan melalui Indomaret dan Alfamart.

Kamu tidak bisa membayar cicilan dengan kartu kredit.

Itu dia cara mengajukan pinjaman Pintek Students Regular untuk membiayai kuliahmu. Kredit untuk pendidikan tidak ada salahnya karena itu merupakan kredit produktif. Setelah kamu selesai menempuh pendidikan, value-mu akan naik dan kamu bisa mengejar karir yang lebih tinggi.