Apa itu credit scoring?

Lembaga pendidikan saat ini mengalami tantangan yang berat dalam penyelenggaraan pendidikan. Pintek hadir menyediakan pinjaman khusus lembaga pendidikan dan para pelaku usaha di sektor pendidikan untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Lalu, bagaimana cara menghitung bunga pinjaman di Pintek?

Pertanyaan tersebut memang banyak dilontarkan oleh para pemangku kepentingan yang ingin mengajukan pendanaan di Pintek. Tapi tak perlu khawatir karena Pintek menyediakan pinjaman dengan bunga ringan, pengajuan mudah dan pencairan dana cepat.

Tak dapat dipungkiri kalau tantangan penyelenggaraan pendidikan berkaitan dengan revolusi industri 4.0 yang memaksa pihak sekolah untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman seperti menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran dan setiap pengajar harus memahami betul kebutuhan industri zaman ini.

Untuk mewujudkannya, lembaga pendidikan tentu harus menyediakan dana yang besar guna meningkatkan infrastruktur penunjang pendidikan 4.0 seperti komputer yang mendukung, proyektor di setiap kelas hingga laptop untuk setiap pengajar.

Baca Juga: Kenalan dengan Pintek, Fintech Legal Berizin OJK yang Berikan Solusi Pendanaan di Indonesia!

Hal serupa juga dialami oleh UKM pendidikan yang kesulitan mengembangkan bisnisnya karena terbentur masalah dana sehingga tidak dapat memenuhi seluruh pesanan dari pihak sekolah.

Itulah yang menjadi alasan, Pintek hadir untuk memberikan financial support kepada lembaga pendidikan dan juga para UKM pendidikan.

Mengenal Pintek dan produk pinjamannya

Mengenal Pintek dan produk pinjamannya

Pintek adalah perusahaan yang bergerak di bidang financial technology (fintech) yang menyediakan akses keuangan kepada siswa/orangtua murid, lembaga pendidikan dan perusahaan supplier pendidikan.

Sejak 2018, Pintek memiliki misi dalam mendorong transformasi pendidikan melalui layanan keuangan dan terus berkomitmen untuk menjadi salah satu roda penggerak pendidikan di Indonesia.

Pintek terus melakukan inovasi dan berkembang pesat dari tahun ke tahun. Diketahui bahwa sejak berdiri hingga saat ini, Pintek sudah mengeluarkan pinjaman lebih dari Rp 180 miliar dengan jumlah peminjam yaitu 2989 orang.

Kamu juga tak perlu khawatir mengenai status legalitas Pintek karena Pintek sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu, setiap layanan dan operasional yang dijalankan, tentu akan sesuai dengan prosedur AFPI dan regulasi OJK.

Pintek siap memberikan support dana dalam jumlah cukup besar kepada lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan sarana dan prasarana hingga UKM pendidikan yang ingin mengembangkan skala bisnisnya. Jadi, pengajuan pinjaman untuk pengadaan infrastruktur, pengembangan bisnis, hingga pembangunan gedung baru bisa dibantu oleh Pintek.

Proses pengajuan pinjaman Pintek Institutions juga sangat mudah. Pertama-tama, kamu dapat menghubungi tim Pintek di TanyaPintek untuk UKM pendidikan dan DiskusiPintek untuk lembaga pendidikan guna melakukan diskusi terkait pendanaan yang kamu butuhkan.

Baca Juga: Mengenal Pintek Institutions, Solusi Pendanaan Lembaga Pendidikan dan UKM!

Selanjutnya Tim Pintek akan memberikan penawaran pinjaman. Jika penawaran cocok, pihak institusi pendidikan selaku peminjam harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Jika semua dokumen sudah dipenuhi, akan langsung menuju proses agreement dan dana pinjaman akan segera dicairkan.

Produk Pintek Institutions terbagi lagi dalam dua jenis produk, yaitu:

1. Pinjaman Modal Kerja

Pinjaman Modal Kerja

Produk pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk modal usaha atau modal kerja dalam rangka pemenuhan atau penyelenggaraan layanan pendidikan. Jadi meskipun jumlah kas tidak mencukupi, penyelenggaraan pendidikan bisa tetap berjalan. Lembaga pendidikan bisa mendapatkan dana di awal dengan pinjaman ini dan bisa menggunakan dana tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan.

Tenornya sendiri bisa mengikuti jadwal pendapatan dari lembaga pendidikan, misalnya jadwal pembayaran uang pangkal dan SPP dari para siswa. Untuk tenor atau jangka waktu cicilan yang diberlakukan hingga 24 bulan. Pintek juga akan memberikan grace period maksimal 3 bulan.

Dana pinjaman yang didapatkan bisa dimanfaatkan oleh pihak lembaga pendidikan sebagai modal kerja seperti untuk pembiayaan operasional, mencukupi stok inventaris, maupun untuk modal melakukan pengembangan usaha.

Pengembangan usaha bisa berupa proyek pembangunan misalnya pembangunan lab, pengadaan kelas baru, perbaikan gedung, pembangunan cabang sekolah baru, dan lainnya. Selain itu, pembangunan juga bisa dilimpahkan ke kontraktor dan pihak lembaga pendidikan dapat mengajukan pinjaman ke Pintek untuk menanggung biaya pembangunan.

Melalui Pinjaman Modal Kerja, Pintek bisa mencairkan dana 10-20% dari piutang lembaga pendidikan. Misalnya dari uang pangkal dan SPP, sekolah bisa menerima pendapatan 5 M, pihak Pintek bisa memberi pinjaman maksimal 1 M. Dengan beban bunga pinjaman adalah 0,9 – 2% flat tiap bulan.

2. PO/Invoice Financing

PO/Invoice Financing

PO Financing mengacu pada penunjukan kerja lembaga untuk mengerjakan suatu proyek pendidikan. Pinjaman ini bisa membantu melancarkan suatu proyek saat demand nya sudah ada, namun dananya belum dimiliki.

Sedangkan Invoice financing mengacu pada tagihan yang dikeluarkan oleh lembaga terhadap suatu proyek pendidikan. Jenis pinjaman ini bisa melancarkan arus kas, sehingga kegiatan usaha tidak berhenti karena invoice yang belum terbayarkan. Pinjaman yang bisa dikeluarkan mencapai 80% dari nilai invoice.

Para pelaku usaha di bidang pendidikan bisa mendapatkan kucuran dana mulai dari Rp 50 juta sampai miliaran rupiah. Pengajuan pinjaman dengan skema ini jauh lebih cepat dengan tenor mengikuti jatuh tempo PO/Invoice tapi maksimal hanya 6 bulan. Skema ini memberlakukan bunga efektif dengan besaran 1,5% sampai 2,5%.

Pendanaan ini bisa digunakan untuk pengadaan barang seperti pengadaan jaringan internet, pengadaan perangkat komputer, pengadaan laptop, pengadaan sistem informasi sekolah, dan lain sebagainya.

UKM pendidikan yang berjualan di SIPLah, LKPP, LPSE maupun e-Katalog juga bisa mengajukan Pendanaan PO/Invoice SIPLah.

Cara menghitung bunga pinjaman di Pintek

Cara menghitung bunga pinjaman di Pintek

Pintek memberlakukan dua jenis bunga pinjaman yaitu bunga flat dan bunga efektif. Di bawah ini akan ditunjukan simulasi penghitungan bunga flat dan bunga efektif. Pada website Pintek juga terdapat kalkulator untuk menghitung simulasi pinjaman.

1. Bunga Flat

Bunga flat maksudnya adalah bunga pinjaman tetap dari awal cicilan hingga akhir tenor. Pintek menerapkan bunga flat untuk skema Pinjaman Modal Kerja.

Penghitungannya cukup sederhana. Berikut ini cara menghitung bunga flat:

  • Jumlah pinjaman : 1 M
  • Bunga per bulan : 1,1 %
  • Tenor : 10 bulan
  • Biaya Platform : 4% = 40.000.000
  • Biaya admin : Rp. 500.000
  • Biaya notaris : Rp. 2.250.000
  • Pencairan dana : Jumlah Pinjaman – Biaya Admin – Biaya Notaris = Rp. 957.250.000
  • Cicilan pokok : Jumlah Pinjaman / Tenor = Rp. 100.000.000
  • Bunga per bulan : Jumlah Pinjaman X Bunga per bulan = Rp. 11.000.000
  • Angsuran setiap bulan : Cicilan Pokok + Bunga per bulan = Rp. `111.000.000

2. Bunga Efektif

Bunga efektif akan semakin kecil setiap bulannya. Hal ini karena bunga setiap bulan dihitung dari sisa saldo pinjaman tiap bulan. Berikut ini adalah cara menghitung bunga efektif pada Pintek.

  • Jumlah pinjaman : 1 M
  • Bunga per bulan : 0.9 %
  • Tenor : 12 bulan
  • Biaya Platform : 4% = 40.000.000
  • Biaya admin : Rp. 500.000
  • Biaya notaris : Rp. 2.250.000
  • Pencairan dana : Jumlah Pinjaman – Biaya Admin – Biaya Notaris = Rp. 957.250.000
  • Cicilan pokok per bulan : Jumlah Pinjaman / Tenor = Rp. 83.333.333
  • Cicilan bunga bulan 1 : Jumlah Pinjaman X Bunga per bulan = Rp. 9.000.000
  • Cicilan Total bulan 1 : Cicilan Pokok + Cicilan bunga bulan 1 = Rp. 92.333.333
  • Sisa angsuran : Jumlah Pinjaman – Cicilan Pokok = Rp. 916.666.667
  • Cicilan bunga bulan 2` : Sisa angsuran X Bunga per bulan = Rp. 8.250.000
  • Cicilan total bulan 2 : Sisa angsuran + cicilan bunga bulan 2 = Rp. 91.583.333

Dan seterusnya untuk bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: Perbedaan Suku Bunga Flat dan Efektif Serta Simulasi Perhitungannya!

Sebagai catatan, besarnya bunga pinjaman dan pencairan pinjaman menyesuaikan hasil penilaian kredit. Semakin baik hasil penilaian kredit dari lembaga pendidikan, maka bunga yang dibebankan akan semakin kecil. Lembaga pendidikan yang lebih beresiko akan dibebankan bunga lebih besar.

Itu dia simulasi mengenai perhitungan pinjaman di Pintek sekaligus cara menghitung bunga pinjaman. Untuk mendapat simulasi yang lebih detail, kamu bisa menghubungi tim Pintek di 021-50884607 atau mengunjungi website resmi Pintek.