cara menjadi pengusaha sukses

Setiap pebisnis tentu ingin mengetahui bagaimana cara menjadi pengusaha sukses. Soalnya tak bisa dipungkiri kalau tujuan dari berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Memiliki bisnis yang berkembang pesat dengan keuntungan berlimpah tentu menjadi impian semua pelaku usaha. Namun perlu diketahui kalau keberhasilan sebuah usaha tergantung dari pelanggan.

Pasalnya, manajemen hubungan pelanggan yang baik dapat mengantarkan usaha yang kamu jalani menuju kesuksesan. Jadi sebesar apapun bisnis tapi jika tidak memiliki pelanggan tetap, maka usaha tidak akan berjalan dengan maksimal.

Baca Juga: Tips Bagi UKM Pendidikan Agar Konsumen Repeat Order!

Tips mengambil hati pelanggan

Tips mengambil hati pelanggan

Namanya bisnis tentu tak selalu berjalan mulus, ada saja tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis. Meski begitu, kamu tetap harus semangat dan pantang menyerah sehingga dapat melewati segala tantangan yang ada.

Oleh karena itu, Pintek ingin berbagi tips menjalankan bisnis agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. Yaitu:

1. Komitmen

Apabila bisnis ingin berjalan lancar maka hal utama yang harus dilakukan oleh seluruh penjual yaitu komitmen terkait banyak hal.

Misalnya, kamu menjanjikan barang A akan dikirimkan pada hari Selasa, maka pastikan kalau semua pesanan harus dikirimkan pada tanggal dan hari yang sudah dijanjikan.

2. Jujur

Jujur juga menjadi faktor penting dalam berbisnis. Tujuannya tak lain yaitu untuk menjaga kepercayaan dan pembeli. Jika penjual jujur, maka secara otomatis pembeli akan selalu repeat order.

Salah satu contohnya yaitu kamu harus menjual barang yang sesuai dengan kualitas produk jualan yang baik. Jangan sampai menjual produk berbeda yang bisa membuat pembeli pindah ke toko lain.

3. Fokus dan konsisten

Kamu juga harus fokus dan konsisten dalam menjalankan bisnis agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Jangan tergiur dengan usaha lain di luar bidang kamu. Pasalnya hal tersebut cepat atau lambat bisa menjadi boomerang buat usaha kamu sendiri.

Misalnya, ada pengadaan mobil sedangkan kamu tidak mengerti seluk beluk mengenai mobil dan ada pembeli yang komplain karena ada sparepart yang rusak, karena kamu tidak paham maka kamu tidak akan bisa memberikan solusi kepada pelanggan.

Saat kamu tidak bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli, maka siap-siap pelanggan akan beralih ke toko lain. Hal itu tentu akan berdampak buruk pada bisnismu. Oleh karena itu, jadilah profesor di bidangnya masing-masing.

4. Memberikan pelayanan dengan ramah dan cepat

Melayani pelanggan dengan cepat dan ramah juga menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis. Pasalnya, tak sedikit pembeli yang membatalkan pesanan jika pelayanan dari penjual tidak menyenangkan.

Jika kamu mendapat nilai baik dari pembeli, maka secara otomatis mereka akan kembali melakukan pesanan. Dengan begitu, kamu akan mendapat peluang besar untuk menghasilkan banyak keuntungan.

5. Memenuhi seluruh permintaan pembeli

Kepercayaan dan kepuasan pembeli merupakan salah satu faktor yang harus kamu bentuk dan jaga untuk keberlangsungan bisnis kamu, salah satunya yaitu dengan memenuhi seluruh permintaan pembeli

Jangan sampai kamu membatalkan pesanan lantaran ada perubahan harga atau menolak karena stok barang kosong. Jika hal tersebut terus berlangsung, maka sudah pasti pembeli akan mencari toko lain.

Oleh karena itu, jangan membuat kecewa pembeli jika tidak ingin bisnis kamu berhenti di tengah jalan karena tidak ada transaksi.

Baca Juga: Cerita Inspiratif UKM Pendidikan Sukses Raup Omzet Hingga Rp 8 Miliar!

Cara menjadi pengusaha sukses

Cara menjadi pengusaha sukses

Jika kamu sudah mengetahui tips mengambil hati pelanggan, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa cara berikut untuk bisa menjadi pengusaha sukses.

1. Harus aktif

Dalam menjalankan bisnis para penjual harus aktif mencari konsumen dan jangan hanya menunggu ada pembeli. Ibaratnya harus aktif menjemput bola.

Caranya yaitu dengan mengunjungi sekolah-sekolah, menanyakan hal-hal yang dibutuhkan oleh sekolah, mempromosikan toko dan melakukan penawaran.

2. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak

Selain itu, kamu juga harus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik dengan guru, kepala sekolah hingga dinas pendidikan.

Kamu juga diharuskan untuk aktif mencari informasi di dinas pendidikan untuk mengetahui berita terkini di dunia pendidikan.

Misalnya ada sekolah A yang akan melakukan pengembangan sarana dan prasarana sekolah. Dari info tersebut, kamu dapat mengunjungi sekolah dan melakukan penawaran.

3. Kreatif

Jika bisnis ingin berjalan lancar, kamu juga harus kreatif menjual segala produk yang dibutuhkan oleh pihak sekolah dan tidak terpaku pada satu jenis produk saja.

Contohnya saat sedang pandemi dan tidak ada sekolah tatap muka, kamu bisa menjual produk lain yang dibutuhkan oleh sekolah seperti laptop, tablet maupun alat kesehatan. Jadi jangan hanya fokus menjual buku dan alat tulis saja.

Itulah pentingnya menjalin hubungan baik dengan pihak sekolah agar kamu dapat mengetahui kebutuhan sekolah.

4. Memberikan pemahaman terkait penggunaan dana BOS

Agar pihak sekolah mau mengeluarkan dana untuk kegiatan pembelajaran, kamu juga dapat memberikan pemahaman terkait dana BOS.

Pasalnya, setiap sekolah yang mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah diwajibkan untuk membuat laporan yang dikirimkan ke situs resmi Kemdikbud.

Oleh karena itu, dana BOS yang sudah diterima oleh sekolah harus dibelanjakan agar penyaluran dana BOS di tahap selanjutnya dapat berjalan lancar.

5. Membantu pihak sekolah

Kamu juga dapat membantu pihak sekolah dalam mengirimkan laporan dana BOS yang memang dilakukan secara online. Pasalnya, tak sedikit sekolah yang masih kesulitan dalam mengirimkan laporan.

Selain itu, kamu juga bisa membantu sekolah dalam melakukan transaksi di SIPLah mulai dari cara daftar, login hingga membeli barang.

Dengan begitu, peluang toko kamu akan dipilih oleh sekolah untuk pengadaan barang jasa (PBJ) tentu akan semakin terbuka lebar.

Meski begitu, pelaku usaha kerap harus menghadapi masalah yang membuat bisnisnya tidak berjalan lancar, salah satunya adalah tidak memiliki dana yang cukup untuk dapat memenuhi seluruh permintaan konsumen.

Pasalnya UKM harus memiliki modal terlebih dahulu untuk membeli dan mempersiapkan semua pesanan dari sekolah. Jika tidak ada modal, maka bisnis tidak dapat berjalan dan hasilnya adalah nihil.

Oleh karena itu pentingnya para pelaku usaha memiliki dana yang memadai untuk kelangsungan bisnis yang kamu jalankan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan dana untuk mengembangkan bisnis?

Para pelaku usaha dapat mengajukan pendanaan di perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Pintek.

Sesuai dengan misinya mendorong transformasi pendidikan di Indonesia, Pintek memberikan solusi kepada para vendor pendidikan untuk mengembangkan skala bisnisnya melalui layanan keuangan.

Melalui produk Pendanaan PO/Invoice, UKM pendidikan bisa mendapatkan pembiayaan hingga miliaran rupiah dengan hanya menjaminkan invoice dari customer yang sedang berjalan.

Bunga yang dibebankan juga sangat kompetitif yaitu bunga efektif mulai dari 1,5 hingga 2,5% dengan tenor mencapai enam bulan atau mengikuti tanggal jatuh tempo invoice.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek. Kamu juga dapat menghubungi Pintek di nomor 021-50884607.