bisnis digital

Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah salah satunya dengan melakoni bisnis online. Lalu bagaimana cara menjalankan bisnis digital?

Bisnis online dinilai sangat menguntungkan karena kini segala aktivitas dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan smartphone dan internet, mulai dari memesan makanan hingga membeli kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya situs jual beli yang bermunculan di Indonesia, sehingga para pelaku usaha dapat memasarkan jualannya hanya dengan membuka toko online di marketplace.

Dengan begitu, para penjual tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membuka toko secara offline. Selain itu, keuntungan jualan online yaitu pelaku usaha dapat memperluas jangkauan pasarnya bahkan hingga luar negeri.

Baca Juga: Ide Bisnis 2021 ini Akan Kasih Kamu Jutaan Rupiah Setiap Hari!

Terbukti dengan banyaknya pebisnis yang sukses meraup banyak keuntungan dengan melakoni bisnis online. Bahkan, kini para selebriti juga berbondong-bondong untuk terjun berjualan online.

Alasan bisnis digital sangat menguntungkan

Alasan bisnis digital sangat menguntungkan

Buat kamu yang ingin mengembangkan usaha, kamu bisa mulai meranah ke bisnis online karena prospeknya yang sangat menjanjikan. Berikut lima alasan bisnis online sangat menguntungkan:

1. Tren belanja online semakin meningkat

Teknologi yang kian canggih memang memberikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya yaitu dapat memenuhi segala kebutuhan dengan berbelanja melalui online.

Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya situs jual beli yang menawarkan berbagai produk atau layanan untuk masyarakat, mulai dari menyediakan aneka produk fashion, buah-buahan, barang bekas dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga tak perlu repot keluar rumah untuk membeli barang yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu berselancar di internet dan seluruh barang pesananmu akan diantar sampai ke rumah. Hal itulah yang membuat tren belanja online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

2. Praktis dan tidak membutuhkan modal besar

Bisnis online juga dapat dijalani dengan sangat praktis dan tidak membutuhkan modal besar. Kamu tidak membutuhkan membeli berbagai peralatan untuk membuka toko karena semua transaksi dilakukan tanpa harus tatap muka.

Bahkan tawar menawar harga juga dapat dilakukan secara online. Pelanggan hanya perlu melakukan pembayaran dan kamu tinggal mengirim produk pesanan sesuai dengan alamat yang sudah ditulis.

Dengan begitu, modal yang kamu keluarkan juga tidak besar tapi bukan berarti kamu tidak mengeluarkan modal sama sekali. Kamu perlu mengeluarkan uang untuk melakukan foto produk serta internet dan gadget untuk dapat menjalankan bisnis online.

3. Pelanggan dapat lebih mudah menemukan produk yang dicari

Salah satu keuntungan berjualan online yaitu produk dagangan kamu akan lebih mudah ditemukan oleh masyarakat. Mereka hanya perlu melakukan pencarian di internet dan dengan cepatnya mereka akan menemukan produk yang dicari.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk membuka toko online di berbagai platform marketplace yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kesempatan toko kamu ditemukan oleh banyak orang akan lebih terbuka lebar.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook agar toko online kamu semakin terpercaya.

4. Tidak ada batasan akses dan lokasi

Internet memang memiliki kecanggihan yang sangat luar biasa, salah satunya yaitu dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Bahkan masyarakat yang tinggal di pelosok negeri sudah dapat mengakses internet dengan lancar.

Dengan berjualan melalui online, maka siapapun dapat mengetahui produk yang kamu jual sehingga peluang banyak orang menemukan toko kamu akan sangat terbuka lebar tanpa batas.

Kondisi tersebut tentu sangat berbeda jika kamu membuka toko offline, dimana produk jualan kamu hanya dapat dijangkau oleh orang-orang tertentu saja dan tidak seluas dengan jangkauan pelanggan di dunia maya.

5. Promosi dapat dilakukan dengan mudah

Bisnis online juga tidak membutuhkan uang besar untuk melakukan promosi. Kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak banner hingga membayar jasa tertentu untuk memasarkan produk jualanmu.

Kamu cukup membuat banner promosi secara digital dan share di berbagai media sosial yang ada. Selain itu, kini platform marketplace juga kerap mengadakan promo flash sale yang akan menampilkan produk jualan para merchant. Maka, peluang toko kamu dapat dijangkau banyak orang akan semakin terbuka lebar.

Bisnis online di bidang pendidikan adalah pilihan yang tepat

Bisnis online di bidang pendidikan adalah pilihan yang tepat

Meski menjadi peluang usaha yang menjanjikan, tapi dalam menjalankan bisnis online tidak bisa dilakukan tanpa persiapan yang matang. Balik lagi, karena kamu harus mengeluarkan uang untuk memulai bisnis.

Nah, salah satu jenis bisnis online yang dapat memberikan keuntungan besar yaitu bisnis di bidang pendidikan. Kenapa?

Soalnya pendidikan selalu menjadi kebutuhan setiap orang mulai dari anak-anak hingga orangtua untuk menambah ilmu dan pengetahuannya. Itulah kenapa bisnis pendidikan menjadi pilihan yang tepat untuk meraup banyak pundi-pundi rupiah.

Selain itu, Pemerintah juga terus berinovasi mengeluarkan berbagai program untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Sistem Informasi Pengadaan Sekolah atau SIPLah.

Baca Juga: Strategi Bisnis dari Vendor Pendidikan Agar Toko Laris Manis Setiap Hari!

Melalui SIPLah, Pemerintah berharap satuan pendidikan dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan belajar mengajar dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa (PBJ) yang dananya berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Oleh Satuan Pendidikan menyebutkan bahwa seluruh sekolah yang mendapatkan dana BOS diharuskan untuk melakukan PBJ melalui SIPLah di marketplace yang sudah menjadi mitra.

Dengan begitu, peluang mengembangkan bisnis akan terbuka lebar untuk para pelaku usaha yang menjalankan bisnis online di bidang pendidikan. Akan tetapi, mereka seringkali harus dihadapkan dengan masalah dana yang membuatnya bisnisnya sulit berkembang.

Pasalnya, pihak satuan pendidikan kerap melakukan pesanan barang atau jasa dalam jumlah besar. Jika tidak memiliki dana yang cukup, maka permintaan sekolah tentu tidak dapat terpenuhi dengan maksimal.

Tapi kini kamu tak perlu khawatir lagi karena Pintek hadir untuk memberikan solusi kepada para pelaku usaha yang mengalami kesulitan dana yakni dengan mengajukan pinjaman Pendanaan PO SIPLah.

Untuk mendapatkan pinjaman dari Pintek, para penjual SIPLah hanya perlu menjaminkan invoice atau tagihan dari distributor. Plafon pinjaman yang kamu dapatkan bahkan bisa mencapai Rp 2 miliar dengan waktu pencairan lima hari kerja.

Selain itu, bunga yang ditawarkan juga sangat kompetitif yaitu mulai dari 1,5 persen hingga 2,5 persen berdasarkan dari credit scoring yang sudah ditentukan oleh tim Pintek dari hasil analisis data yang dilampirkan oleh peminjam.

Cara pengajuannya juga sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs Pintek, mengisi informasi dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Kemudian tim Pintek akan melakukan analisis data untuk menentukan credit scoring dan status permohonan. Apabila pengajuan disetujui, maka dana akan langsung ditransfer ke rekening principal yang sudah didaftarkan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait program tersebut, kamu dapat berdiskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek atau mengunjungi situs Pintek. Selain itu, kamu juga bisa langsung menghubungi tim Pintek di nomor (0853-2151-5763).