Contoh proposal pengajuan dana

Proposal salah satu dokumen penting yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan dan dunia kerja. Surat proposal juga biasa disebut dengan dokumen yang berisikan rencana sistematis, teliti dan matang. Namun tidak semua orang memiliki keahlian membuat proposal. Contoh proposal pengajuan dana salah satu dokumen yang banyak diajukan oleh peneliti pendidikan, pengusaha menengah ke atas, hingga diajukan oleh mahasiswa.

Para peneliti dan ilmuwan Indonesia sangat gemar melaksanakan kegiatan positif terlebih untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik. Maka dari itulah alasan kenapa proposal dibuat yang tidak lain adalah untuk meminta izin serta meminta bantuan dana untuk kelancaran kegiatan tersebut. Namun sebelum membuat proposal pengajuan dana kegiatan, Kita harus memahami pengertian proposal yang sebenarnya agar bisa menggunakannya dengan cermat dan bijaksana.

Pengertian Proposal Pengajuan Dana

Tidak sedikit masyarakat atau praktisi dari kalangan pendidikan yang masih kebingungan mengenai pengertian proposal pengajuan dana. Artikel ini sengaja Kita buat agar para pembaca lebih faham pengertian dan contoh proposal pengajuan dana yang betul dan lulus diterima. Selain itu, surat proposal untuk mengajukan dana juga dapat dibuat dengan profesional kemudian dikirimkan dengan tujuan meyakinkan orang atau calon sponsor sehingga dana yang diajukan lebih cepat cair.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Segmentasi Pasar dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Isi dari surat proposal khusus untuk pengajuan dana juga harus ditulis dengan dengan realistis, terperinci, jelas dan pembahasan yang tidak bertele-tele. Dalam hal ini, isi dan penulisan proposal contoh pengajuan dana memang harus memperhatikan tiga hal berikut ini, yaitu :

Bersifat Informatif

Pengajuan dana proposal berisikan informasi dengan jelas mengenai keperluan pengajuan dana yang diajukan. Ajukan dana sesuai dengan tema atau judul proposal. Judul proposal dengan isi juga harus relevan jika ingin dana proposal cepat cair dan segera Kita gunakan untuk kepentingan pendidikan atau sosial lainnya. Buat dan keseriusan dan berikan sugesti kepada sponsor atau calon donatur jika contoh proposal pengajuan dana yang Kita buat dengan sebenar-benarnya sebagaimana mestinya.

Bersifat Profesional

Isi dari surat proposal pengajuan dana juga harus bersifat profesional. Penulisan proposal diharapkan tidak memaksa apalagi mengiba kepada sponsor. Hal ini bisa jadi akan mengurangi keyakinan calon sponsor untuk mengizinkan mencairkan dana yang sedang Kita ajukan. Perlu diperhatikan jangan sampai membuat proposal dengan melibatkan emosi dan perasaan. Maka dari itu bersikaplah profesional.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Bersifat Transparansi

Contoh proposal pengajuan dana juga bisa Kita buat dengan jelas dan transparansi. Jelas artinya isi proposal tidak berisikan hal yang bertele-tele. Sebutkan maksud dan tujuan proposal sehingga donator dengan cepat memahami pengajuan Kita. Transparansi juga wajib Kita terapkan, mengenai berapa total dana yang dibutuhkan serta biaya pengeluaran pada kegiatan pendidikan sekolah.

Unsur Proposal Pengajuan Dana

Proposal pengajuan dana dibuat tidak lain adalah dengan tujuan dan maksud tertentu. Proposal dalam pengajuan dana juga memiliki unsur unsur penting didalamnya.  Unsur-unsur proposal tentu memiliki tujuan yang sangat penting dalam kehidupan sosial. Inilah tujuan Unsur-unsur saat pada contoh pengajuan dana proposal antara lain adalah :

Sebagai Penelitian Lebih Lanjut

Contoh proposal pengajuan dana dibuat berfungsi untuk meneliti mengenai masalah di bidang keagamaan, politik, pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, hingga masalah lainnya yang perlu dikaji lebih dalam.

Untuk Kegiatan Usaha

Proposal pengajuan dana didominasi para pengusaha kecil, pengusaha menengah keatas. Pengajuan dana digunakan untuk mengembangkan dan memajukan usaha. Dengan begitu para pengusaha ini juga turut berkontribusi untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sebagai Pengajuan Kredit

Contoh proposal pengajuan dana juga bisa Kita temui saat mengajukan dana kredit pada suatu lembaga pemerintah / swasta dan pengajuan kredit pada perbankan. Pada umumnya proposal pengajuan kredit sudah disediakan pada lembaga tersebut, Kita sebagai pemohon tinggal mengisi dan Kita tangan diatas materai. Maka pengajuan kredit baru disebut sah.

Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Pengadaan Kegiatan Seminar / Pelatihan Umum

Pengadaan kegiatan yang dibuat untuk keperluan umum termasuk kedalam kegiatan sosial. Tidak sedikit aktivis yang membuat surat pengajuan dana proposal kepada sponsor untuk membiayai dana pelatihan atau seminar umum. Unsur-unsur proposal dalam kehidupan sosial digunakan untuk bahan informasi mengenai rancangan kegiatan acara pada suatu tempat tertentu. Selain itu juga bertujuan untuk bahan evaluasi untuk kegiatan yang dilakukan dimasa mendatang.

Baca Juga : Pasar Persaingan Sempurna dan Kelebihannya, Pengusaha Wajib Tahu!

Namun Kita juga wajib mengetahui apa saja isi daripada unsur-unsur proposal.  Unsur-unsur proposal pengajuan dana antara lain adalah berisikan :

  1. Pendahuluan
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan
  4. Sasaran Kegiatan
  5. Teknis Pelaksanaan Kegiatan
  6. Jadwal Kegiatan
  7. Dana / Anggaran
  8. Penutup

Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Sekolah

Agar para pembaca lebih paham lagi mengenai contoh proposal pengajuan dana untuk sekolah yang berkaitan dengan pendidikan. maka berikut ini Kita berikan contoh cara membuatnya. Jangan lupa penulisan proposal harus berisikan ajakan atau kalimat persuasif yang tujuannya adalah mengajak atau menyakinkan calon sponsor tertarik dengan pengajuan Kita.

Pendahuluan

Pendahuluan pada pengajuan dana berisikan latar belakang masalah. Apa yang mendasari Kita untuk mengajukan proposal. Latar belakang ini juga bisa menunjukkan betapa penting permasalahan yang harus Kita selesaikan, terutama masalah pendidikan sekolah Kita.

Rumusan masalah

Rumusan masalah ini terdapat pada unsur proposal pengajuan setelah pendahuluan yang berisikan latar belakang masalah. Rumusan masalah berisikan ungkapan atau berisikan dengan kalimat tanya yang akan Kita jabarkan pada bagian isi proposal dana. Seperti contoh kalimat Tanya yang berisikan pentingnya kelas siswa ber ac untuk meningkatkan fokus belajar pada contoh proposal pengajuan dana kita nanti.

Baca Juga : Dijamin Lolos Seleksi HRD, Begini Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Tujuan Proposal

dibuat tentu memiliki maksud dan tujuan yang. Maka dari itu jelaskan tujuan proposal dengan jelas dan detail agar calon sponsor yakin terhadap Kita. Misalnya tujuan memasang ac pada setiap kelas di Sekolah dengan tujuan meningkatkan fokus belajar siswa.

Sasaran Kegiatan

Jika proposal yang Kita buat untuk kegiatan pendidikan, maka sasaran yang tepat menjadi tujuan adalah sekolahan atau siswa.

Teknis Pelaksanaan 

Kegiatan Proposal dibuat untuk meneliti masalah dan menyelesaikan masalah dengan tepat dan logis. Maka teknis pelaksanaan kegiatan pada unsur proposal juga penting Kita jelaskan. Dalam hal ini kapan Kita akan melaksanakan pasang ac untuk 12 ruang kelas di sekolah nanti.

Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan pada contoh proposal pengajuan dana ini bisa berisi waktu, tanggal, dan dimana kegiatan dilaksanakan.

Dana / Anggaran

Rincikan dana yang Kita dan team pengaju proposal butuhkan. Rincikan harga ac dengan merk tertentu, kemudian berapa ruang yang akan dipasang Ac, berapa biaya jasa pasang Ac, dan lain sebagainya.

Penutup

Pada bagian penutup ini, proposal pengajuan dana berisi kesimpulan atau rangkuman yang sudah Kita tulis di dalam proposal. Jangan lupa cantumkan tempat, waktu,dan tanggal pembuatan proposal dan sertakan juga Kita tangan dan nama terang yang bertanggung jawab pengajuan contoh proposal pengajuan dana suatu hari nanti

Sekian artikel proposal pengajuan dana yang bisa para pembaca jadikan inspirasi jika suatu saat ingin melakukan kegiatan dan harus membuat surat proposal pengajuan dana untuk sponsor tertentu. Contoh proposal pengajuan dana Semoga dapat membantu. Klik disini untuk mendapatkan contoh proposal untuk pengajuan dana.