Life

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik Agar Dilirik HRD!

CV lamaran kerja menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh para pelamar sebelum melamar ke perusahaan yang diinginkan. Soalnya CV merupakan langkah awal yang dilihat perusahaan sebelum akhirnya menghubungi kamu untuk melakukan proses wawancara kerja.

CV bisa dibilang menjadi senjata utama job seeker untuk memberikan kesan pertama yang bagus di mata perusahaan. Oleh karena itu, kamu tak boleh sembarangan apalagi asal-asalan dalam membuat CV.

Soalnya, CV lamaran kerja menunjukkan seberapa menarik kepribadianmu, bagaimana dengan kemampuan yang kamu miliki apakah sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara membuat CV lamaran kerja yang menarik agar dilirik oleh HRD?

Kini kamu tak hanya dapat membuat CV secara offline melalui Word tetapi dengan perkembangan teknologi saat ini, kamu juga dapat membuat CV melalui online di berbagai situs yang menyediakan template CV gratis.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan, Jobseeker Wajib Tahu!

Cara membuat CV lamaran kerja

cara membuat cv lamaran kerja online
Source image: website canva.com

Berikut adalah cara membuat CV lamaran kerja melalui Word maupun secara online yang sudah dirangkum oleh Pintek dari berbagai sumber.

Cara membuat CV di Word

Cara membuat CV yang paling mudah dan tentu saja murah yaitu dengan menggunakan Microsoft Word. Agar lebih cepat membuat CV, kamu dapat memanfaatkan template yang sudah disediakan.

Berikut cara membuat CV di Word:

  • Memilih template CV yang telah tersedia dan sesuai dengan keinginanmu. Kamu hanya perlu mengklik menu “File” dan pilih “New”. Setelah itu, akan keluar berbagai template yang tersedia.
  • Jika tidak ada yang sesuai, kamu bisa mengunduh template CV secara online. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu membuka dokumen baru dan cari “Resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”.
  • Setelah memilih template yang diinginkan, kamu bisa mulai mengisi CV secara lengkap dan detail. Perlu diingat bahwa format, tata letak dan presentasi merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik. Oleh karena itu, kamu harus teliti dalam menulis seluruh informasi di dalam CV.

Cara membuat CV lamaran kerja online

Selain melalui Microsoft Word, kamu juga bisa membuat CV online di berbagai situs yang menyediakan template CV menarik, kamu tinggal mengubah isi CV sesuai dengan data diri kamu, salah satunya adalah Canva.

Canva bisa dibilang sebagai situs desain grafis yang sudah digunakan oleh banyak orang. Pasalnya situs tersebut menyediakan berbagai fitur desain grafis online yang sangat mudah digunakan, mulai dari membuat presentasi, poster hingga CV.

Jika kamu memiliki keahlian desain, kamu dapat memulai dengan template kosong dan berkreasi sesuai dengan keinginanmu. Namun jika ingin mudah dan cepat, kamu dapat memilih template yang sudah tersedia.

Berikut adalah cara membuat CV lamaran kerja online di Canva.

  • Kunjungi situs canva.com
  • Membuat akun terlebih dahulu agar desain kamu tersimpan, caranya dengan klik “Sign Up” yang terdapat pada bagian kanan atas website.
  • Klik menu “Templates” dan pilih “Personal” kemudian klik “Resumes”.
  • Akan tersedia berbagai template CV lamaran kerja yang menarik.
  • Terdapat template yang berbayar tapi banyak juga yang gratis.
  • Pilih template yang sesuai dengan keinginanmu.
  • Jika sudah memilih template yang diinginkan, kamu tinggal mengganti seluruh informasi dengan data diri kamu.
  • Kamu juga dapat menambahkan elemen atau desain sesuai keinginan.
  • Apabila sudah selesai mendesain dan mengisi CV lamaran kerja, selanjutnya kamu dapat langsung mendownload CV tersebut dengan klik simbol download yang terdapat pada bagian atas website. Setelah itu pilih format yang diinginkan seperti JPEG, PDF, PNG maupun MP4.
  • CV lamaran kerja akan otomatis tersimpan di laptop kamu.

Tips membuat CV lamaran kerja

Tips membuat CV lamaran kerja

Meski sudah tersedia berbagai media untuk membuat CV lamaran kerja yang menarik tapi kamu tetap harus mengetahui apa-apa saja yang harus dimasukkan ke dalam CV.

Soalnya percuma kalau desain CV kamu menarik tapi isinya tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh HRD. Nah, berikut adalah poin-poin yang umumnya harus ada pada CV, seperti:

  • Profil lengkap hingga kontak
  • Riwayat pendidikan dan kualifikasi
  • Pengalaman kerja atau kegiatan sukarela
  • Keahlian dan karakter (atau kelebihan dan kekurangan).

Selain itu, perlu diketahui kalau dalam membuat CV kamu juga harus mengetahui kriteria seperti apa yang diperlukan oleh perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan CV dengan yang diinginkan perusahaan.

Bukan hanya itu saja, tapi ada beberapa hal pula yang harus kamu perhatikan saat membuat CV. Yaitu:

  • Memeriksa CV secara teliti agar tidak ada kata atau format yang salah dan tidak sesuai.
  • Sesuaikan CV dengan posisi yang diinginkan. Tak menutup kemungkinan, kamu perlu menambahkan, menyusun ulang pencapaian tertentu berdasarkan kebutuhan posisi yang tersedia.
  • Selalu update CV kamu apabila kamu naik jabatan atau ada pencapaian yang diraih.
  • Penting diperhatikan kalau tampilan dan format CV adalah cerminan kompetensi yang kamu miliki. Oleh karena itu, pastikan CV yang kamu kirim memang mewakili sisi terbaikmu.
  • Pastikan semua pernyataan dalam resume faktual dan tepat secara tata bahasa, serta semua kata yang digunakan memiliki ejaan yang baik.

Baca Juga: Cara Membuat Portofolio Kerja Menarik dan Solusi untuk Fresh Graduate!

Bagaimana, sekarang udah tahu dong cara membuat CV lamaran kerja secara offline maupun online. Namun, sebelum memasuki dunia kerja pentingnya kamu menyiapkan bekal agar dapat diterima di perusahaan impian.

Soalnya selain melihat CV, pihak perusahaan juga memperhatikan sejumlah poin penting pada isi CV, terutama adalah keahlian yang dimiliki pelamar.

Oleh karena itu, kamu bisa mengembangkan keahlian yang kamu miliki dengan mengikuti kursus bersertifikat yang nantinya sertifikat tersebut dapat kamu cantumkan di dalam CV.

Tak perlu khawatir soal biaya karena kamu bisa membayar biaya kursus dengan cara dicicil melalui Pintek. Sebagai perusahaan fintech yang sudah berizin dan diawasi OJK, Pintek memiliki misi mendorong pendidikan di Indonesia melalui layanan keuangan.

Dengan mengajukan pendanaan Pintek Regular, kamu bisa mendapat pinjaman untuk biaya pendidikan mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 juta dengan cicilan mencapai 24 bulan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi ke nomor layanan konsumen di 021-50884607.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar Pintek dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.

Artikel Terkait

Back to top button