daftar kartu prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Pendaftaran program Kartu Pra Kerja gelombang ke-5 resmi ditutup pada hari Minggu. Sama seperti edisi sebelumnya, jumlah kuota pendaftaran angkatan ke-5 sebanyak 800 ribu peserta. Nah buat kamu yang tidak sempat mendaftar angkatan ke-5.

Jangan khawatir karena pemerintah akan segera membuka kembali pendaftaran program Kartu Pra Kerja angkatan ke-6. Untuk mendapatkan akses ke Kartu Pra-Kerja, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di situs web Program Kartu Pra-Kerja. Selain itu, pastikan juga Anda berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Cara Daftar Prakerja

Untuk bisa mendapatkan kartu Pre-Work, ada dua tahapan yang harus Anda lalui. Yakni melakukan registrasi Kartu Pra Kerja. Untuk langkah ini, Anda hanya perlu menyiapkan alamat email aktif. Begini caranya:

  1. Buka situs prakerja lalu pilih register dan masukkan alamat email aktif.
  2. Masukkan kata sandi, lalu konfirmasi kata sandi. Pilih Daftar. Situs prakerja.go.id akan mengirimkan email verifikasi langsung.
  3. Buka email aktif Anda, lalu klik link verifikasi email yang sudah terdaftar. Jika Anda tidak mendapatkannya di halaman utama, coba periksa spam, media sosial, dan bagian lainnya.
  4. Buka kembali situs verifikasi, dan pilih menu Metode Verifikasi. masukkan kode verifikasi yang sudah diterima, dan lengkapi. Sekarang Anda telah berhasil memiliki akun Kartu Pra-Kerja

Setelah Anda selesai membuat akun Kartu Pra-Kerja, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan Kartu Pra-Kerja.

Masuk ke halaman prakerja, lalu login menggunakan akun yang sudah didaftarkan tadi. Kemudian klik menu Daftar Kartu Pra-Kerja. Selanjutnya isi formulir pendaftaran menggunakan verifikasi KTP, isi data diri Anda selengkap-lengkapnya termasuk nomor telepon Anda. Siapkan scan KTP asli, lalu upload.

Untuk langkah selanjutnya masukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS, kemudian klik tombol Verify. Isi Pernyataan Pendaftar untuk melengkapi. Anda kemudian akan diminta untuk menyelesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar.

Baca Juga : Apa Itu Kartu Prakerja? Dan Bagaimana Cara Mendaftarnya? Berikut Penjelasannya

Setelah proses ini biasanya Anda harus menunggu sekitar 5 menit. Jika masih belum selesai dalam 5 menit, coba Refresh halaman. Jika berhasil, pilih gelombang program yang diinginkan. Untuk bagian yang satu ini harus disesuaikan dengan domisili. Setelah itu tinggal pilih Gabung.

Terakhir, gelombang konfirmasi pemilihan pelamar akan muncul. Jika semuanya sudah beres, Anda tinggal memilih Gabung lagi. Setelah mengisi formulir pendaftaran dan melaksanakan tes profisiensi dasar, biasanya Anda akan menerima notifikasi melalui akun yang telah didaftarkan sebelumnya.

Jika belum, Anda bisa langsung mengecek status Anda di halaman prakerja, setelah itu melalui akun tersebut Anda bisa klik menu Cek Status Pendaftaran. Biasanya jika berhasil, Anda dapat mengikuti pelatihan dan berhak menerima uang insentif sebagai biaya pelatihan.

Dalam kondisi tertentu, seperti infrastruktur komunikasi yang terbatas, dan alasan lainnya, Anda dapat melakukan registrasi program Kartu Curing Pra Kerja melalui kementerian atau lembaga setempat atau Pemerintah Daerah (PEMDA).

Berikut langkah-langkah dan cara mendaftar kartu pra-kerja:

Dia menjembatani kesenjangan antara Anda dan kesuksesan karier Anda dengan menulis konten.

Isi Artikel:

  1. Pembuatan Akun
  2. Pendaftaran Kartu
  3. Tes, Seleksi, dan Lolos
  4. Insentif Pasca Pelatihan

Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Prakerja?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memegang Kartu Pra Kerja, lho. Dikutip dari Tirto, manfaat tersebut antara lain menerima uang jajan dan pelatihan agar Anda memiliki lebih banyak keterampilan untuk mencari pekerjaan. Jadi, oleh karena itu buatlah Kartu Pra-kerja, ayo berangkat! Dilansir dari situs resminya, berikut cara mendaftar Kartu Pra Kerja:

Pembuatan Akun

Sebelum memulai, langkah pertama untuk mendaftar Kartu Pra-Kerja adalah membuat akun. Akun inilah yang akan Anda isi dengan data pribadi Anda dan mencatatnya. Triknya adalah:

  1. Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi Anda
  2. Klik daftar
  3. Periksa email Anda dan lakukan verifikasi
  4. Selesai

Pendaftaran Kartu

Setelah Anda memiliki akun, langkah selanjutnya tentang cara mendaftar untuk Kartu Pra-Kerja adalah dengan mendaftarkan Anda dalam program kartu itu sendiri. Jangan lupa, Anda hanya dapat mendaftarkan diri Anda di kartu pra-kerja sekali seumur hidup. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Triknya adalah:

  1. Isi nomor KTP
  2. Verifikasi nomor KTP
  3. klik berikutnya
  4. unggah foto KTP dan selfie dengan KTP
  5. verifikasi telepon

Tes, Seleksi, dan Kelulusan

Lakukanlah tes secara online seperti biasanya. Setelah selesai, kamu akan datang untuk mengikuti seleksi batch. Kamu bisa menyesuaikan kelompok dengan domisili atau kebutuhanmu. Kalau ternyata batch tempat pendaftaran penuh, kamu masih bisa menyimpan dirimu di batch lainnya.

Insentif Pasca Pelatihan

Setelah itu, kamu akan mendapatkan insentif pasca pelatihan. Lalu, kamu akan memberikan pelayanan atas pelatihan yang dapat kamu terima. Insentif juga tidak secara langsung 100%, tetapi secara bertahap dan berkala.

Insentif ini akan dapat kamu cairkan e-wallet atau rekening bank yang telah kamu daftarkan melalui situs web Prakerja. Kamu tidak wajib memberi pertanggungjawaban atas insentif yang kamu terima, kamu dapat meminta untuk apa saja.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Daftar Bantuan UMKM dan Cara Mengeceknya, Wajib Tahu!

Namun, insentif ini sebenarnya diberikan untuk mengganti biaya selama pelatihan, mulai dari makan, transportasi, hingga biaya pembelian paket data. Biaya saran untuk digunakan sambil menunggu panggilan pekerjaan.

Setelah membaca cara daftar kartu prakerja, segera daftarkan dirimu di situs resmi Kartu Prakerja, ya! Kalau kamu masih bingung, kamu dapat bertanya dan berdiskusi mengenai cara daftar Kartu Prakerja atau hal lainnya dengan komunitas gabung. Segera daftarkan dirimu.

Bagaimana Cara Menghubungkan Akun Untuk Mendapatkan Insentif Kartu Prakerja?

Peserta program Kartu Pra-Kerja harus tahu cara menghubungkan akun untuk mendapatkan insentif Kartu Pra-Kerja. Sebelum memulai pelatihan, peserta diharuskan memiliki rekening bank atau e-wallet yang terhubung ke rekening Kartu Pra-Kerja masing-masing.

Nantinya, melalui akun ini, peserta akan diberikan sejumlah insentif, baik sebelum maupun sesudah mengikuti pelatihan Program Kartu Pra Kerja. Berikut cara menghubungkan akun untuk mendapatkan insentif Kartu Pra-Kerja.

Cara Menghubungkan Akun

  1. Masuk ke akun Pra-Pekerjaan Anda
  2. Setelah berada di dasbor akun Anda, pilih tombol Hubungkan Sekarang.
  3. Kemudian, pilih akun sesuai dengan preferensi Anda. Opsi rekening yang disediakan adalah BNI, OVO, Link Aja, dan Gopay.
  4. Setelah itu klik Connect.
  5. Anda kemudian akan diminta untuk mengisi informasi tambahan.
  6. Jika Anda memilih rekening bank, Anda akan diminta untuk mengisi data rekening, seperti Nama Pemilik Bank, Nomor Rekening, dan Nama Cabang Bank.
  7. Jika Anda memilih e-wallet, Anda akan diminta untuk memverifikasinya. Untuk melakukan ini, masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel Anda.
  8. Jika prosesnya berhasil, akan muncul pesan Connected Account.
  9. Khusus untuk peserta yang memilih akun e-wallet, cek kembali nomor ponselnya. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa akun e-wallet Anda ditingkatkan atau premium.

Cara Membuat Akun Pra-Kerja

  1. Buka situsnya
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga dan NIK Anda
  3. Masukkan data pribadi seperti nama lengkap, alamat email yang masih aktif, dan kata sandi
  4. Ikuti instruksi di layar untuk memverifikasi akun email Anda
  5. Setelah proses verifikasi berhasil, Anda resmi memiliki akun Kartu Pra-kerja

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

  1. Klik menu Ajukan Kartu Pra-Kerja
  2. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran
  3. Setelah itu, klik menu Next
  4. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan kode OTP dikirim melalui SMS
  5. Setelah menyelesaikan tes, klik ‘Gabung’ di batch 6

Persyaratan dan Ketentuan Peserta Kartu Pra Kerja

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar Kartu Pra Kerja, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal lainnya.

Demikian penjelasan dari saya tentang daftar kartu Prakerja semoga bermanfaat, terima kasih.