Ingin Daftar Kuliah Tahun Ini? Pelajari Ketentuan dan Tipsnya

Sekarang sudah menuju tahun ajaran baru 2020/2021 nih. Apakah Pinters sudah bersiap untuk daftar kuliah? Dalam kondisi new normal ini, kamu tentu harus melakukan penyesuaian.

Dampak COVID-19 memang mempengaruhi banyak sektor, tidak terkecuali sektor pendidikan. Kamu juga pasti sudah merasakan dampaknya. Mulai dari penyesuaian KBM yang dilakukan secara online, UN yang ditiadakan, hingga perpisahan yang tidak bisa kamu rasakan.

Dampaknya tidak berhenti sampai disitu, pendaftaran perguruan tinggi juga mengalami perubahan. Selain perubahan jadwal, pemerintah dan pihak universitas juga harus melakukan penyesuaian prosedur.

Kamu tidak perlu bingung menghadapi masalah ini. Ulasan ini akan memberikan informasi tentang ketentuan baru dan tips mendaftar kuliah untuk Pinters. Silahkan simak ulasan ini sampai tuntas.

Ketentuan Baru Pendaftaran Kuliah

daftar kuliah online

Ada beberapa cara daftar kuliah 2020 yang bisa kamu pilih.

1. UTBK-SBMPTN 2020 untuk PTN

Sebenarnya untuk mendaftar PTN tersedia jalur SNMPTN. Sayangnya seleksi SNMPTN sudah selesai. Jangan khawatir, jika kamu terlewat mendaftar SNMPTN, kamu masih bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2020.

Kamu bisa mulai mendaftar UTBK dan SBMPTN pada 2-20 Juni 2020. Pelaksanaan UTBK pada 5-12 Juli 2020 dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Kamu jangan sampai lupa dengan jadwal-jadwal ini yah!

Untuk mengikuti UTBK, kamu harus membayar pendaftaran sebesar 150 ribu.

Pada UTBK, jenis tes yang akan diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). UTBK masih akan dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan. Kamu harus mempersiapkan diri untuk mengikuti protokol kesehatan demi keamananmu.

Jika mendaftar kuliah melalui jalur SBMPTN, kamu cuma bisa memilih 2 Prodi. Kamu bisa memilih dari satu PTN atau 2 PTN. Pilih prodi dengan bijak ya. Jangan lupa, urutan pemilihan prodi menentukan prioritas.

Kamu bisa melihat update dan ketentuan yang lebih jelas di halaman web resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yaitu https://ltmpt.ac.id/.

2. Seleksi Mandiri PTN

Selain bisa melalui jalur UTBK-SBMPTN, kamu juga bisa masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri. LTMPT memberikan kuota 30% dari tiap-tiap prodi. Jadi, kamu akan bersaing untuk memperebutkan kuota 30% ini.

Sebagai persiapan, kamu bisa mencari tahu jadwal seleksi mandiri kampus yang ingin dituju. Kamu juga harus tau skema Seleksi Mandirinya.

Skema daftar kuliah jalur mandiri biasanya terdiri dari 3 jenis yaitu: Ujian Tulis, PMDK atau seleksi rapor, dan Seleksi mengacu pada nilai UTBK. Setiap kampus menjalankan skema yang berbeda-beda.

Jangan lupa untuk selalu update info seleksi mandiri di website official kampus yang kamu tuju.

3. Seleksi Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Gelombang awal seleksi PTS biasanya jarang diminati. Untuk menarik minat calon mahasiswa, biasanya pada gelombang awal biaya pendaftaran akan dibuat jauh lebih murah. Pada gelombang awal biasanya juga disediakan jalur prestasi dan seleksi rapor.

Jika kamu mendaftar selepas mengikuti UTBK-SBMPTN, biasanya pihak kampus akan memberlakukan seleksi tulis dan tidak lagi membuka jalur prestasi. Biaya pendaftaran juga akan jauh lebih mahal.

Ketentuan masing-masing kampus tentu saja berbeda. Kamu bisa mengecek ketentuannya di website official masing-masing kampus. Jangan lupa untuk melihat timeline gelombang pendaftaran.

Baca Juga : Ini yang Perlu Disiapkan Saat Ikut Tes Masuk Kuliah

Tips Mendaftar Kuliah

tips daftar kuliah

Pinters, ada beberapa tips daftar kuliah buat kamu. Simak baik-baik tipsnya

1. Cari Tau Keilmuan Apa yang Ingin Kamu Pelajari

Kamu tentu sudah sering mendengar istilah salah jurusan bukan? Hal ini sebenarnya bisa dihindari. Sebelum memilih jurusan, kamu bisa riset mencari tahu bidang keilmuan yang benar-benar kamu minati dan kuasai.

Setelah menemukan bidang keilmuannya, cari tahu lagi, bidang keilmuan tersebut dipelajari dalam prodi dan jurusan apa.

Memilih jurusan kuliah ini cukup krusial. Nasib perkuliahanmu kedepan bakal dipertaruhkan. Maka dari itu pastikan kamu memilih dengan penuh pertimbangan.

2. Melakukan Pendaftaran Dengan Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa jalur pendaftaran Perguruan Tinggi. Ada UTBK-SBMPTN, Seleksi Mandiri, dan juga pendaftaran di PTS.

Jangan lupa untuk selalu mengecek website official yang menyediakan informasi seputar pendaftaran. Perhatikan timeline pendaftaran dan seluruh persyaratan. Tidak usah sok rebel, pastikan semua persyaratan kamu lengkapi. Ikuti saja aturan dan prosedur yang ada.

Pada saat melakukan pendaftaran, kamu akan diminta memilih Perguruan Tinggi dan Prodi. Pastikan kamu memilih dengan tepat. Waktu memilih jurusan atau Prodi, kamu perlu memetakan persaingan. Sebagai pertimbangan, kamu bisa memperhatikan ratio minat calon Mahasiswa Baru dan juga kuota yang disediakan Perguruan Tinggi.

Jika kamu tidak yakin bisa lolos seleksi PTN, ada baiknya langsung mendaftar saja di PTS. Pilih PTS yang paling cocok menurutmu. Kemudian masukan pendaftaran pada gelombang awal supaya biaya pendaftaran bisa lebih murah.

3. Lakukan Persiapan Dengan Optimal

Jangan lupa belajar. Dalam masa pandemi semacam ini, kamu akan terbatas untuk mengikuti bimbel. Kamu bisa memanfaatkan kursus online. Jangan sampai Kamu menyesal karena minim persiapan.

Kamu juga harus bersiap dengan new normal. Kemungkinan besar pihak kampus akan banyak melaksanakan perkuliahan online. Kamu harus mempersiapkan perangkat penunjang yang dibutuhkan supaya perkuliahanmu berjalan dengan aman.

4. Sediakan Pendanaan

Pendanaan adalah hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Terlebih saat pendaftaran pertama kali, biasanya akan ada banyak biaya. Kamu bisa berdiskusi dengan orang tua terkait pendanaan.

Jika orang tuamu mengalami sedikit kendala terkait pendanaan, Kami siap membantu. Pintek adalah jawaban kesulitan pendanaan pendidikan mu. Pintek menyediakan layanan pinjaman pendidikan terpercaya yang bisa kamu andalkan.

Pinjaman dari Pintek bisa dengan cepat dicairkan. Bunganya juga cukup ringan. Pintek bisa menanggung uang pangkal, uang semester, hingga uang kursus.

Kamu tinggal mengajukan pinjaman pada Pintek. Setelah daftar kuliah, seluruh biaya kuliahmu akan dibayar langsung oleh Pintek. Kamu bisa kuliah dengan tenang dan orang tuamu bisa lebih ringan membayar cicilan langsung ke Pintek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *