Ketentuan Pinjaman Dana Pendidikan pada Program Pintek Students

Hai Pinters, apakah kamu sudah memiliki kesiapan dana pendidikan untuk menempuh studimu? Tentu saja dengan bekal finansial yang matang, kamu tidak akan khawatir kuliahmu tersendat karena masalah biaya. Namun jika kamu masih berjuang, kamu tidak sendiri karena Pintek siap mendukungmu secara penuh.

Pintek percaya bahwa setiap anak muda di manapun berada berhak mendapat akses untuk mengembangkan minat dan bakatnya semaksimal mungkin. Itulah mengapa kami mengembangkan Pintek Students untuk Pinters semua. Ketahui yuk bagaimana ketentuan dan prosedur peminjaman dana pendidikan di Pintek.

Produk Pintek Students

biaya semester kuliah

Indonesia masih awam dalam hal asuransi pendidikan apalagi pinjaman pendidikan. Sejauh ini, pihak swasta memiliki inisiatif untuk memperkenalkannya, termasuk Pintek sendiri. Kami secara resmi mendaftarkan dengan nama PT. Pinduit Teknologi Indonesia sejak tahun 2018 lalu dan telah mendapat izin operasional dari OJK.

Meskipun tergolong sebagai pendatang baru, kami telah menggelontorkan lebih dari 3000 dana pendidikan anak di lebih dari 25 provinsi di Indonesia, lho.

Sebelum Pinters melangkah lebih lanjut seputar ketentuan peminjaman, ada baiknya Pinters mengetahui lebih dulu produk yang kami tawarkan di Pintek Students. Kami sengaja merancang program ini dengan menyasar pada pelajar maupun mahasiswa yang menempuh studi secara formal maupun informal.

1. Pintek Students Instant

Skema pembiayaan ini cocok untuk kamu yang sedang belajar di institusi pendidikan mitra Pintek. Beberapa di antaranya yaitu London School of Public Relations (LSPR), Universitas Borobudur, ESMOD Jakarta, Raffles College, Institut Teknologi Telkom Surabaya, dan masih banyak lagi.

Kamu berkesempatan memperoleh limit kredit hingga 5 juta rupiah per bulannya dengan masa tenor 30 hari ataupun 3 bulan.

Jika kamu mengambil tenor 30 hari, maka Pintek memberikan bunga sebesar 0% dengan biaya admin 50 ribu rupiah. Sementara itu, Pintek memberikan bunga 2.19% untuk tenor selama 3 bulan, serta mengenakan biaya admin sebesar 99 ribu rupiah.

Khusus untuk skema instan, Pintek tidak membebankan biaya platform.

2. Pintek Students Reg

Kamu masih tetap dapat mengajukan pinjaman di Pintek sekalipun institusi pendidikan kamu belum bekerjasama dengan kami. Pintek Students Reg hadir memberimu kesempatan untuk meminjam dana pendidikan indonesia mulai dari 3 juta hingga 300 juta rupiah. Tenor untuk skema ini mencapai 24 bulan.

Kamu dapat menggunakan pinjaman untuk membayar uang pangkal, UKT, biaya kursus, biaya bimbingan belajar, uang lab, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu khawatir dengan beban pelunasan karena bunganya sangat ringan yaitu 0 – 1.5% per bulan. Pintek mengenakan admin fee sebesar 100 ribu rupiah dan juga biaya platform sebesar 3%.

3. Pintek Students Pro

Pintek membuat skema ini khusus untuk kamu semua yang tengah menempuh studi profesi serta memiliki jaminan kerja selepas lulus. Kamu dapat mengajukan pinjaman mulai dari 3 juta hingga 300 juta rupiah. Pintek akan memberlakukan grace period selama 6 bulan plus durasi cicilan hingga mencapai 18 bulan.

Kamu bisa menggunakan pinjaman ini untuk membiayai studi profesimu, mulai dari uang pangkal, uang semester, biaya PKL atau magang, dan lainnya.
Pintek hanya akan mengenakan bunga sebesar 0-2% per bulan, plus biaya admin 100 ribu rupiah dan biaya platform 3%.

Ketentuan Peminjaman

pinjaman pendidikan

Pinters semua pasti ingin tahu apa saja persyaratan supaya bisa mengakses kredit pendidikan di Pintek Students. Tidak susah lho, apalagi kalau Pinters sudah memiliki penghasilan tetap dengan kuliah sambil bekerja. Pintek salut banget dengan usaha yang Pinters lakukan untuk terus melangkah ke depan.

Berikut adalah profil peminjam yang memenuhi kualifikasi untuk produk Pintek Students:

Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP.
  • Berusia setidaknya 21 tahun pada masa awal peminjaman dan maksimal 60 tahun di akhir masa peminjaman.
  • Domisili di Indonesia.
  • Menyertakan 1 contact point/referensi peminjam, yaitu anggota keluarga yang tidak tinggal serumah (khusus Pintek Student Reg) .

Persyaratan Pekerjaan:

  • Karyawan swasta/ASN/BUMN/wirausahawan/freelancer
  • Berstatus sebagai karyawan tetap/kontrak dengan sisa masa kerja lebih lama daripada masa pinjaman
  • Telah bekerja di pekerjaan saat ini setidaknya selama 1 tahun
  • Memiliki penghasilan bersih 3 juta perbulan, bisa dari berbagai sumber, dan bisa dibuktikan melalui rekening koran.

Baca Juga : Pintek Student, Solusi Pinjaman Dana Pendidikan non Bank

Alur Pengajuan Pinjaman

Selamat jika kamu telah memenuhi ketentuan profil peminjam Pintek Students! Namun jika belum, kamu bisa meminta tolong orang tua kamu ataupun anggota keluarga lain dalam 1 KK yang memenuhi kriteria di atas.

Berikut ilustrasi proses peminjaman untuk Pintek Students.

pintek student

Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut sebagai tahapan awal pengajuan.

  • Kunjungi website Pintek.id dan klik pada menu “Untuk Pelajar”. Kalau kamu ingin tahu simulasi besaran cicilan perbulannya, kamu bisa memasukkan nominal pinjaman dan jangka waktu yang kamu inginkan. Klik “Ajukan Sekarang”.
  • Daftarkan dirimu dengan memasukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan password. Cek e-mail kamu untuk mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun. Isikan kode pada laman, kamu akan diarahkan pada dashboard website.
  • Klik “Ajukan Sekarang” pada bagian Pinjaman untuk Pelajar.
  • Masukkan nama institusi pendidikan tempat kamu belajar.
  • Lengkapi detail identitas diri kamu, antara lain: nama program, harga program, lokasi, periode pinjaman, pembayaran awal ke institusi, tanggal pembayaran ke institusi, dan tanggal mulai belajar. Lalu klik “Dapatkan Penawaran”.
  • Kamu akan memperoleh detail pembiayaan dana pendidikan, mulai dari pokok pinjaman, total bunga, biaya admin, hingga besar cicilan per bulan. Pintek akan menentukan tanggal jatuh tempo di kemudian hari setelah kamu melakukan pembayaran pertama.
  • Jika kamu setuju, silakan klik “Ajukan Dana Pinjaman”

Selanjutnya, kamu perlu mengunggah ataupun melengkapi dokumen berikut ini:

  • KTP
  • Selfie bersama KTP
  • Pastikan kamu mengambil foto di tempat dengan pencahayaan yang cukup sehingga hasilnya terbaca dengan jelas dan tidak blur.
  • Jika kamu mengakses Pintek Students Reg dan Pro maka selain dua syarat di atas sertakan juga:
  • Kartu Keluarga
  • Rekening koran/mutasi rekening selama 3 bulan terakhir
  • Dokumen institusi misalnya seperti bukti penerimaan mahasiswa baru, KTM, tagihan uang kuliah, informasi cara pembayaran, dll.
  • NPWP untuk nominal pinjaman 30 juta ke atas
  • Bukti pendapatan (slip gaji) bagi karyawan/foto dan SIUP bagi wirausahawan
  • Bukti jaminan kerja (khusus untuk Pro)

Semua dokumen sudah lengkap? Kamu tinggal menunggu kami melakukan analisis kredit sebelum kami memberikan persetujuan atau penolakan. Jangan khawatir, kalau kamu sudah melengkapi semua syarat dan ketentuannya, kecil kemungkinan kami menolak aplikasimu.

Pintek akan mencairkan dana dalam waktu 1 jam ke rekening institusi untuk peminjaman dengan skema Instan. Sementara itu, kami butuh waktu sekitar 1 – 3 hari kerja untuk mencairkan pinjaman Reg dan Pro. Semuanya cepat, aman, mudah, dan dengan biaya ringan yang pastinya membuat hati kamu juga ringan.

Nah, itu dia ketentuan yang wajib kamu pelajari dan baca dengan seksama sebelum kamu mengajukan pinjaman dana pendidikan di Pintek. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Pinters semua. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim kami sebelum mengajukan pinjaman pertama kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *