Bayar Biaya Kuliah Mahal saat Pandemi? Gunakan Kode Referal Duta Pintek untuk Dapatkan Promo Menariknya!

Hai Pinters! Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, siapa sih yang gak mau meringankan beban orang tuanya, terutama untuk biaya kuliah? Di saat semua sektor terganggu akibat pandemi COVID-19, bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial yang menjadi paling terdampak. Tidak hanya untuk mereka yang bekerja, kalian yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi pun juga mengalami dampaknya. Apalagi untuk kalian yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Biaya yang akan dikeluarkan terbilang cukup besar di awal tahun masuk, terutama jika masuk ke perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri jalur mandiri. Selain biaya semesteran, kalian juga perlu mempersiapkan besaran biaya pembangunan universitas yang tidak kecil jumlahnya. 

Menurut Badan Pusat Statistik, rata-rata uang pangkal pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 10-15% tiap tahunnya (BPS, 2020). Sebagai contoh, pada ujian masuk Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020, program studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran menjadi jurusan yang paling banyak diminati se-Indonesia dengan tingkat keketatan 1:77, artinya hanya ada 1 orang yang diterima dari 77 orang pendaftar. Jika mereka tidak lulus pada ujian SBMPTN, mereka masih punya kesempatan mengikuti jalur mandiri Universitas Padjadjaran. Namun, biaya yang harus dikeluarkan menjadi sangat tinggi. Tahun 2020, uang pangkal atau biaya pembangunan untuk mahasiswa yang diterima pada program studi Teknik Informatika Unpad sebesar Rp60,000,000, dan belum termasuk biaya semesterannya. Melihat data dari BPS sebelumnya, biaya tersebut akan mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Jika setiap tahunnya untuk jurusan yang sama mengalami kenaikan sebesar 10%, berapa biayanya dalam jangka waktu 10 tahun mendatang? Berikut hasil perhitungannya.

Tahun Biaya uang pangkal
2017 Rp42,000,000
2020 Rp60,000,000
2023 Rp78,000,000
2026 Rp101,400,000
2029 Rp131,820,000

Bisa dibayangkan bukan? Dalam waktu 10 tahun mendatang, untuk contoh kasus tersebut, biaya yang perlu dipersiapkan lebih dari seratus juta rupiah. Belum lagi ditambah dengan biaya sehari-hari seperti makan dan tempat tinggal selama siswa tersebut menempuh masa studinya. Hal ini tentu cukup memberatkan bagi teman-teman yang tidak memiliki tabungan yang cukup. Contoh diatas memberikan gambaran kepada teman-teman bahwa biaya pendidikan di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Ditambah situasi saat ini yang sangat besar dampaknya akibat pandemi COVID-19. Perekonomian keluarga turut terganggu bagi hampir sebagian masyarakat Indonesia yang mayoritas bekerja di sektor non-formal akibat situasi saat ini.

Nah, meskipun situasinya sulit saat ini, pendidikan harus tetap berjalan. Jangan sampai kamu yang sudah berjuang selama ini untuk pendidikan terbaikmu, terpaksa berhenti di tengah jalan karena kesulitan ekonomi untuk membiayai biaya pendidikan kamu. Pintek hadir sebagai lembaga financial technology yang dapat memberikan pinjaman dana pendidikan demi menyukseskan masa depanmu. Melalui paket Reguler yang ditawarkan Pintek, kamu bisa melakukan pinjaman dengan DP sebesar 20% dan bunga hingga 1.5%. Eitss, tapi itu kalau kamu langsung melalui paket Reguler yang normal, lho. Lah terus memangnya ada yang “gak normal”? Nah ini penjelasannya supaya kamu bisa dapetin potongan yang lebih menguntungkan.

Pintek memiliki program berbentuk komunitas yang bernama Pintek Edupreneur. Di dalamnya beranggotakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang kemudian disebut Duta Pintek. Mereka semua berdedikasi untuk membantu memperjuangkan pendidikan di Indonesia karena zaman sekarang, sudah banyak alternatif pilihan agar pendidikan bisa terus ditempuh. Salah satu peranannya karena mereka yang tergabung dalam Pintek Edupreneur, telah memiliki Kode Referal, sejenis kode promo gitu deh. Terus gunanya buat apa sih? Nah, kode tersebut sangat bisa meringankan kamu jika ingin melakukan pinjaman pada paket Reguler Pintek. Dibandingkan ketentuan normal untuk DP dan bunga seperti yang sudah dijelaskan tadi, dengan menggunakan Kode Referal yang dimiliki oleh para Duta Pintek, kamu sudah bisa melakukan pinjaman dengan DP hanya sebesar 10% dan bunga cukup 0,5 sampai 0,99% saja lho. Wah, jadi ringan banget kan?

Lalu, dimana sih kamu bisa bertemu dengan para Duta Pintek? Nah, para Duta Pintek ini khususnya para mahasiswa berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik yang negeri maupun swasta lho. Jadi, coba cek teman-teman di kampusmu nih, siapa tahu ternyata mereka adalah Duta Pintek, yang bisa kasih kamu Kode Referal mereka buat kamu. Ketika kamu sudah mendapatkan Kode Referal tersebut, bisa kamu gunakan ketika ingin melakukan pinjaman dana pendidikan di Pintek.id paket reguler. Jadi, cicilan di Pintek jadi lebih menyenangkan nih. Semoga kamu tetap semangat untuk terus memperjuangkan cita-cita dan pendidikan kamu setinggi-tingginya ya, karena Pintek tetap hadir di situasi yang sulit sekalipun buat kamu.

Cari tahu informasi lebih lanjut terkait Duta Pintek yang memiliki Kode Referal dengan  menghubungi contact person kami ya: Viranita Julianti (Whatsapp: +6283878876907).

Berikut daftar perguruan tinggi di Indonesia yang sudah memiliki Duta Pintek tahun 2020, tetapi jika di kampusmu belum ada dalam daftar berikut, kamu bisa tetap mendapatkan Kode Referal (kode promo) dengan menghubungi kontak diatas.

No. Universitas Provinsi
1 Universitas Muhammadiyah Aceh Aceh
2 Universitas Syiah Kuala
3 Universitas Pendidikan Nasional Bali
4 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten
5 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
6 Universitas Bengkulu Bengkulu
7 Institut Teknologi PLN Jakarta DKI Jakarta
8 Universitas Azzhara
9 Universitas Bina Sarana Informatika
10 Universitas Indonesia
11 Universitas Indraprasta PGRI
12 Universitas Mercu Buana
13 Universitas Mohammad Husni Thamrin
14 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
15 Universitas Negeri Jakarta
16 Universitas Pancasila
17 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
18 Universitas Tarumanagara
19 Universitas Esa Unggul
20 STTKD Yogyakarta DI Yogyakarta
21 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
22 Universitas Gadjah Mada
23 UPN “Veteran” Yogyakarta
24 Universitas Negeri Yogyakarta
25 Institut Teknologi Bandung Jawa Barat
26 Institut Pertanian Bogor
27 Islam 45 Bekasi
28 Jakarta Internasional University
29 Politeknik Negeri Bandung
30 Politeknik Negeri Jakarta
31 Poltekkes Kemenkes Bandung
32 Sekolah Vokasi IPB
33 STMIK Bani Saleh Bekasi
34 Telkom University
35 Universitas Gunadarma
36 Universitas Indonesia
37 Universitas Islam Bandung
38 Universitas Katolik Parahyangan
39 Universitas Kristen Maranatha
40 Universitas Padjadjaran
41 Universitas Singaperbangsa Karawang
42 Universitas Terbuka
43 IAIN Purwokerto Jawa Tengah
44 UIN Walisongo Semarang
45 Universitas Diponegoro
46 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang
47 Universitas Islam Negeri Walisongo
48 Universitas Kristen Satya Wacana
49 Universitas Tidar
50 Universitas Muhammadiyah Surakarta
51 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jawa Timur
52 Universitas Jember
53 Universitas Airlangga
54 Universitas Islam Malang
55 Universitas Jember
56 Universitas Muhammadiyah Surabaya
57 Universitas Negeri Malang
58 Universitas Negeri Surabaya
59 UPN “Veteran” Jawa Timur
60 Universitas Palangka Raya Kalimantan Tengah
61 Universitas Lampung Lampung
62 Uin Raden Intan Lampung
63 Uin Sultan Syarif Kasim Riau Riau
64 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
65 Universitas Andalas Sumatera Barat
66 Institut Teknologi Del Sumatera Utara
67 STIKes Elisabeth Medan
68 Universitas Sumatera Utara

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *