Keuangan

Memahami Pentingnya Membangun Financial Freedom untuk Pendidikan

Financial freedom menjadi salah satu tujuan yang diimpikan oleh setiap orang. Dengan adanya kebebasan finansial, Anda bisa melakukan dan membeli apapun yang dibutuhkan dan diperlukan.

Secara garis besar, financial freedom adalah kondisi di mana seseorang mengalami kebebasan dalam finansialnya. Artinya, orang tersebut memiliki kekayaan yang bisa mencukupi segala kebutuhannya tanpa harus bekerja lebih keras.

Bagi mereka yang sudah mencapai kebebasan finansial, maka aset yang dimiliki bisa menghasilkan uang yang nilainya lebih besar dibanding biaya hidup mereka. Oleh karena itu, pentingnya Anda mengetahui dan memahami mengenai pendidikan keuangan.

Mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak tentu sudah harus dilakukan sejak dini, tak heran kalau saat kecil para orangtua sudah memperkenalkan cara menabung melalui celengan maupun menabung di sekolah. Jika diterapkan dengan serius, secara perlahan Anda pasti akan segera mencapai kebebasan finansial di masa mendatang.

Apa Itu Financial Freedom?

apa itu financial freedom

Saat ini, banyak anak muda atau milenial yang kesulitan menabung dan mendapatkan kebebasan finansial. Umumnya, hal itu disebabkan oleh gaya hidup berlebihan yang membuat uangnya selalu habis setiap bulan.

Meski begitu, kebebasan finansial bukan menjadi hal sulit yang tidak bisa dicapai lho. Lalu, bagaimana caranya? Simak aja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Memahami Kondisi Keuangan yang Ada

Sebetulnya, tidak penting berapapun uang yang Anda miliki saat ini dan berapa penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Sebab, kebebasan finansial tidak diukur dari seberapa besar penghasilan Anda tapi apakah penghasilan Anda bisa membiayai segala kebutuhan.

Oleh karena itu, pahamilah kondisi keuangan Anda dari sekarang seperti pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, perkirakan apakah pendapatan Anda bisa melunasi seluruh pengeluaran atau tidak?

Selain itu, Anda juga harus mengetahui berapa banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi dalam sebulan beserta rincian biayanya. Cara tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah penghasilan Anda lebih tinggi dari pengeluaran atau justru sebaliknya.

Dengan begitu, Anda bisa menentukan tujuan finansial untuk ke depannya, salah satunya adalah mempersiapkan dana pendidikan anak.

2. Belajar Mengelola Keuangan

Jika pengeluaran lebih besar dibanding pendapatan, maka Anda tidak bisa mencapai kebebasan finansial apalagi jika Anda memiliki sifat konsumtif dan sering membeli barang-barang mewah.

Nah, untuk meraih kebebasan finansial maka Anda harus mulai belajar menghemat dan menyusun anggaran keuangan dengan bijak. Soalnya dengan menyusun anggaran, Anda dan pasangan akan dapat mengetahui apa saja kebutuhan yang penting dan dibutuhkan.

Anda bisa melakukan diskusi dengan pasangan dan mulai menyusun anggaran dari yang terpenting dan sangat dibutuhkan seperti membayar cicilan, membeli bahan pokok dan lainnya sebagainya. Dengan begitu, pengeluaran jadi lebih teratur dan kondisi keuangan tetap stabil.

3. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Selagi masih muda, Anda bisa mencari sumber penghasilan tambahan, seperti menjadi freelance, membuka bisnis kecil-kecilan maupun menjual barang yang sudah tidak terpakai. Asalkan, kegiatan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama Anda di kantor. Semakin banyak uang Anda cari, maka semakin cepat juga mencapai kebebasan finansial.

4. Berinvestasi

Saat ini, nilai uang yang Anda miliki tidak akan sama dalam lima tahun ke depan. Hal itu disebabkan oleh adanya inflasi yang terjadi. Jika menyimpan uang di bank, maka nilainya akan berkurang karena potongan pajak, inflasi hingga biaya administrasi.

Beda halnya jika Anda berinvestasi, karena uang tersebut nilainya akan terus bertambah. Maka dari itu, jangan sampai membiarkan uang Anda berada di dalam tabungan secara terus-menerus.

Anda bisa memilih beberapa instrumen investasi, seperti saham, emas, P2P lending, dan properti. Tentunya, setiap instrumen investasi memiliki risiko tersendiri. Dengan begitu, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

5. Terapkan Pola Hidup yang Sederhana

Cara financial freedom yang harus dilakukan adalah menerapkan gaya hidup yang sederhana. Umumnya, seseorang yang menerapkan pola hidup sederhana akan mencapai kebebasan finansial lebih cepat.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan gaya hidup sederhana. Nantinya, uang yang Anda miliki tidak habis begitu saja karena gaya hidup yang terlalu tinggi.

6. Segera Melunasi Utang

Jika Anda memiliki utang atau tagihan cicilan, usahakan untuk melunasinya saat nominal uangnya sudah cukup. Pendapatan dari aset yang dimiliki setidaknya bisa menutupi utang. Dengan begitu, kebebasan finansial akan tercapai.

7. Bedakan Tabungan dan Dana Darurat

Selain mengatur keuangan per bulannya, Anda juga harus membedakan antara tabungan dan dana darurat. Tabungan merupakan uang yang Anda simpan untuk jangka panjang.

Sedangkan untuk dana darurat, dana yang sengaja dialokasikan untuk pengeluaran tak terduga, seperti berobat dan service kendaraan. Jika tidak bisa membedakannya, maka tabungan Anda kan sia-sia.

8. Atur Penggunaan Kartu Kredit

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, apakah sudah mengontrol pengeluaran dan pembayaran cicilannya? Seperti yang diketahui, kartu kredit harus digunakan dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Supaya lebih teratur lagi, sebaiknya Anda menggunakan uang cash atau kartu debit untuk membeli sesuatu. Jangan sampai Anda ketergantungan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga : Membuat Financial Planning untuk Sekolah, Apa Manfaatnya?

9. Mengembangkan Potensi Diri

Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakukan, maka jalanilah dengan sepenuh hati. Jika bekerja dengan sungguh-sungguh, maka hal itu akan membawa Anda pada kebebasan finansial.

Kebebasan finansial bukanlah soal menjadi kaya raya, tetapi lebih kepada memudahkan kehidupan. Saat Anda mengembangkan potensi diri, prospek karir akan lebih menjanjikan.

Misalnya, Anda bekerja keras untuk mengembangkan diri, nantinya akan mendapatkan posisi karyawan yang lebih baik. Dengan begitu, penghasilan Anda lebih meningkat.

10. Bersabar

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah bersabar, khususnya Anda yang sedang berjuang dalam mengatur kondisi keuangan. Jika terus bersabar, maka Anda akan berada di jalur yang benar.

Anda juga tidak perlu khawatir jika hanya bisa menabung dengan jumlah kecil. Nantinya, jumlah tersebut akan semakin bertambah kalau dilakukan secara konsisten.

Jika Anda membutuhkan biaya pendidikan, maka bisa memanfaatkan layanan pinjaman dana dari Pintek. Sebab, Pintek berfokus untuk memajukan pendidikan di Indonesia, terutama dalam membantu biaya sekolah dan kuliah.

Pengajuan pinjamannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menunjukkan scan KTP asli dan bukti penghasilan. Selain itu, proses pencairan dananya pun sangat mudah dilakukan.

Langkah untuk mencapai financial freedom memang tidak mudah dilakukan, tetapi semuanya bisa terwujud jika Anda memiliki tekad yang kuat. Hal terpenting adalah seberapa besar kerja keras dan usaha Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

Artikel Terkait

Back to top button