bisnis plan

Rencana bisnis atau bisnis plan adalah sebuah pernyataan formal tertulis dibuat dengan maksud menjelaskan tujuan dibentuknya sebuah bisnis. Rencana bisnis ini dibuat mencakup rencana sebuah bisnis dalam jangka waktu pendek, menengah dan panjang secara jelas dan mendetail.

Selain itu rencana bisnis ini juga berisi strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Bukan hanya itu, rencana bisnis juga bisa berisi tentang latar belakang tim atau organisasi yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan.

Baca Juga : Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar, Baca Sebelum Mulai!

Sebelum memulai sebuah bisnis memerlukan perencanaan yang matang dan tidak terburu-buru. Karena tanpa perencanaan yang jelas, Anda tidak mengetahui ke arah tujuan mana bisnis yang akan dijalankan, jika sudah begitu tentunya target yang ingin dicapai saat mendirikan sebuah bisnis akan menjadi mimpi belaka.

Tahukah Anda jika membuat bisnis plan ini bukanlah hal yang mudah dan sudah banyak orang yang gagal dalam menyusun rencana bisnis tersebut. Karena sebagian orang lebih percaya untuk memulai bisnis hanya dengan menjalankannya, atau istilah sekarang mulai aja dulu dan tanpa repot memikirkan rencana bisnis yang sangat penting tadi.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis

Selain harus membuat bisnis plan yang jelas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis berjalan sesuai keinginan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda harus memahami target konsumen dan manfaat dari produk yang Anda tawarkan
  2. Memahami keunggulan atau kekuatan, selain itu Anda juga harus melihat kelemahan nantinya sebagai bahan evaluasi
  3. Mencari mentor untuk berbisnis, atau seminimal mungkin coba untuk mencari orang yang sudah berpengalaman memulai bisnis dan pelajari caranya
  4. Mulai dengan hal kecil namun nyata, karena sebaik-baiknya bisnis adalah yang dijalankan

Setelah memperhatikan keempat hal diatas, barulah Anda membuat sebuah bisnis plan yang disusun dengan matang, karena rencana bisnis ini berperan menjadi kompas untuk menentukan arah mata angin bisnis Anda nantinya.

Fungsi Bisnis Plan

Rencana bisnis menjadi hal yang sangat penting sebelum memulai bisnis karena memiliki banyak fungsi, antara lain sebagai berikut.

1. Mengawali berdirinya sebuah bisnis

Fungsi utama rencana bisnis adalah untuk merancang rencana dan strategi untuk bisnis Anda. Karena sebuah bisnis yang baru didirikan akan sulit berkembang jika hanya dijalankan saja dan tanpa konsep serta arah yang jelas.

Untuk itu sebelum Anda memulai bisnis maka buatlah sebuah bisnis plan dengan matang dan jangan terburu-buru agar hasil maksimal. Dengan begitu, bisnis Anda menjadi terarah sehingga untuk mencapai kesuksesan bisnis menjadi lebih target nyata.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Segmentasi Pasar dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Susunlah rencana bisnis Anda sedetail mungkin, karena semakin detail Anda membuat rancangan bisnis akan membuktikan bahwa bisnis Anda merupakan bisnis yang serius dan terkonsep dengan jelas sehingga semakin mudah dalam menjalankan roda bisnis nantinya. Dengan membuat bisnis plan yang jelas membuat kesempatan peluang mencapai kesuksesan bisnis menjadi lebih besar.

2. Prioritas Anda menjadi lebih masuk akal

Saat membuat business plan, Anda akan belajar untuk menentukan prioritas bisnis, prioritas ini mencakup manajemen dalam bisnis, kesehatan keuangan perusahan dan pertumbuhan perusahaan.

Mungkin banyak yang menganggap menetapkan prioritas ini adalah hal sepele, namun penting dilakukan. Karena jika sudah dari awal Anda berfokus dan memilih prioritas, maka bisnis akan lebih cepat berkembang nantinya.

3. Mencari sumber dana ( Investor )

Fungsi dari bisnis plan selanjutnya adalah untuk mencari sumber dana atau investor yang akan menanamkan modal pada bisnis Anda. Jika sudah mempersiapkan rancangan bisnis dengan benar, maka secara tidak langsung dokumen tersebut bisa dijadikan proposal untuk mencari sumber pendanaan dalam mengembangkan bisnis Anda.

Rancangan bisnis yang informatif dan mendetail ini akan membuat calon investor memiliki gambaran jelas bisnis yang Anda jalankan. Terlebih lagi jika Anda mampu meyakinkan para calon investor untuk bekerja sama dengan Anda. Untuk itu jangan lupa untuk membuat rencana bisnis sebelum Anda memulai.

4. Meminimalisir resiko kegagalan

Walaupun kegagalan bisnis bisa saja terjadi, namun bukan suatu hal yang tidak mungkin jika bisa diminimalisir. Dengan membuat sebuah perencanaan maka tentunya Anda sedang melakukan persiapan untuk membangun dan menjalankan suatu bisnis dengan serius.

Saat membuat bisnis plan, Anda akan menjadi tahu masalah apa yang akan dihadapi dan Anda bisa mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan dari masalah tersebut serta nantinya Anda akan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Tentunya semakin pintar Anda menyelesaikan masalah, hal tersebut akan meminimalisir resiko gagal dalam menjalankan bisnis kedepan.

5. Memperkirakan masa yang akan datang

Dengan membuat rencana bisnis yang matang dan jelas, tentunya Anda bisa memprediksi masa yang akan datang pada bisnis yang dijalankan. Hal ini dikarenakan saat Anda menyusun business plan, Anda akan membuat gambaran bisnis jangka pendek, menengah dan panjang.

Walaupun hal ini bersifat subyektif, namun mungkin saja prediksi Anda dapat direalisasikan. Tentunya hal ini harus didukung dengan riset atau survey yang dapat dituangkan dalam menentukan strategi bisnis.

6. Menaikkan level bisnis Anda

Fungsi bisnis plan yang terakhir adalah kesempatan untuk menaikkan level bisnis. Hal ini dikarenakan rencana bisnis yang dipersiapkan dengan matang dan benar akan membawa gairah pemilik bisnis untuk menjalankan bisnisnya.

Jika pemilik bisnis sudah semangat dalam menjalankan bisnis, maka bisnis akan berpeluang besar untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat. Oleh karena itu buatlah bisnis plan, karena memiliki dampak yang signifikan dan mampu menaikkan level bisnis.

Kesimpulan

Jika Anda berencana memiliki sebuah bisnis, tentunya hal-hal diatas perlu dilakukan terlebih dahulu, hal ini tentunya Anda tidak menginginkan bisnis gagal dan mencapai kesuksesan melalui bisnis menjadi mimpi belaka.

Selain itu hal yang kadang menjadi kendala dalam memulai bisnis adalah permodalan, namun kini tidak perlu khawatir, karena jika bidang Anda masih berhubungan dengan dunia pendidikan maka Anda bisa mengajukan yang namanya Invoice Financing di Pintek.

Invoice Financing sendiri merupakan sebuah solusi pendanaan ( modal ) yang tepat untuk UKM. Dengan menggunakan invoice dari pelanggan yang belum terbayar yang bisa digunakan sebagai jaminan untuk meminjam modal. Anda yang berperan sebagai peminjam modal bisa mendapatkan pinjaman dana untuk menjalankan operasional bisnis yang sedang berjalan.

Anda bisa mendapatkan modal pinjaman mencapai Rp 2 Miliar dengan bunga efektif mulai 1,5% – 2,5% tergantung dengan credit score dan hanya dengan menjaminkan tagihan yang sedang dijalankan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Invoice Financing ini bisa melalui TanyaPintek atau melalui nomor telepon ( 0853-2151-5763 ).

Sekian artikel kali ini mengenai bisnis plan atau rencana bisnis beserta fungsinya. Silahkan bagikan artikel ini ke keluarga, teman atau orang terdekat lainnya apabila artikel ini bermanfaat.