Biasanya calon mahasiswa akan lebih memprioritaskan kampus negeri favorit untuk melanjutkan studinya. Sayangnya seleksi masuk untuk menjadi bagian dari universitas negeri bergengsi juga tidak mudah mengingat persaingannya yang ketat.

Inilah sebabnya putra-putri Anda memerlukan tambahan pelajaran bersama guru les privat berpengalaman.

Memilih guru privat saat ini memang susah-susah gampang justru karena semakin mudahnya mendapatkan jasa semacam ini. Parent Pinters dapat dengan mudah menemukan tutor melalui institusi bimbel, iklan online, dan situs resmi penyedia jasa.

Agar tidak salah pilih simak dulu panduan berikut.

Strategi Smart Memilih Guru Privat Untuk Persiapan SBMPTN

biaya les privat

Agar diterima di kampus negeri favorit, paling tidak siswa sudah mendapatkan pelajaran tambahan sejak kelas 12. Jika memungkinkan akan lebih baik jika anak mulai bimbel saat memasuki bangku SMA

Nilai-nilai raport yang memuaskan sejak kelas 10 akan membuka peluang untuk kuliah di perguruan tinggi atau politeknik terkemuka tanpa tes. Ini misalnya dengan mengikuti seleksi jalur undangan atau prestasi.

Agar mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan, inilah strategi “berburu” tutor privat profesional yang dapat Parent Pinters coba.

1. Berdiskusi dengan Anak

Anda perlu melibatkan anak dalam hal ini karena nantinya putra-putri Parent Pinters-lah yang akan menjalani. Tanyakan mata pelajaran apa yang menjadi momok baginya atau jika anak ingin mendapat kemajuan yang lebih dibanding teman-temannya.

Untuk siswa SMA permintaan tutor privat terbanyak adalah untuk pelajaran Bahasa Inggris, sains, dan matematika. Setelah mengetahui kebutuhan buah hati, Parent Pinters akan lebih mudah berkomunikasi dengan tutor yang dipilih sehingga aktivitas bimbingan berlangsung efektif.

Anda pun tidak sia-sia mengalokasikan dana untuk membayar harga guru privat ke rumah.

2. Mencari Rekomendasi

Untuk mendapatkan guru privat yang baik Anda juga bisa mencari rekomendasi misalnya pada guru-guru atau wali kelas di sekolah. Alternatif lainnya adalah pada teman sekolah anak yang catatan akademiknya terbukti membaik setelah mengikuti bimbel.

3. Melakukan Wawancara

Parent Pinters tentu menghendaki yang terbaik untuk buah hati, bukan? Karena itu jangan sungkan melakukan seleksi ketat kepada kandidat guru privat.

Beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Biodata calon guru les
  • Latar belakang pendidikan dan pengalaman
  • Metode belajar dan latihan soal
  • Durasi waktu belajar
  • Biaya les privat per hari

Mengenai biaya biasanya tergantung pada pengalaman tutor yang bersangkutan. Tarif mengajar per sesi bersama guru privat yang telah berpengalaman belasan tahun tentu berbeda dengan yang masih mahasiswa.

4. Menentukan Jam Belajar

Untuk poin tersebut Parent Pinters perlu bertanya kepada putra-putri Anda. Waktu yang ideal untuk belajar sebaiknya saat anak berada pada kondisi yang segar lahir dan batin.

Sebagus apapun tutor yang dipilih untuk membimbing anak, jika situasinya tidak kondusif, aktivitas belajarnya tidak akan berjalan lancar. Ini misalnya saat anak kelelahan setelah mengikuti ekstrakurikuler olahraga atau sepulang sekolah full day.

5. Bimbel di Akhir Pekan

Karena jadwal anak yang padat mungkin dia hanya dapat mengikuti pelajaran tambahan di akhir pekan. Anda perlu menanyakan atau mencari informasi apakah ada tutor yang bersedia bekerja di akhir pekan, tanggal merah, dan libur sekolah.

6. Bimbel Intensif Saat Liburan Sekolah

Parent Pinters sebelumnya perlu memberi pemahaman kepada anak untuk bersedia bekerja keras demi mencapai impian kuliah di kampus favorit. Ini termasuk mengorbankan waktu liburannya untuk belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal ujian SBMPTN bersama tutor privat.

Baru setelah itu Anda dapat berdiskusi dengan tutor mengenai bimbel privat intensif ini. Yang dimaksud intensif adalah frekuensi bimbel menjadi lebih sering, misalnya belajar setiap hari selama 1 atau 2 pekan berturut-turut.

7. Ujian Try Out

Tutor spesialis untuk persiapan SBMPTN umumnya memiliki referensi soal-soal try out terbaru. Membiasakan anak mengerjakan soal-soal tes demikian ini sedini mungkin bisa menumbuhkan kepercayaan diri karena merasa lebih siap.

8. Mempersiapkan Biaya Bimbel Privat

Salah satu kelebihan bimbel privat dibandingkan les di kelas adalah perhatian tutor bisa tercurah sepenuhnya hanya kepada seorang siswa. Inilah sebabnya tarifnya lebih mahal dan beberapa orang tua terpaksa lebih memilih tempat les terdekat dan murah.

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menyiasati hal ini adalah mengajak teman untuk les bersama. Beberapa tutor privat memperbolehkan kelas privatnya diisi hingga 2 atau 3 siswa agar biayanya dapat ditanggung bersama.

Jika memang demikian pastikan semua peserta bimbel mempunyai motivasi yang sama agar tujuan belajar bersama bisa tercapai. Karena itu Parent Pinters perlu meminta anak untuk selektif dalam memilih teman belajar. Ini untuk menjaga atmosfer kelas bimbel privat tetap kondusif tanpa gangguan.

Baca Juga : 7 Cara Mengetahui Minat dan Bakat Anak Sejak Usia Dini

Bantuan Biaya Bimbel Dari Pintek

belajar online

Parent Pinters tantangan buah hati Anda di era milenial ini akan lebih berat dibandingkan di zaman Anda dahulu. Karena itu sebagai orang tua penting sekali untuk memberi bekal yang cukup untuk mewujudkan cita-cita anak demi masa depan yang cerah.

Bekal yang dimaksud salah satunya akses pendidikan yang optimal tidak hanya secara formal tetapi juga informal. Ini salah satunya dengan mengikuti bimbel dan kursus untuk meningkatkan potensi SDM.

Tak perlu ragu untuk menyediakan fasilitas tersebut walaupun terhalang kondisi finansial karena Pintek selalu dapat diandalkan. Kami adalah perusahaan keuangan yang mengkhususkan diri pada pendanaan untuk kebutuhan pendidikan.

Produk pendanaan kami tersedia untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan mulai dari dana bimbel, uang pangkal, hingga uang semester. Seluruh produk Pintek dapat diperoleh dengan persyaratan yang mudah, singkat, berbiaya ringan, serta bunga terjangkau.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang produk kami, Parent Pinters dapat mengakses website resmi Pintek.

Nah, demikianlah panduan dalam memilih guru les privat untuk putra-putri Parent Pinters. Semoga bermanfaat!