Buat Kelas Karyawan, Ini Jurus Dapat IPK Cumlaude!

Siapa sih yang nggak ingin mendapatkan IPK cumlaude? Rasanya nggak berlebihan ketika menyebut bahwa mendapatkan indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi merupakan cita-cita setiap mahasiswa ya, Pinters. Cumlaude artinya ‘dengan pujian’, sebuah predikat yang disematkan untuk raihan rata-rata nilai tinggi pada kisaran 3.51 – 4.00.

Mencapai predikat tersebut nggak gampang loh, Pinters. Apalagi kalau kamu memilih jurusan yang identik dengan mata kuliah yang bikin pusing. Bahkan untuk mahasiswa yang full time learner saja, butuh usaha ekstra buat menggapainya. Lebih lagi buat kamu yang mengambil kelas karyawan karena menyambi kuliah sambil kerja.

Cara Efektif Mendapatkan Cumlaude untuk Kelas Karyawan

cara mendapatkan ipk cumlaude
Girl in a campus. Lady in a white blouse. Pupil with a backpack.

Pinters, di dunia ini nggak ada satu pun yang mustahil. Termasuk untuk kelas karyawan sekalipun. Banyak banget fakta di lapangan yang mendukung hal tersebut, salah satunya peraih IPK cumlaude UGM yang kuliah dan bekerja di saat bersamaan. Hal ini pasti bikin kamu penasaran gimana cara meraih pencapaian memuaskan itu, ‘kan?

1. Disiplin Waktu

Metode yang satu ini sudah jelas wajib kamu terapkan demi mencapai predikat tersebut. Disiplin waktu artinya kamu harus bisa membagi periode kerja dan kuliah secara adil supaya nggak keteteran. Bukan sekadar menyusun, kamu juga harus menaatinya. Jadi, kemungkinan membolos kuliah yang dapat menghalangimu mendapatkan IPK cumlaude dapat diminimalisir.

2. Hentikan Kebiasaan Menunda

Pinters, siapa di antara kamu yang suka malas saat harus mengerjakan tugas karena merasa deadline masih panjang? Yuk, hentikan kebiasaan itu sekarang juga kalau kamu ingin meraih predikat terpuji saat kelulusan nanti. Soalnya, menunda berpotensi membuatmu melewatkan tenggat yang otomatis membuat nilaimu berkurang signifikan. Rugi banget, ‘kan?

3. Berusaha Memenuhi Semua Persyaratan

Persyaratan untuk predikat cumlaude masing-masing universitas itu berbeda, Pinters. Jadi syarat cumlaude ITB sudah pasti berbeda dengan UI, Unair dan kampus lainnya. Sebab itu, kalau kamu ingin mendapatkan IPK tinggi, pastikan memenuhi seluruh ketentuan yang ada. Baik dari daftar kehadiran, pengumpulan tugas, vokalitas di kelas dan sebagainya.

4. Cukup Istirahat

Pinters pasti nggak asing dengan petuah ‘mens sana in corpore sano’, ‘kan? Pencapaian nilai kumulatif tinggi juga bergantung pada istirahat yang cukup karena dapat membantumu berpikir lebih jernih terkait kuliahmu. Jadi, ketika senggang, manfaatkan dengan baik untuk beristirahat. Hangouts? Sesekali tak apa, asal jangan terlalu sering hingga waktumu terbuang.

5. Membangun Koneksi yang Luas dan Bagus

IPK bukan semata-mata kepandaianmu dalam menguasai materi yang diberikan, ketepatan waktu, maupun rajinnya kamu mengisi daftar absen. Koneksi yang luas dan bagus juga dibutuhkan dengan orang-orang di lingkungan perkuliahanmu. Terutama dengan para dosen yang menentukan nilai, attitude dan gratitude juga termasuk dalam penilaian, lho!

Baca Juga : Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Memiliki Peluang Kerja Besar

Keuntungan Cumlaude untuk Mahasiswa Kelas Karyawan

keuntungan dapat ipk cumlaude

Pinters pasti sepakat bahwa cara untuk mendapatkan IPK cumlaude bagi kamu yang kuliah sambil bekerja sangat memungkinkan dengan metode di atas. Tapi, sepenting itukah mendapatkan predikat tersebut untuk diraih? Sejauh ini, mayoritas mahasiswa mengejar embel-embel cumlaude adalah sebagai jaminan karier yang bagus setelah lulus.

Sayang banget kalau kamu cuma berpikir keuntungan menyandang IPK tinggi hanya sampai di situ, Pinters. Banyak sekali manfaat lain dari pencapaian predikat kehormatan tersebut :

  • Mahasiswa cumlaude masuk dalam kategori berprestasi sehingga akan lebih mudah untuk apply beasiswa guna meringankan biaya pendidikan ongoing maupun tingkatan selanjutnya.
  • Raihan indeks kumulatif terpuji juga mempermudahmu jika memiliki niat mengejar gelar yang lebih tinggi. Selain pendanaan, juga pilihan kampus memiliki opsi yang lebih banyak lagi.
  • Memberikan rasa bangga pada diri pribadi dan keluarga, terlebih jika kamu mengenakan selempang cumlaude saat momen wisuda. Siapa yang nggak bangga mengingat predikat tersebut merupakan salah satu interpretasi kecerdasan si penyandang gelar!?
  • Posisimu yang sudah berstatus pekerja bisa mengalami perubahan besar ketika pihak perusahaan mengetahui pencapaian IPK-mu yang tinggi. Bisa jadi promosi jabatan atau peningkatan gaji secara signifikan.
  • Peluang demi peluang baru akan terbuka lebih lebar untukmu dengan modal IPK cumlaude tersebut, Pinters. Jadi, bukan cuma posisimu saja yang bisa mengalami upgrade, tapi tawaran dari employer yang lebih baik juga akan ramai berdatangan.

Tips Meringankan Beban Biaya Kuliah Kelas Karyawan

cara mengatur pengeluaran mahasiswa karyawan

Pssst… Pinters! Meskipun praktik sesuai penjabaran di atas tampak cukup sederhana, nggak bisa ditampik kalau kadang ada faktor lain yang menghambat mahasiswa untuk meraih predikat cumlaude tersebut. Salah satunya persoalan biaya, khususnya untuk peserta kelas karyawan yang bekerja bukan sekadar mengejar pengalaman tetapi juga untuk penyediaan dana pendidikan.

Memikirkan soal biaya kuliah pasti membuatmu pusing karena bukan cuma untuk pendidikannya saja, tetapi untuk hidup sehari-hari dan kebutuhan eksternal lainnya. Kamu nggak ingin membebani orang tua terlalu berat, sehingga menyambi bekerja menjadi jalan keluar terbaik meskipun berpotensi membuatmu kelelahan secara mental maupun fisik.

Mendapatkan beasiswa dengan menjadi mahasiswa berprestasi juga belum sepenuhnya memberikanmu ruang bernapas. Namun, sekarang kamu nggak perlu lagi mengkhawatirkan hal itu karena bisa menggunakan alternatif pendanaan lain, yaitu student loan Pintek. Jadi, kamu bisa menjalankan aktivitas kuliah sambil kerja dengan beban lebih ringan.

Kami terbuka untuk memberikan kesempatan pendanaan kuliah berbagai kalangan. Bukan hanya mahasiswa kelas reguler, namun juga untukmu yang mengambil kelas karyawan. Jadi, bila mengalami kesulitan terkait pendanaan kuliah yang kamu jalani, jangan ragu untuk mengajukan aplikasi pinjaman siswa pada kami agar berhasil meraih IPK cumlaude, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *