Ini Jenis Pinjaman Pendidikan Pintek Students untuk Mahasiswa

Pinters, apa yang terbesit di benak kamu ketika mendengar tentang pinjaman pendidikan? Student loan merupakan kredit yang diberikan oleh instansi perbankan atau lembaga keuangan yang dananya khusus ditujukan untuk menunjang kelanjutan pendidikan pemohon. Konsep ini sangat populer di luar negeri, tetapi terbilang baru di Indonesia.

Riwayat Kredit Pendidikan di Indonesia

riwayat kredit

Dibandingkan dengan negara-negara lain yang sudah menerapkan program student loan terlebih dahulu, Indonesia termasuk terlambat. Bahkan, di Finlandia, pinjaman untuk pendidikan ini sudah tidak lagi digunakan untuk membiayai sekolah dan kuliah karena digratiskan oleh negara, tetapi untuk memenuhi biaya hidup. Keren banget ‘kan, Pinters?

Konsep pinjaman ini kemudian diadaptasi di Indonesia karena mempertimbangkan data bahwa hanya 8.15% dari total populasi usia di atas 15 tahun yang menempuh pendidikan tinggi. Faktor yang memengaruhinya tidak lain adalah keterbatasan biaya. Dana pendidikan dari pemerintah terbatas untuk wajib belajar sembilan tahun hingga maksimal jenjang menengah ke atas.

Pendidikan tinggi hingga saat ini masih bergantung pada masing-masing institusi pendidikan dan promotor pemberi beasiswa. Sehingga, tidak mengejutkan bila tingkat partisipasi untuk perguruan tinggi – baik negeri maupun swasta – berkisar 31.5% saja. Fakta miris tersebut mendorong berlakunya pinjaman pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Pinjaman Pendidikan Bank dan Non Bank

pinjaman pendidikan

Saat ini, jenis pinjaman yang dikhususkan untuk kebutuhan pendidikan terbagi menjadi dua kategori, yaitu bank dan non bank. Mulai dari bank swasta hingga pelat merah sekarang memilikinya, contoh pinjaman pendidikan bank BNI yang cukup populer. Namun, untuk mengajukannya, berarti kamu atau si pemohon harus terdaftar sebagai nasabah aktif.

Di sisi lain, ada pinjaman non bank yang saat ini lebih didominasi oleh perusahaan financial technology (fintech). Banyak sekali vendor yang menawarkan jenis pinjaman untuk keperluan pendidikan, Pinters. Namun, kamu harus selektif dan pandai dalam memilah karena tingkat risikonya lebih besar dibandingkan kredit di luar jaringan perbankan besar.

Pintek Students, Solusi yang Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi

beasiswa s1 dalam negeri

Berbicara tentang fintech, Pintek juga menjadi bagian di dalamnya. Kami merupakan perusahaan yang khusus bergerak di bidang penyediaan dana talangan untuk kebutuhan peningkatan partisipasi perguruan tinggi maupun kualitas lulusan yang unggul di Indonesia. Apakah Pintek merupakan fintech non perbankan yang aman untuk dijadikan pilihan pengajuan pinjaman?

Tentu aman karena kami terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan lembaga pengawas transaksi finansial di negeri ini. Prinsip kami adalah memberikan solusi tanpa menambah masalah dengan menghadirkan berbagai jenis pinjaman pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi. Salah satu program kami yang cocok untukmu adalah Pintek Students.

Pintek Students merupakan program pendanaan pendidikan yang mengusung konsep ‘hati ringan, biaya ringan’. Kami menyediakan pinjaman dengan nilai pencairan yang besar namun memiliki tenor panjang dan bunga yang rendah. Sehingga, kamu nggak perlu terbebani terkait pengembalian pinjaman dan bisa meraih impianmu, Pinters.

Pintek Students Reg & Pro, Mana yang Cocok untukmu?

pintek student

Pintek Students terbagi menjadi dua kategori, yaitu Reguler dan Pro, Pinters. Kamu nggak perlu bingung memilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhanmu, karena meskipun memiliki pondasi yang sama, orientasinya cukup berbeda :

1. Pintek Students Reg

Pintek Students Reg ditujukan untuk semua mahasiswa yang berfokus pada pendidikan dan tidak sambil bekerja. Pinjaman yang dicairkan untuk program ini bisa digunakan untuk kebutuhan pembiayaan pendidikan formal (uang pangkal, semester) maupun non formal (kursus sertifikasi, bimbingan belajar). Pelunasan pinjaman dapat dicicil dengan jangka waktu 3 – 24 bulan, Pinters.

Suku bunga untuk Pintek Students Reg relatif rendah meskipun tidak menggunakan embel-embel pinjaman pendidikan syariah. Kamu akan dikenakan bunga dengan persentase 0 – 1,5% saja per bulan. Terjangkau banget ‘kan, Pinters? Jadi, kamu nggak perlu was-was soal pelunasan pinjaman yang berpotensi mengganggu kuliahmu.

2. Pintek Students Pro

Kalau program Pintek Students Pro ini, cocok untukmu yang melanjutkan pendidikan profesi yang sesuai dengan bidang kerjamu saat ini. Misalnya, kamu sudah bekerja sebagai seorang perawat lalu ingin mengambil program profesi yang dapat meningkatkan skill maupun kariermu. Kamu bisa mencicil pinjaman dengan gaji sendiri. Asyik, ‘kan?

Khusus untuk pinjaman pendidikan Pintek Students Pro ini, kamu bisa mendapatkan grace period atau keringanan pengembalian pinjaman hingga 6 bulan, lho! Selain itu, besaran bunga berkisar hanya 0 – 2% dengan tenor mencapai 18 bulan. Pas banget sebagai dukungan pembiayaan untuk karier yang lebih cemerlang di masa depan.

Baca Juga : Keuntungan Meminjam Uang Pada Program Pintek Students

Syarat Pengajuan Pintek Students, Anti Ribet!

pinjaman pendidikan

Gimana nih, Pinters? Kamu sudah cukup paham kan tentang perbedaan antara Pintek Students Reg & Pro serta bisa memilah yang paling sesuai untukmu? Lantas, bagaimana cara mengajukan pinjaman tersebut agar kami dapat memberikan dukungan pendanaan terbaik untukmu? Pertama-tama, kamu perlu memenuhi tiga kriteria utama terlebih dahulu :

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah.
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun – pada akhir masa tenor.
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3.000.000,- per bulan.

Bagaimana kalau kamu belum berusia 21 tahun? Solusinya adalah dengan meminta orang lain mengajukan pinjaman untukmu, namun masih satu Kartu Keluarga (KK), ya. Bisa orang tua atau kerabat yang memenuhi persyaratan usia, di mana berlaku juga untuk minimal penghasilan. Jika kriteria-kriteria di atas terpenuhi, langkah selanjutnya adalah pengumpulan dokumen.

Dokumen yang dibutuhkan tergantung pada profesi pemohon dan institusi yang kamu pilih ya, Pinters. Skema lengkapnya :

1. Pegawai Swasta / Pegawai Negeri Sipil.

  • KTP.
  • Swafoto dengan KTP.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Riwayat mutasi rekening 3 bulan terakhir (rekening koran).

Sebagai catatan tambahan, untuk pengajuan pinjaman pendidikan lebih dari sepuluh juta rupiah, kamu harus menyertakan slip gaji selama kurun waktu 2 bulan terakhir ya, Pinters.

2. Wirausahawan

Persyaratan ini berlaku apabila pemohon atau penjamin pinjaman berstatus pemilik usaha (wirausahawan) di mana secara teknis tidak berbeda dengan dokumen pengajuan untuk pegawai. Hanya saja, rekening koran dan slip gaji digantikan oleh slip izin usaha dari instansi berwenang (baik dari kelurahan maupun SIUP bernotaris) dan foto usaha.

Kamu bisa langsung mengajukan dokumen tersebut pada kami untuk diverifikasi dan ditinjau terkait kelayakan serta nominal pinjaman yang dapat dicairkan, Pinters. Namun, bila kamu memilih institusi pendidikan yang tidak menjalin partnership dengan kami, ada dokumen tambahan yang harus kamu sertakan :

  • Tanda penerimaan mahasiswa baru / Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  • Bukti tagihan dari lembaga pendidikan terkait.
  • Prosedur pembayaran institusi pilihanmu.

Setuju nggak Pinters kalau Pintek Students merupakan solusi tanpa masalah yang dibutuhkan oleh semua mahasiswa yang tersandung soal pendanaan? Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi ke mana harus mengajukan pinjaman pendidikan yang nggak bikin pusing. Sesuai dengan prinsip ‘biaya ringan, hati ringan’, kami siap mendukung impianmu, Pinters.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *