Memasuki bulan suci Ramadhan, banyak sekali jenis usaha yang bisa kamu jalankan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah yang berlimpah. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kalau bisnis menjadi salah satu cara untuk jadi kaya raya.

Terbukti, mayoritas orang terkaya di dunia adalah seorang pengusaha. Tak hanya itu, banyak sekali anak muda yang menginspirasi dan juga berprofesi sebagai pengusaha muda.

Agar bisnis kamu dapat berjalan lancar sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal, kamu juga perlu mengatur strategi jualan salah satunya dengan memanfaatkan momen besar di Indonesia, seperti Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan lainnya.

Meski begitu, kamu tetap harus memilih sektor bisnis yang akan selalu diminati dan dibutuhkan masyarakat agar bisnis kamu dapat bertahan lama dan semakin berkembang.

Oleh karena itu, Pintek ingin memberikan rekomendasi jenis usaha di bulan Ramadhan yang bisa bikin kamu kaya mendadak. Yuk, simak di sini.

1. Bisnis kuliner

bisnis kuliner

Bisnis kuliner memang menjadi jenis usaha yang bisa dibilang pasti laris manis saat bulan Ramadhan. Pasalnya, keinginan untuk menyantap berbagai makanan atau minuman seakan meningkat saat puasa.

Setelah menahan lapar dan haus sekitar 13 jam, jadi wajar saja saat berbuka puasa ingin mengonsumsi makanan dan minuman lezat. Tak heran, jika banyak pedagang yang menjajakan jualannya di pinggir jalan menjelang buka puasa.

Baca Juga: 5 Bisnis Modal Kecil di Tahun 2021 yang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

Selain itu, sebelum Covid-19 melanda Indonesia, bulan puasa juga selalu identik dengan acara berbuka puasa bersama. Restoran, tempat makan, kafe baik yang ada di pinggir jalan maupun di mall selalu dipadati oleh banyak orang.

Kamu bisa menjajal bisnis takjil, kolak, aneka jenis minuman, kurma, warung makan, katering khusus buka puasa dan sahur dan lain sebagainya.

Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis kuliner yang kamu jalani. Jangan lupa berikan diskon agar semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli.

2. Bisnis bahan pokok

bisnis bahan pokok

Selain bisnis kuliner, jenis usaha lainnya yang dijamin laris manis saat bulan puasa yaitu bisnis bahan pokok makanan seperti beras, minyak goreng, telur, sayur mayur dan lain sebagainya.

Bisnis yang satu ini bahkan tak hanya untung saat bulan puasa saja tapi juga setiap hari. Soalnya, setiap orang membutuhkan bahan pangan untuk dapat melanjutkan hidup dan memenuhi kebutuhan gizi tubuhnya setiap hari.

Jadi bisa dibilang, permintaan bahan pokok makanan akan selalu ada setiap harinya. Selain itu, kebutuhan bahan pokok juga memiliki harga yang murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Gak cuma itu aja, jika membeli kebutuhan bahan pokok di warung juga dapat disesuaikan dengan isi kantong. Misalnya, kamu bisa membeli telur satu butir atau membeli beras satu liter.

Itulah mengapa, bisnis kebutuhan bahan pokok bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin mendapatkan banyak keuntungan lewat berbisnis.

3. Bisnis perlengkapan ibadah

Bisnis perlengkapan ibadah

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan lebih rajin dan lebih fokus dalam beribadah. Tak hanya puasa, umat muslim juga diharuskan untuk menunaikan ibadah lain seperti shalat, membaca al-quran, sedekah dan lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk menjual berbagai perlengkapan ibadah, seperti mukena, sajadah, sarung dan lain-lain.

Kamu dapat menjual melalui online, baik menggunakan akun Instagram atau Facebook hingga situs jual beli yang kini sudah semakin marak di Indonesia.

4. Jenis usaha di dunia fashion

bisnis fashion muslim

Bisnis fashion bisa dibilang menjadi jenis usaha yang gak ada matinya. Terutama saat bulan Ramadhan, banyak orang yang mulai berbelanja baju muslim baik digunakan saat bulan puasa maupun disimpan untuk Idul Fitri.

Bahkan beberapa pusat perbelanjaan selalu ramai dikunjungi banyak orang terlebih menjelang Idul Fitri. Ada yang digunakan untuk diri sendiri, namun banyak juga yang memilih untuk menjual kembali di pasaran.

Namun, untuk menjalankan bisnis fashion kamu harus memiliki konsep yang matang dan tetap mengutamakan kualitas, seperti menggunakan bahan terbaik hingga memiliki desain yang menarik dan selalu up to date.

Peluang mendapatkan keuntungan besar lewat bisnis fashion juga sangat besar, mengingat jenis usaha yang satu ini terus mengalami perkembangan pesat dari tahun ke tahun. Salah satunya bisnis fashion muslim.

5. Bisnis buku bacaan

bisnis buku bacaan

Jenis usaha lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan selama bulan Ramadhan adalah bisnis buku bacaan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjual buku resep membuat kue kering hingga santapan saat Lebaran.

Selain itu, buku juga menjadi media pembelajaran yang masih digunakan hingga sekarang dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Untuk memasarkan buku, kamu dapat membuka toko online di berbagai marketplace maupun di media sosial agar dapat lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Dengan begitu, kamu dapat menjual buku dagangan kamu hingga seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bisnis yang Menjanjikan Saat Pandemi, Begini Cara Jualan Buku Online!

Cara melebarkan sayap bisnis

cara melebarkan sayap bisnis - jenis usaha

Namanya bisnis tentu ingin berjalan dalam waktu lama. Jadi meski memulainya dengan bisnis kecil-kecilan saat puasa, tapi jika dijalani dengan sungguh-sungguh, tak menutup kemungkinan usaha yang kamu rintis bisa menjadi raksasa.

Akan tetapi pilihlah sektor bisnis yang memang selalu diminati dan dibutuhkan banyak orang agar jualan kamu selalu laris manis setiap hari. Salah satunya adalah bisnis di sektor pendidikan.

Seperti yang diketahui kalau setiap orang membutuhkan pendidikan sebagai bekal masa depannya. Oleh karena itu, bisnis di bidang pendidikan menjadi pilihan yang tepat untuk meraup banyak keuntungan.

Namun, dalam menjalankan bisnis memang tak selalu berjalan mulus. Ada saja halangan yang membuat perkembangan bisnis terhambat. Salah satunya tidak memiliki dana yang cukup untuk melebarkan sayap bisnis.

Tapi kamu tak perlu berkecil hati karena kini banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan suntikan dana salah satunya yaitu dengan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan.

Namun, pastikan kamu memilih lembaga keuangan yang terpercaya dan sudah memiliki izin dari OJK, salah satunya adalah Pintek.

Pintek adalah perusahaan finansial teknologi yang menawarkan layanan keuangan kepada para pelaku usaha di bidang pendidikan yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya.

Pintek sudah terdaftar OJK dan AFPI dan bahkan sudah menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang akan menjamin keamanan peminjam.

Pintek memiliki dua produk pinjaman yaitu Working Capital Loan dan Invoice Financing yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk pinjaman di Pintek, kamu dapat langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau HubungiPintek melalui email di customercare@pintek.id  atau nomor telepon di 021-50884607.