jualan online

Jualan online kini menjadi salah satu peluang yang populer di kalangan mahasiswa. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan fasilitas online, kini memasarkan produk bisa lebih cepat dan mudah.

Maka dari itu tak heran kalau banyak mahasiswa memilih jualan online sebagai usaha sampingan. Mereka bisa mengisi waktu luang dengan mencari penghasilan tambahan lewat online.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak orang-orang yang beralih dari berjualan offline ke online

Nah, karena sekarang ini sudah banyak orang yang berjualan online, maka artinya persaingan bisnis pun semakin ketat.

Untuk itu, buat kamu para mahasiswa yang baru ingin memulai bisnis online, harus memilih jenis usaha yang benar-benar tepat. Pilihlah yang kira-kira mudah untuk dijalankan tapi juga bisa mendatangkan keuntungan. 

Ide bisnis jualan online

Ide bisnis jualan online

Kalau belum terpikir jenis usaha apa yang sesuai denganmu, coba lihat beberapa ide jenis usaha online yang bisa kamu lakukan berikut ini:

1. Tutor online

Jenis usaha yang satu ini sangat direkomendasikan untukmu. Kenapa? Karena selain dapat mendatangkan pemasukan, kamu tidak memerlukan banyak modal untuk menjalaninya.

Modal utama yang kamu butuhkan adalah pengetahuan yang luas dan skill mengajar. Menjadi tutor online juga sangat bermanfaat karena kamu bisa berbagi ilmu yang kamu miliki.

Bukan hanya bermanfaat bagi orang lain, saat menjadi tutor online kamu secara tidak langsung juga ikut me-review pengetahuan yang kamu miliki. Jadi sambil mencari peluang lewat online, kamu bisa mengasah skill-mu juga.

2. Penerjemah online

Buat kamu yang menguasai skill bahasa asing, usaha sebagai penerjemah bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. Hingga sekarang masih banyak perusahaan dan badan-badan yang memerlukan jasa penerjemah.

Kamu bisa mempromosikan kemampuan penerjemah ini lewat online, bisa lewat media sosial atau aplikasi messenger-mu. Jika ditekuni, pekerjaan sampingan penerjemah online ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Mendapatkan Keuntungan Berlimpah!

3. Menjadi reseller

Ingin jualan online tapi bingung cari modal dari mana? Kamu bisa jadi reseller produk-produk yang sedang laris manis dibandingkan membuat produk sendiri atau dropship, menjadi reseller lebih praktis dan keuntungannya pun banyak.

Selain hemat modal, kamu bisa lebih hemat waktu dan lebih mudah membagi fokus antara kuliah dan usaha sampingan. Ada berbagai jenis macam produk yang bisa kamu jual kembali, mulai dari produk kecantikan, makanan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

4. Menjual hasil karya

Mahasiswa biasanya masih bersemangat untuk membuat karya. Apapun karyamu kalau memiliki nilai jual, kamu bisa mengembangkannya menjadi bisnis online.

Misalnya kamu suka melukis, merangkai aksesoris perhiasan, atau membuat kaos-kaos sablon, coba pertimbangkan untuk mempromosikan karya-karyamu secara online. Siapa tahu karyamu bisa menjadi sebuah brand besar yang sukses nantinya.

5. Menjual makanan

Bisnis makanan rasanya tak pernah padam. Bisnis ini memang memiliki potensi yang besar dan termasuk mudah untuk dijalankan. Namun risikonya, makanan bisa basi jika tidak terjual habis di hari yang sama.

Karena itu banyak orang yang menerapkan sistem pre-order (PO) saat menjual makanan. Sistem ini juga bisa mempermudah kamu untuk mengatur waktu antara jualan online dan kuliah.

Itu dia beberapa ide bisnis secara online yang bisa kamu jalani. Apa pun jenis usaha yang kamu pilih, pastikan kamu menerapkan strategi yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Strategi jualan online untuk mahasiswa

Strategi jualan online untuk mahasiswa

Sama seperti berjualan pada umumnya, jualan online pun memerlukan strategi tertentu agar bisa berjalan dengan lancar. 

1. Tentukan target market

Sebelum mulai jualan, kamu harus bisa menjawab “kepada siapakah kamu akan menjual produk?” Apakah remaja, anak-anak, atau orang dewasa.

Target market sangatlah penting untuk menentukan strategi berjualan. Dengan mengetahui siapa orang yang tertarik dengan produkmu, kamu bisa fokus untuk melakukan promosi kepada potential consumer

Baca Juga: 5 Bisnis Modal Kecil di Tahun 2021 yang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

2. Pilih platform yang tepat

Kamu harus menentukan platform untuk jualan, apakah lewat WhatsApp, Instagram, atau e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

Ada banyak faktor yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menentukan mana platform yang paling tepat. Contohnya, jika kamu mengincar konsumen yang usianya matang, biasanya platform seperti WhatsApp akan lebih efektif. 

3. Sediakan foto yang menarik

Kelemahan bertransaksi secara online adalah para calon-calon konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung. Karena itu, peranan foto sangatlah penting. Sebelum memasarkan produk lewat online, pastikan kamu sudah menyediakan foto-foto produk yang jelas dan menarik.

4. Fast response

Setelah kamu memasarkan produk, akan ada banyak calon pembeli yang bertanya tentang produkmu. Untuk itu, pastikan kamu memberikan layanan yang terbaik. Salah satu yang paling penting adalah merespon chat atau telepon para calon pembeli dengan cepat dan ramah. 

5. Pahami strategi digital marketing

Setiap mahasiswa yang memiliki bisnis secara online, wajib hukumnya untuk menguasai digital marketing seperti paid ads, email marketing, SEO, dan lain-lain. Dengan menguasai ini, kamu bisa meningkatkan efektivitas promosi dan meningkatkan penjualan produk.

6. Manajemen waktu

Mengatur waktu antara jualan online dan kuliah bukanlah hal yang mudah. Karena itu, kamu harus berusaha disiplin waktu. Sebagai mahasiswa, sebaiknya prioritaskan belajar daripada berjualan.

Pastikan dulu tugas-tugas kuliahmu sudah dikerjakan dengan baik, baru setelah itu kamu bisa mengelola usaha secara online.

Baca Juga: Bantu Penjual Online, Pintek Tawarkan Diskon Pinjaman Modal Usaha!

Intinya, jangan sampai pekerjaan sampinganmu mengganggu kuliah. Jika kamu terpaksa harus bekerja agar bisa membiayai kuliah, kamu bisa cari solusi lain, seperti mencari pinjaman dana pendidikan ke Pintek.

Di website resmi Pintek kamu bisa menemukan layanan Pintek Regular yang bisa memberikan pinjaman dana untuk kuliah hingga Rp 300 juta dengan syarat-syarat yang fleksibel. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis online tapi tetap menggapai mimpi dengan hati ringan.

Untuk mendapatkan pinjaman dari Pintek, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi customer service via email customercare@pintek.id maupun melalui telepon atau WhatsApp di nomor 021-50884607.