Pendidikan

5 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati Namun Berprospek Cerah

Saat memilih peminatan di SMA sebaiknya jangan gegabah. Idealnya penjurusan tersebut disesuaikan dengan rencana studi yang ingin ditempuh di jenjang universitas. Pinters yang berada di kelas peminatan IPA sebenarnya mempunyai banyak alternative jurusan kuliah. Untuk Prodi-prodi favorit tentu kamu sudah tahu, tetapi bagaimana dengan jurusan kuliah IPA yang jarang diminati?

Walaupun tidak terlalu diprioritaskan oleh calon mahasiswa, daftar jurusan berikut ini memiliki prospek masa depan yang cerah. Penasaran? Inilah informasinya.

Jurusan Kuliah IPA yang Kurang Diminati Walaupun Banyak Dibutuhkan

jurusan ipa

Ada untungnya Pinters memilih jurusan yang jarang peminatnya. Selain kompetisi ujian masuknya tidak seketat jurusan favorit, kamu berpeluang untuk kuliah di universitas yang bergengsi. Beberapa daftar jurusan berikut mungkin bisa menginspirasi kamu dalam memilih jurusan untuk studi di perguruan tinggi.

1. Fisika

Berbeda dengan jurusan Pendidikan Fisika, bidang fisika murni kurang begitu populer. Di sini kamu akan mempelajari ilmu fisika lebih mendalam dan detail. Selanjutnya Pinters bisa memilih prodi atau peminatan sesuai yang ditawarkan oleh universitas. Ini antara lain Fisika Material, Fisika Nuklir, Partikel, dan lain-lain.

Prospek pekerjaan untuk jurusan ini terbilang luas dan menjanjikan penghasilan besar. Ini misalnya di perusahaan telekomunikasi dan migas, BMKG, atau LIPI.

Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Fisika terbaik adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Nama kampus yang didirikan di tahun 20-an tersebut seakan sudah menjadi garansi kualitas para alumninya. 

Berikutnya di posisi kedua ada Universitas Indonesia yang menyediakan 6 prodi untuk jurusan ini, termasuk Fisika Medis.

2. Astronomi

Pinters pernah dengar tentang jurusan Astronomi? Bidang yang satu ini termasuk jurusan sepi peminat SBMPTN 2020. Alasannya mungkin karena belum banyak calon mahasiswa yang mengetahui prospek jurusan ini atau dianggap terlalu sulit.

Astronomi adalah salah satu ilmu eksakta tertua yang fokusnya mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Dibutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika untuk menempuh studi di jurusan Astronomi ini.

Profesi yang dapat Pinters tekuni setelah lulus, misalnya adalah sebagai peneliti berbagai lembaga-lembaga penelitian. Ini misalnya Observatorium Bosscha, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Hingga saat ini perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Astronomi hanya ada satu yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Bahkan tidak hanya satu-satunya di Indonesia, jurusan tersebut juga yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

3. Oseanografi

Sebagai negara kepulauan yang tengah memperkuat sector maritimnya, Tanah Air kita tentu sangat memerlukan SDM-SDM berkualitas dengan kompetensi terkait tujuan tersebut. Oseanografi adalah bidang studi yang menekuni berbagai aspek yang berhubungan dengan kelautan.

Ini antara lain organisme laut, geologi di dasar laut, arus samudra, gelombang, ekosistem laut, dan lain-lain. Keilmuan tersebut berikutnya dapat diterapkan pada berbagai bidang lain yang linear seperti rekayasa lingkungan, perikanan, dan mitigasi bencana laut.

Untuk para lulusan jurusan Oseanografi ini dapat berkecimpung dalam profesi peneliti ruang angkasa dan atmosfer, pengajar, konsultan reservasi lingkungan, dan lain-lain. Ada dua kampus negeri ternama di Tanah Air yang menawarkan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Diponegoro (Undip).

4. Teknologi Hasil Perikanan

Teknologi Hasil Perikanan termasuk dalam jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada bidang ini Pinters akan belajar untuk menerapkan teknologi modern dalam sektor perikanan agar memberikan manfaat yang lebih optimal.

Kamu akan mendapatkan materi perkuliahan yang berhubungan dengan bisnis perikanan, manajemen industri, hingga proses setelah panen pada industri perikanan. 2/3 kawasan di Tanah Air kita adalah lautan yang potensi perikanannya seharusnya dimaksimalkan.

Inilah sebabnya jumlah para ahli terkait sektor perikanan harus tercukupi. Setelah lulus Pinters dapat memilih berbagai profesi untuk meniti karir. Ini antara lain pada perusahaan swasta besar dan terkemuka atau sebagai staf pada instansi pemerintah seperti Kemenristek serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain itu kamu juga berkesempatan berkecimpung dalam bidang yang seru seperti manajer akuakultur.

Jurusan ini banyak ditawarkan oleh kampus-kampus negeri ternama di Indonesia, seperti Universitas Airlangga, Brawijaya, Sriwijaya, Universitas Padjajaran, dan sebagainya. 

Jurusan yang jarang diminati di Unpad dan perguruan tinggi negeri lain tersebut, siapa tahu menjadi sarana untuk Pinters meraih kesuksesan. 

5. Ilmu Kehutanan

Kalau Pinters senang menghabiskan waktu di luar ruangan untuk berdekatan dengan alam, mungkin Ilmu Kehutanan adalah jurusan yang cocok buat kamu. Walaupun terlihat seru dan menarik, faktanya bidang ini termasuk kategori jurusan sepi peminat 2020. 

Padahal prospek kerja alumninya sangat menjanjikan plus berkesempatan mendapat gaji besar.

Materi yang akan kamu pelajari di sini berkaitan dengan ekologi, teknologi hasil hutan, serta konservasi hutan. Yang terakhir ini akan memungkinkan kamu berkontribusi dalam menangani kerusakan hutan Indonesia yang semakin parah dari tahun ke tahun.

Lulusan dari jurusan ini dapat menekuni profesi yang berhubungan dengan industri perkayuan, pemetaan hutan, serta pada badan-badan pelestarian dan konservasi alam. Universitas yang menyediakan jurusan ini cukup banyak, seperti IPB, Universitas Lampung, Universitas Sumatera Utara, Universitas Tadulako, dan lain-lain.

Baca Juga : 9 Jurusan Kuliah IPA yang Menjanjikan Peluang Kerja di Era 4.0

Selain 5 jurusan tersebut, Teknik Nuklir juga merupakan bidang yang jarang diminati oleh calon mahasiswa. Walaupun UGM sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang menawarkan jurusan tersebut bukanlah universitas sepi peminat, tetap saja Teknik Nuklir dipandang kurang menarik.

Jurusan lain yang juga tidak terlalu diperhitungkan oleh peserta tes SBMPTN adalah Teknik Biomedis. Bidang ini berkonsentrasi pada sektor teknik yang berhubungan dengan kesehatan, misalnya peralatan medis berbasis teknologi modern untuk kebutuhan diagnosa hingga pengobatan.

Untuk Pinters yang saat ini masih ragu untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi karena kesulitan biaya, jangan berkecil hati. Pintek, perusahaan finansial yang berfokus pada pendanaan pendidikan siap menjadi mitra terbaik untuk mendukung Pinters mewujudkan cita-cita.

Produk pendanaan kami tersedia untuk berbagai keperluan studi mulai dari uang pangkal, biaya semester, serta kursus untuk mengembangkan potensi diri.

Ada 3 alasan mengapa Pinters harus memilih Pintek, yaitu, berbiaya rendah, proses cepat dan praktis, serta persyaratan pinjaman mudah. Kunjungi situs resmi kami dan temukan produk pendanaan sesuai kebutuhan Pinters.

Nah, demikianlah ulasan tentang jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tetapi banyak dibutuhkan. Semoga menginspirasi.

Artikel Terkait

Back to top button