beasiswa prestasi

Disrupsi teknologi telah menggantikan peran-peran manusia dengan teknologi yang lebih canggih. Dulu persepsi kebanyakan orang jika ingin dapat pekerjaan yang bagus, ambillah jurusan IPA. Namun, apakah untuk saat ini semua itu tetap berlaku, Pinters? Untuk lebih jelasnya, simak jurusan kuliah IPA yang menjanjikan peluang kerjanya di era 4.0 berikut ini:

1. Teknik Informatika

Peluang jurusan teknik informatika saat ini semakin diminati di tengah perkembangan teknologi internet yang berkembang pesat. Walaupun secara bekal akademik membutuhkan perjuangan yang tinggi, peluang jurusan ini sangat menjanjikan.

Perusahaan-perusahan multinasional seperti Google, Facebook, Telkom, dan sebagainya membutuhkan lulusan jurusan ini. Jurusan ini mempelajari tentang sistem komunikasi melalui jaringan komputer. Sangat prospek dan potensial untuk kebutuhan perkembangan teknologi di era 4.0.

2. Farmasi

Kebutuhan kesehatan tak pernah digantikan oleh teknologi. Meracik obat menjadi kebutuhan apotek yang saat ini membutuhkan jurusan farmasi. Kalau Pinters menyukai dunia kesehatan, salah satu jurusan yang akan tetap menjanjikan peluang kerjanya adalah farmasi. Di era 4.0 lulusan farmasi tetap dibutuhkan di rumah sakit, apotek dan sebagainya.

Berapa jumlah gaji lulusan farmasi? Tergantung posisi yang Pinters pilih, apakah bekerja sebagai tenaga apoteker sebuah apotek, honorer di rumah sakit atau memilih bekerja di perusahaan. Namun, jurusan ini juga memungkinkan Pinters jadi dosen jika lanjut ke jenjang pendidikan selanjutnya. Bisa juga mengambil lowongan PNS apoteker yang tersedia.

3. Desain Komunikasi Visual

Salah satu jurusan yang paling hits saat ini perlu Pinters ketahui adalah jurusan Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini bukan hanya mampu mendesain, tetapi juga mampu merancak sebuah produk melalui kemampuan komunikasi visual yang disampaikan kepada publik.

Peluang kerja jurusan desain komunikasi visual ini sangat banyak. Mulai dari penerbitan, perusahaan desain grafis, industri film dan industri kreatif lainnya. Segala pekerjaan yang terkait dengan desain dan perancangan produk pada umumnya mencari latar belakang akademik dari jurusan ini.

4. Kedokteran

Jurusan IPA favorit yang satu ini dari dulu sampai sekarang masih tetap unggul dan menjanjikan. Grade jurusan yang tinggi tak menghalangi minat orang berburu pekerjaan sebagai dokter. Sehebat apapun teknologi di era 4.0, seorang dokter tak akan kehilangan pekerjaannya melayani pasien. Oleh karena itulah menjadi dokter tetap pilihan.

Jurusan dokter paling populer dan menjanjikan antara lain dokter kandungan, dokter umum, dokter penyakit dalam, dokter gigi dan sebagainya.

5. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu jurusan di Fakultas Teknik yang dibutuhkan dunia kerja cukup tinggi. Proyek-proyek pembangunan jalan, gedung, perkantoran, perusahaan, bangunan pemerintah dan sebagainya membutuhkan lulusan teknik sipil dengan peluang gaji yang cukup besar.

Sarjana teknik sipil pria sangat jarang yang menganggur karena peluang kerja jurusan ini cukup banyak. Apalagi bagi mereka yang memiliki kemampuan akademik bagus, kemampuan kerja yang baik dan memiliki relasi. Peluang gaji puluhan hingga ratusan juta sangat mungkin untuk jurusan ini.

Baca Juga : Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Memiliki Peluang Kerja Besar

6. Teknik Arsitektur

Selain sipil, jurusan arsitektur di Fakultas Teknik juga cukup menjanjikan untuk dipilih oleh Pinters. Peluang kerja jurusan ini belum tergantikan oleh mesin di era 4.0. Walaupun program desain sudah banyak, tetapi menciptakan seni desain adalah hal rasa yang hanya bisa dilakukan oleh manusia melalui nilai estetika.

Peluang penghasilan jurusan ini juga sangat menjanjikan. Arsitektur adalah hal yang tak pernah mati dan akan selalu dibutuhkan orang. Pinters bisa membuka layanan jasa sendiri, bekerja di agency, perusahaan dan sebagainya yang mencari skill arsitek.

7. Agribisnis

Fakultas Pertanian juga memiliki jurusan favorit yang memiliki potensi dan peluang kerja tetap menjanjikan di era 4.0. Agribisnis merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan produk pertanian dan dikembangkan untuk potensi bisnis. Produk pertanian Indonesia cukup menjanjikan dikelola dan masih menjadi peluang yang jarang digarap.

8. Teknik Penerbangan

Jurusan teknik penerbangan juga masih potensial untuk diambil. Jurusan ini hanya disediakan di kampus tertentu saja sehingga peminat yang tinggi menciptakan grade jurusan yang lebih tinggi juga. Prospek kerja jurusan ini sudah cukup jelas yakni bekerja di bidang penerbangan.

Potensi gaji pun cukup menjanjikan, apalagi jika Pinters bisa menduduki jabatan penting seperti pilot atau posisi lain dengan grade gaji yang besar.

9. Keguruan IPA

Keguruan IPA juga sangat diminati dan menawarkan grade jurusan yang tinggi. Guru matematika, kimia, fisika, biologi adalah jurusan favorit paling diburu mahasiswa sekaligus peluang kerjanya sangat tinggi dan menjanjikan. Jika ingin memilih fakultas keguruan, maka jurusan IPA menjadi jurusan potensial yang menjanjikan untuk dipilih.

Kalau Pinters cukup puas dengan S1 bisa langsung mencari kerja di sekolah swasta, pesantren dan sejenisnya. Jika ingin ke negeri bisa mengambil peluang PNS. Jika ingin menjadi dosen bisa melanjutkan ke jenjang pasca sarjana.

Jurusan apa yang menjadi favorit pilihan Pinters? Barangkali secara kemampuan akademik cukup memadai tetapi ada masalah dengan biaya kuliah? Jangan khawatir karena kami dari Pintek siap mewujudkan keinginan Pinters untuk sukses di dunia pendidikan.

Pintek adalah lembaga pemberi pinjaman dana pendidikan yang siap membantu penyelenggaran pendidikan di Indonesia yang lebih berkualitas. Punya kendala masalah keuangan spp, uang pangkal kuliah, biaya hidup atau biaya pendidikan yang lain, manfaatkan produk pinjaman dana pendidikan yang ditawarkan Pintek.

Jurusan kuliah IPA yang menjanjikan umumnya adalah jurusan kuliah yang banyak dengan biaya tambahan praktikum. Mungkin secara biaya cukup memberatkan. Hubungi Pintek untuk solusi pembiayaan kuliah Pinters.