Matematika

Ada berbagai motivasi mengapa para pekerja rela untuk kuliah lagi. Secara umum, tujuan puncaknya adalah peningkatan karir dan pendapatan. Pemilihan jurusan kuliah yang tepat jadi hal yang sangat krusial supaya ilmu yang didapat bisa mendukung pekerjaan untuk lebih optimal.

Pinters yang saat ini sudah bekerja dan ingin kuliah lagi seharusnya lebih cermat dalam memilih jurusan. Jangan sampai salah memilih jurusan seperti anak SMA yang baru lulus.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan yang umumnya diminati para pekerja yang ingin kuliah lagi.

1. Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), & Manajemen Informatika (D3)

Cukup banyak pekerja berhasrat memilih jurusan yang ada embel-embel komputer atau informatika. Pikir mereka, itu adalah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja kekinian.

Di jurusan ini kamu akan banyak berkutat dengan bahasa pemrograman. Menyusun code (coding) menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk bisa membuat suatu aplikasi.

Jurusan ini cocok untuk Pinters yang bekerja di bidang software development. Misalnya programmer, web developer, database administrator, system analyst, dll.

Jurusan ini merupakan jurusan kuliah saintek yang cukup populer.

Jurusan Teknik Informatika cenderung lebih teknis, ibarat penggabungan ilmu computer science dan software engineering.

Sedangkan Sistem Informasi dan Manajemen Informatika cenderung mendalami pengaplikasian teknologi informatika untuk menunjang kebutuhan bisnis.

2. Akuntansi

Jurusan ini termasuk jurusan kuliah IPS yang populer. Akuntansi juga dianggap jurusan kuliah yang menjanjikan karena di setiap industri pasti butuh tenaga kerja untuk mengelola keuangan.

Di jurusan ini Pinters akan belajar lebih mendalam tentang bagaimana membuat pencatatan keuangan yang efektif, menyusun laporan keuangan yang tepat, menganalisa dan mengevaluasi anggaran, menyajikan laporan keuangan yang jelas dll.

3. Manajemen

Secara garis besar, jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan suatu organisasi atau perusahaan.

Nah, hal yang dikelola ada bermacam-macam, bisa Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran, Operasi, dll. Bidang-bidang ini biasanya masuk dalam konsentrasi penjurusan.

4. Jurusan Psikologi

Pinters jangan berpikiran bahwa jurusan ini akan bersinggungan dengan orang-orang gangguan kejiwaan. Itu adalah pemikiran yang sempit.

Ini adalah jurusan yang cukup kompleks. Di jurusan Psikologi kamu akan mempelajari tentang pikiran, perilaku, dan mental manusia secara umum.

Setelah lulus S1 kamu tidak bisa langsung menjadi Psikolog atau Psikiater.

Jika ingin menjadi Psikolog, kamu masih harus melanjutkan ke pendidikan profesi Psikolog.

Sedangkan untuk menjadi Psikiater kamu harus lewat jalur Pendidikan Dokter Umum. Setelah itu masih harus menyelesaikan Pendidikan Profesi Kedokteran, kemudian baru bisa mengambil spesialis kejiwaan.

Prospek kerja untuk lulusan S1 Psikologi cukup luas kok. Kamu masih bisa berkarir di bagian HRD suatu perusahaan, menjadi konsultan karir, menjadi trainer, bekerja di bidang Research and Development, dll.

5. Keperawatan

Cukup banyak orang yang tertarik untuk berkarir di bidang kesehatan. Jika jurusan Kedokteran terlalu muluk, pilihan alternatif yang cukup masuk akal adalah Jurusan Keperawatan.

Jenjang pendidikan Jurusan Keperawatan umumnya terbagi dalam D3 atau S1. Program D3 lebih fokus ke praktek sedangkan S1 lebih menyeluruh dalam mendalami teori dan praktek.

Gelar D3 Keperawatan yaitu A.Md.Kep. Gelar S1 Keperawatan adalah S.Kep dan perlu melanjutkan pendidikan profesi selama 1 tahun untuk bisa mendapat gelar Ners atau Ns.

Prospek kerja jurusan ini tidak sebatas menjadi perawat di rumah sakit lho. Kamu bisa jadi perawat di home care atau membuka praktek home care sendiri jika sudah mendapat gelar Ners.

Kamu juga bisa menjadi perawat di suatu klinik kecantikan, berprofesi sebagai analis data klinis, menjadi paramedis, dll.

6. Ilmu Komunikasi

Secara garis besar jurusan ini mempelajari tentang proses komunikasi dan bagaimana untuk bisa menyampaikan suatu pesan atau informasi secara efektif.

Konsentrasi pada jurusan ini diantaranya, yaitu Public Relation (PR), Broadcasting, Jurnalistik, Advertising, dll.
Jika melihat konsentrasinya, ada banyak prospek pekerjaan yang bisa Pinters ambil. Umumnya lulusan dari jurusan ini akan berkecimpung di dunia kreatif.

7. Pariwisata

Industri Pariwisata di Indonesia cukup seksi. Ini adalah jurusan kuliah terbaik untuk kamu yang passion dengan dunia pariwisata dan ingin berkarir di industrinya.

Dengan masuk jurusan ini kamu bisa dipersiapkan menjadi tenaga handal di bidang Pariwisata.

Kamu bisa belajar bagaimana menjalankan manajemen suatu tempat wisata, menjalankan bisnis tour and travel, dan perhotelan.

Di jurusan ini kamu akan dipersiapkan dengan beberapa materi seperti psikologi jasa, ekonomi pariwisata, bahasa asing, hukum pariwisata, dll.

Baca Juga : Raih Impian! Ikut Program Kuliah Sambil Kerja di Jepang!

Tips Memilih Jurusan

cara memilih jurusan

Buat Pinters yang sedang galau memilih jurusan mana yang pas, tips berikut ini mungkin bisa membantu:

  • Sesuaikan dengan bidang pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini. Pilih jurusan yang bisa meningkatkan skill dan pengetahuanmu di bidang tersebut.
  • Pertimbangkan akreditasi jurusan.
  • Memilih jurusan yang sesuai kapasitas dan potensi diri. Mengacu pada hal ini, kamu harus benar-benar mendalami apa kelebihan dan kekuranganmu.
  • Manfaatkan platform persiapan kuliah. Rencanamu.id adalah salah satu platform yang bisa kamu coba. Dengan teknologi People Science, platform ini bisa membantumu memberikan rekomendasi sesuai data profilmu.
  • Memilih jurusan yang bisa mendukung visi karirmu di masa depan.
  • Sebelum memilih, riset dulu di internet. Kamu bisa mencari rekomendasi sesuai tujuan, info tentang detail jurusan, melihat testimoni, dll.

Keputusan untuk kuliah lagi memang butuh banyak pertimbangan. Selain jurusan dan perguruan tingginya, biaya juga jadi pertimbangan. Dibanding program kuliah reguler, program kelas karyawan cukup tinggi biayanya.

Saat sudah terbentur masalah dana, Pinters jangan dulu patah arang. Ada solusi dari Pintek yang bisa membantu.

Pinjaman dana pendidikan dari Pintek bisa menyelesaikan pelunasan biaya kuliah dan Pinters tinggal mencicilnya dengan bunga ringan. Jadi saat Pinters belum gajian, tapi tagihan sudah mendekati jatuh tempo, segera ajukan permohonan pinjaman melalui website Pintek.

Dalam memilih jurusan kuliah tidak perlu buru-buru. Pilih dengan bijak supaya kuliahmu bermanfaat untuk mendongkrak karir. Selamat berjuang menempuh pendidikan lagi.