OTKP

Tujuan Kompetensi Keterampilan Menghasilkan lulusan yang berkarakter, siap kerja, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta kompeten dalam otomasi tata kelola kepegawaian, pengelolaan keuangan, pengelolaan infrastruktur dan kehumasan, pengelolaan kehumasan dan protokoler, serta pengelolaan produk kreatif dan kewirausahaan.

Otomasi Tata Kelola Kantor (OTKP)

Office Automation and Governance adalah jurusan yang erat kaitannya dengan korespondensi dan komunikasi. Jurusan Otomasi Administrasi Perkantoran atau OTKP merupakan program unggulan di SMK TRIMULIA.

Program OTKP memiliki visi dan misi departemen:

Visi: Mendidik manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berakhlak mulia, berilmu, cerdas, kreatif dan inovatif, berkepribadian, berkarakter serta memiliki kemampuan dan keterampilan profesional.

Baca Juga : Jurusan SMK Yang Bagus Untuk Wanita & Laki-Laki + Mudah Dipelajari

Misi: Menghasilkan lulusan yang kompeten, Meningkatkan kerjasama dengan DU/DI dalam rangka praktik kerja dan penempatan magang bahkan di dunia kerja yang lebih luas.

Kualitas yang ingin dicapai departemen OTKP:

  1. Mencapai keunggulan di bidang IMTAQ dan ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya yang sedang marak di dunia modern
  2. Departemen OTKP mengutamakan kualitas secara profesional dan selalu bersinergi dengan berbagai dunia kerja dan dunia usaha, baik secara individu maupun kelompok.
  3. Memenuhi kebutuhan yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di bidang perkantoran, industri dan pasar serta dunia usaha pada umumnya.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dengan berbagai cara melalui pelatihan, kursus, LKS, uji kompetensi dari berbagai media yang dibuktikan dengan adanya sertifikat.

Otomasi Kantor dan Tata Kelola (Industri Bandara dan Penerbangan)

Operasi Otomasi Tata Kelola Kepegawaian, Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Infrastruktur, Tata Kelola Humas dan Protokol, Teknologi Perkantoran, Korespondensi, dan Kearsipan

Simulasi dan Komunikasi Visual

  1. Ekonomi Bisnis
  2. Administrasi Umum
  3. IPA
  4. Teknologi Kantor
  5. Korespondensi
  6. Manajemen rekaman
  7. Otomasi Tata Kelola Personalia
  8. Otomasi Tata Kelola Keuangan
  9. Otomasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
  10. Humas dan Otomasi Tata Kelola Protokol

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan OTKP?

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja kompetensi keahlian OTKP (Bandara):

  1. Staf Bandara
  2. Bagian Tiket

Petugas yang bertugas melayani proses booking dan penjualan tiket. Bagian ticketing ditempatkan di bandara langsung untuk melayani pembelian langsung. Selain itu, ada juga yang ditempatkan di kantor pusat maskapai atau agen perjalanan.

Tugasnya melayani penumpang dalam proses booking dan pembelian tiket pesawat. Petugas ticketing harus memiliki akurasi yang baik dan kemampuan pemasaran yang baik. Karena untuk meyakinkan penumpang agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan tentu tidak mudah. Apalagi di Indonesia, banyak sekali maskapai penerbangan yang menawarkan berbagai rute dan biaya.

  1. Bagian Konter Check-In

Check-in sebelum naik ke pesawat adalah proses konfirmasi calon penumpang ke pihak maskapai sebelum naik ke pesawat. Sekarang petugas loket check-in disini bertugas untuk mencocokkan tiket yang dibawa penumpang dengan identitas penumpang.

Kemudian petugas check-in akan mengeluarkan boarding pass yang berisi informasi nama penumpang, waktu boarding, nomor penerbangan, ruang tunggu asal dan tujuan penerbangan, nomor kursi dan kode pemesanan tiket.

  1. Bagian CRO

Customer Relation Officer (CRO) yakni staf maskapai penerbangan yang menjalin hubungan baik dengan seluruh penumpang. Bagian ini juga akan membantu menangani staf lain sebagai mediator penyelesaian masalah kepada penumpang.

  1. Bagian Transfer Desk

Meja transfer yakni tempat untuk melayani penumpang transit dan pindah pesawat. Beberapa hal yang menyebabkan transit ini biasanya tidak ada penerbangan yang langsung menuju bandara sehingga diperlukan penggunaan pesawat lain, atau mungkin berganti maskapai penerbangan lain.

Meja transfer juga memberikan konfirmasi kepada penumpang mengenai berikutnya dengan jarak waktu yang lama. Penumpang dapat memajukan jadwal penerbangan melalui meja transfer. Tanggung jawab mereka yakni feri dan bagasi penumpang yang melakukan penerbangan lanjutan.

  1. Hilang dan Ditemukan

Personalia Staf: Peluang atau prospek kerja OTKP yang kelima adalah personalia staf. Salah satu upaya adalah menyusun daftar hadir karyawan. Kamu juga akan bekerja dengan proses rekrutmen di tempat kamu bekerja.

Staf Tata Usaha

  1. Eksekutif Akun: Pernah mendengar prospek karir yang satu ini? Tugasnya dengan klien.
  2. Asisten pribadi: Peluang atau prospek kerja ATKP berikutnya adalah asisten pribadi. Tugasnya hampir sama seperti tugas sekretaris pribadi.
  3. Resepsionis: Kamu perlu memiliki tampilan yang menarik dan rapi.
  4. Petugas Perpustakaan: Kamu akan menata buku sesuai dengan kategorinya. kalau kamu suka dengan buku, kamu bisa menjadikan ini sebagai karir kamu untuk dipilih.

Keunggulan Jurusan NKPI

Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Perguruan Tinggi Selasa, 05 Juni 2018 Kelebihan Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Perguruan Tinggi Setiap sebelum dan sesudah lulus SMP banyak siswa kelas 9 dan yang baru lulus mulai mencari informasi pendaftaran untuk level selanjutnya.

Apapun alasannya, sebenarnya sangat tidak pantas untuk berpikir bahwa pendidikan di SMK tidak baik dan tidak diminati. Karena banyak keuntungan yang bisa didapat jika ingin kuliah di SMK. Dan salah satunya adalah SMK jurusan administrasi perkantoran.

Baca Juga : Beragam Jurusan SMK Lengkap dan Perbedaannya Dengan SMA

Dengan mengambil jurusan ini, nantinya kamu juga bisa melanjutkan di jurusan yang sama selama kuliah. Mengenal Jurusan Administrasi Perkantoran Sebelum kita membahas kelebihan jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan Perguruan Tinggi, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan jurusan ini.

Perkembangan industri dan bisnis saat ini memang pesat, untuk itu tentunya membutuhkan tenaga ahli sebagai pelaksana administrasi yang memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang tersebut. Memang belum banyak orang yang melirik jurusan ini, tapi jangan salah karena jurusan administrasi perkantoran memiliki segudang kelebihan.

Setelah Anda lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan jurusan administrasi perkantoran, Anda dapat langsung bekerja dengan semua keterampilan yang telah Anda peroleh atau memperdalamnya di tingkat universitas.

Beberapa Keunggulan Jurusan Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi saatnya memasuki inti pembahasan yang akan memberikan penjelasan mengenai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengambil jurusan administrasi perkantoran. Untuk jenjang SMK, kita sudah paham bahwa jenjang sekolah ini lebih bersifat praktek daripada teori.

Apa Keterampilan Yang Tidak Dipelajari di Sekolah Lain?

Dilengkapi dengan kemampuan mengetik dengan 10 jari buta, sehingga Anda akan terbiasa mengerjakan tugas dengan cepat tanpa harus melihat keyboard. Tentunya kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi jurusan administrasi perkantoran, karena saat ini perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang bisa diajak bekerja dengan cepat.

Dilengkapi dengan tata cara administrasi yang baik dan benar, mengelola perusahaan, mengenal struktur bahasa yang baik dan benar dan Dilengkapi dengan kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan filing, dan menangani masalah keuangan.

Dilengkapi dengan table manners skill, karena di departemen ini anda dipersiapkan untuk menjadi ahli terutama ketika akan bekerja di perusahaan besar. Sekarang setelah SMK, kamu bisa melanjutkan ke jenjang universitas di jurusan yang sama. Tentunya Anda akan lebih terbiasa dibandingkan dengan mahasiswa lain dari jurusan lain.

Di tingkat universitas ini, Anda akan mendapatkan konsolidasi teoritis dari praktikum yang telah Anda pelajari di SMK. Selain itu, ketika Anda melanjutkan pendidikan di universitas, posisi Anda dapat terus meningkat dan menjadi lebih profesional. Demikian penjelasan dari saya tentang OTP semoga bermanfaat, terima kasih.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat