Jurusan Statistika

Dalam pemilihan jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang-matang. Karena saat Menentukan jurusan kuliah yang tepat akan sangat berpengaruh untuk menentukan nasib hidup kita di masa mendatang. Jurusan statistika tidak mendapat atensi lebih dan kalah dengan banyak jurusan favorite lain, mari kita bahas lebih jelas dan terperinci seputar Jurusan Statistik.

Apa Itu Jurusan Statistika

Jurusan Statistika lebih dikenal sebagai jurusan kuliah untuk anak IPA, Jurusan Statistika atau Statistika merupakan sebuah ilmu yg mengusut bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, kemudian menginterpretasikan dan pada akhirnya mempresentasikan data.

Jurusan statistika memiliki kemiripan dengan jurusan matematika karna pada dasarnya jurusan statistika adalah cabang dari jurusan matematika. Hal yang membedakan kedua ilmu ini salah satunya adalah Ilmu Statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data, Sedangkan jurusan Matematika lebih umum pembelajarannya dan tidak ada pengolahan data. biasanya ilmu statistika menjadi cabang peminatan untuk jurusan matematika.

Baca Juga : Pendaftaran UTBK, Rincian Biaya dan Syaratnya, Wajib Dibaca!

Untuk lebih jelas dan terperinci mari kita bahas apakah ilmu statistik itu sendiri, Statistik adalah data itu sendiri, informasinya, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data tersebut. Statistika Deskriptif merupakan sering kali digunakan untuk menyelesaikan atau menyimpulkan dan atau menjelaskan data.

Informasi yang dihasilkan kemudian diolah serta dicatat dalam bentuk informasi kategori ataupun informasi berupa jumlah ( numerik ) yang nantinya akan disebut sebagai hasil pengamatan.

Sebagian akbar konsep dasar statistika memberi perkiraan tentang teori probabilitas. Beberapa kata statistika yang kerap digunakan diantaranya berikut : populasi, sampel, unit sampel, probabilitas.

Ada 2 macam statistika, yaitu statistika naratif dan statistika inferensial. Dua hal tersebut dibedakan oleh aktivitas yang dilakukan barulah dapat dikategorikan menjadi dua jenis statistika yang ada.

Statistika deskriptif bersangkutan dengan pendeskripsian data, sebagai contoh menghitung rata-rata serta varian dari data yang belum diolah dengan cara pendeskripsian menggunakan tabel atau grafik sehingga data yang belum diolah dapat lebih mudah dibaca atau dimaknai.

Sebaliknya statistika inferensial lebih kompleks dari itu, seumpama melakukan pengujian hipotesis, melakukan prediksi observasi masa depan, atau membuat model regresi.

Contoh Implementasi Statistik Pada Kehidupan Sehari – Hari

Ilmu statistik dapat diimplementasikan dalam berbagai aspek studi, seperti Media, Tata Boga, Teknik, Sosial, Ekonomi, Otomotif, Fisika dan Kimia. Banyak hal yang tidak dapat disahkan tanpa adanya uji statistik

Contoh penerapannya : kapan suatu obat dievaluasi kondusif buat dijual bebas, apakah masih ada interaksi antara rokok menggunakan kanker paru atau bahkan bisa menilai apakah suatu kebijakan pemerintah disukai rakyat atau tidak. Tanpa adanya ilmu statistik, manusia dapat menyimpulkan apapun tanpa adanya dasar ilmu. Namun ilmu statistik, kini manusia harus mempelajari cara argumentasi ilmiah.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Pekerja & Tips Memilihnya

Bagi kalian para ahli statistika bisa saja berkata kalau banjir tidak disebabkan oleh sampah di sungai, Tetapi menurut data statistik terdapat fakta bahwa sampah di sungai lah yang menyebabkan banjir.

Contoh lain: Seseorang dapat berkata bahwa pemenang juara dunia sepak bola pasti negara spanyol, padahal menurut statistik negara Brazil lah yang memenangkan juara dunia sepak bola.

Kampus Dengan Jurusan Ilmu Statistika Terbaik di Indonesia

Tentunya ketika kita memilih jurusan Ilmu Statistika kita harus mencari universitas yang paling tepat dan terbaik untuk mempelajarinya, berikut Universitas negeri dan Universitas swasta terbaik untuk jurusan ilmu statistika :

Perguruan Tinggi Negeri :

  1. Ilmu Pertanian Bogor ( Bogor, Jawa Barat )
  2. Universitas Brawijaya ( Malang, Jawa Timur )
  3. Universitas Airlangga ( Surabaya, Jawa Timur )
  4. Universitas Diponegoro ( Semarang, Jawa Tengah )
  5. Universitas Hasanuddin ( Makassar, Sulawesi Selatan )
  6. Universitas Padjadjaran ( Jatinangor, Jawa Barat )
  7. Universitas Lambung Mangkurat ( Banjarmasin, Kalimantan Selatan )

Perguruan Tinggi Swasta :

  1. Universitas Islam Indonesia ( Sleman, Yogyakarta )
  2. Universitas Binawan ( Cawang, Jakarta )
  3. Binus University ( Palmerah, Jakarta )
  4. Universitas Muhammadiyah Semarang ( Semarang, Jawa Tengah )

Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Statistika

Ilmu statistika kerap kali luput dari atensi para calon mahasiswa ketika menentukan jurusan pilihan, berikut keuntungan bagi anda yang akan memilih jurusan statistika:

Alumni jurusan statistika di era ini sangat dibutuhkan untuk mengolah data data besar yang penting.

Karena saat ini sistem elektronik sedang marak maka bagian penting data perusahaan memerlukan lulusan Ilmu statistika untuk mengambil peran sebagai Electronic Data Processing.

Di bidang media ahli statistika diperlukan untuk menyiapkan data untuk program yang akan disajikan

Mata Kuliah Serta Pembelajaran Jurusan Statistika

Mata kuliah serta pembelajaran di bidang statistika yang akan kamu temukan di jurusan ini misalnya Kalkulus, Metode Numerik, Metode Survei Sampel, Analisis Regresi, Komputasi Statistika, Proses Stokastik, Statistika Nonparametrik, Statistika Multivariat, Data Analisis Kategori, Analisis yang berupa Runtunan Waktu, & pula Teknik Simulasi.

Sebagai contoh metode pembelajaran jurusan statistika dosen kerap memberikan kasus-kasus yang harus ditelusuri oleh para mahasiswa guna menemukan data yang valid dan dapat dipercaya karena pada dasarnya tujuan dasar ilmu ini adalah mencari kebenaran suatu data.

Kesempatan dan Prospek Kerja Lulusan Statistika

Tentunya ketika memilih jurusan kuliah para calon mahasiswa berekspektasi untuk mempercerah kehidupan di masa depan dan mempermudah mencari pekerjaan setelah lulus dari suatu universitas. Namun apa yang dijanjikan oleh jurusan statistika di dunia kerja? Berikut prospek dan kesempatan para alumni statistik.

Data Scientist, atau Ilmu data adalah bidang disiplin ilmu yang menggunakan sejumlah metode, algoritma, proses, serta sistem yang ilmiah untuk menghasilkan pengetahuan dan wawasan dari data yang telah disediakan apapun datanya baik teratur maupun tidak teratur, Dalam kata lain seorang Data scientist bertugas untuk mengolah big data suatu perusahaan yang berguna untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Baca Juga : 8 Jurusan yang Paling Banyak Diminati dan Prospek Kerjanya

Aktuaris, profesi ini tidak begitu populer sehingga Jumlah aktuaris sekarang sangat minim padahal profesi ini salah satu posisi yang sangat dibutuhkan di suatu perusahaan. Aktuaris bertugas untuk mempelajari risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan dengan berbagai metode matematika dan statistik.

Market Researcher, Bagi para lulusan yang sangat menyukai tantangang proffesi ini sangat cocok untuk anda fokuskan, Market researcher bertugas untuk membuat riset di pasar berdasarkan bidang bidang bisnis

Dosen, Profesi yang banyak diminati oleh setiap lulusan universitas salah satunya adalah dosen dengan IPK yang tinggi serta minimal mempunyai gelar doktor lebih baik bila mempunyai gelar master di bidang statistik.

PNS, Pegawai Negeri Sipil juga profesi favorit dan menjanjikan lulusan ilmu statistik mempunyai kesempatan besar mengisi posisi di Pegawai negeri sipil yang bertugas sebagai aparatur sipil negara.

Tips Penting Belajar Jurusan Statistika

Sebagai penutupan kali ini kita akan membagikan tips bagi anda para calon mahasiswa ataupun mahasiswa yang memilih jurusan statistika, berikut tips – tips sederhana yang dapat kalian implementasikan :

Teliti, karena bagian besar dari jurusan statistik berdasarkan pengolahan data maka ketelitian lah yang menjadi hal utama.

Komunikasi, ini merupakan tips paling mendasar ketika anda memilih statistika menjadi jurusan anda, karena komunikasi sendiri dibutuhkan untuk penyelesaian, atau pemecahan berbagai kasus yang akan diberikan pada kalian.

Eksplorasi dan Belajar, dalam memecahkan suatu studi kasus tentunya akan banyak hal baru yang akan kalian temukan dan pelajari, maka dari itu mahasiswa jurusan statistik tidak boleh melupakan kedua aspek penting ini.