Memilih jurusan untuk melanjutkan studi seharusnya dilakukan dengan cermat karena ini akan sangat berdampak pada masa depan Pinters. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan adalah kesesuaian dengan minat dan kemampuan, peluang karir, dan kebutuhan dana.

Pada tes SBMPTN di tahun ini jurusan yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah kedokteran atau program studi Pendidikan Dokter yang masih diidolakan.

Untuk menambah wawasan kamu, inilah daftarnya sekaligus peluang karir yang relevan.

8 Jurusan Favorit Pada SBMPTN 2020 dan Peluang Kerjanya

Berikut ini adalah jurusan yang paling banyak dipilih baik untuk bidang saintek atau soshum pada ujian SBMPTN 2020. Apakah kamu termasuk yang bercita-cita menjadi mahasiswa di salah satu program studi berikut?

Saintek

jurusan kuliah ipa yang jarang diminati

1. Kedokteran (Pendidikan Dokter)  

Dari tahun ke tahun jurusan ini selalu menjadi primadona dengan ribuan pelamar di berbagai universitas negeri. Selain itu beberapa kampus swasta terkemuka juga menawarkan jurusan Kedokteran dengan kualitas yang bagus.

Di sini Pinters akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya, fisiologi, biokimia, dan histologi. Persyaratan untuk kuliah di FK adalah memiliki minat dan pemahaman yang baik dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

Peluang karir jurusan ini adalah sebagai dokter di RS atau membuka praktek, bekerja di perusahaan kesehatan, tenaga pengajar, dan lain-lain.

2. Agroekoteknologi

Di posisi kedua jurusan yang paling banyak diminati di SNMPTN adalah Agroteknologi yang kedengarannya mungkin masih asing di telinga. Bidang tersebut berkaitan dengan produksi pertanian yang melibatkan teknologi canggih agar lebih efisien.

Di sini kamu akan belajar tentang tumbuhan budidaya, pengelolaan lahan, hama, sampai ekosistem. Tujuannya adalah agar mengoptimalkan sektor pertanian di Tanah Air kita yang subur ini untuk menghasilkan produk unggul.

Pilihan karir yang dapat Pinters tekuni adalah surveyor lahan, menjadi petani modern, ahli bioteknologi, atau dosen.

3. Kesehatan Masyarakat

Inilah jurusan yang paling dibutuhkan 5 tahun ke depan atau bahkan hingga puluhan tahun ke depan. Jika Pinters memutuskan untuk terjun pada bidang ini, kamu akan bergulat dengan ilmu yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan publik.

Tidak hanya menekuni bidang medis, kamu juga akan belajar metode mewujudkan tingkat kesehatan masyarakat sesuai standar yang ditetapkan. Inilah sebabnya kamu juga perlu mempelajari kondisi sosial dan budaya untuk melakukan pengorganisasian dengan pendekatan yang tepat.

Para alumni jurusan ini dapat berkarir di rumah sakit, sebagai konsultan K3 di perusahaan, penyuluh kesehatan, pengajar, atau peneliti.

4. Teknik Kimia

Tujuan utama studi Teknik Kimia adalah untuk menciptakan suatu produk dengan bernilai jual tinggi dengan suatu rekayasa kimia sedemikian rupa. Jadi prodi Teknik Kimia ini merupakan terapan dari bidang kimia murni.

Mahasiswa Teknik Kimia akan banyak berhubungan dengan rancangan molecular, bahan-bahan sintetis, dan sejenisnya. Kamu juga bisa berkontribusi untuk membuat bumi ini tetap lestari dengan mendesain produk yang murah, dibutuhkan, tetapi ramah lingkungan.

Mereka yang sudah lulus dapat bekerja pada industry migas, menjadi staf pengajar, atau berkecimpung di bidang Engineering, Procurement, Construction & Commissioning (EPCC).

5. Peternakan

Sesuai namanya, salah satu jurusan paling diminati 2020 ini mempelajari berbagai keilmuan yang berkaitan dengan budidaya hewan ternak. Ini antara lain teknologi produksi, pengolahan hasil, manajemen, pakan, dan lain-lain.

Para alumni dapat berkontribusi pada industri pakan, dinas peternakan, pengolahan limbah ternak, atau berwirausaha peternakan.

Soshum (Sosial dan Humaniora)

jurusan ips

6. Hukum

Pada jurusan ini Pinters akan berkutat dengan keilmuan yang berhubungan dengan tata aturan resmi negara dan wajib dipatuhi masyarakat. Mahasiswa Hukum harus memiliki pemahaman dan kemampuan untuk menganalisa tulisan, argument, pernyataan, dan opini.

Dalam prakteknya nanti kamu juga harus mempunyai keterampilan membaca, menulis, dan membuat argument berlandaskan hukum.

Peluang kerja dalam bidang ini cukup luas, mulai dari advokat, tentunya setelah lulus pendidikan khusus, jaksa, serta hakim. Pinters juga dapat berkarir pada korporasi negeri atau swasta sebagai konsultan hukum serta HRD.

7. Komunikasi

Komunikasi adalah jurusan yang paling diminati dan peluang kerjanya besar pada bidang soshum. Pada jurusan ini kamu bisa memilih konsentrasi sesuai minat, seperti Public Relation, Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya.

Selain bekerja di berbagai media penyiaran, Pinters juga berkesempatan berkarir sebagai humas di perusahaan atau instansi pemerintah.

8. Manajemen

Bidang ini mempelajari pengorganisasian aktivitas perusahaan atau korporasi, instansi, lembaga, dan sejenisnya. Seorang manajer bertugas untuk merancang dan memastikan roda perusahaan berjalan dengan lancar untuk mencapai tujuan.

Dalam menetapkan suatu kebijakan, manajemen perusahaan harus memperhatikan berbagai faktor, mulai dari ketenagakerjaan, produksi, marketing, strategi usaha, dan sebagainya.

Peluang pekerjaan yang dapat ditekuni adalah staf HRD, bagian operasional perusahaan, konsultan bisnis, atau konsultan keuangan.

Baca Juga : 7 Jurusan Kuliah IPS yang Menjamin Masa Depan di era 4.0

Persiapan Kuliah di Jurusan Favorit

pinjaman pendidikan

Nah, jika memang Pinters berambisi untuk menjadi mahasiswa pada salah satu bidang di atas, pastikan mempersiapkannya sebaik mungkin. Pasalnya 8 jurusan tersebut tingkat persaingannya sangat ketat sehingga passing grade-nya pun tinggi.

Kamu bisa mengusahakannya dari kelas 10 dengan memastikan mendapatkan nilai akademik yang baik untuk mengikuti seleksi jalur prestasi atau undangan. Jika jalur seleksi tanpa tes belum berhasil, kamu Pinters bisa mencoba mengikuti SBMPTN.

Untuk itu kamu perlu membiasakan diri mengerjakan soal-soal ujian penerimaan. Agar sistem belajar kamu lebih terarah Pinters bisa mengikuti kelas-kelas bimbel pada lembaga yang kredibel.

Selain dalam hal akademik, Pinters juga perlu mempersiapkan biaya untuk studi di perguruan tinggi. Jika kondisi keuangan keluarga tidak memungkinkan, jangan patah semangat dulu karena ada Pintek yang dapat membantumu mewujudkan cita-cita.

Perusahaan keuangan kami berfokus pada pendanaan pendidikan dengan tujuan memberikan akses pendidikan seluas-luasnya untuk generasi muda Indonesia. Pilih saja produk pendanaan sesuai kebutuhan, mulai untuk biaya bimbel, uang pangkal kuliah, sampai biaya SPP.

Pinters bisa mengakses website resmi Pintek untuk mendapatkan informasi.

Demikianlah daftar jurusan yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2020 sekaligus alternative peluang karirnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat