KeuanganPendidikan

Apa Itu Kartu Prakerja? Dan Bagaimana Cara Mendaftarnya? Berikut Penjelasannya

Apa itu Kartu Prakerja? Kartu Prakerja adalah program dari pemerintah bagi para pencari kerja kepada pekerja yang terdampak Covid-19. Program Kartu Pra-Kerja terbuka untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang menempuh pendidikan formal. Selain itu, ada persyaratan yang harus diperhatikan.

Kartu Prakerja

Anggaran yang sudah disiapkan pemerintah untuk program ini bukan main-main sobat, yaitu Rp 20 triliun. Targetnya 5,6 juta orang bisa mendapatkan manfaat dari Kartu Pra Kerja ini. Anggaran dan jumlah penerima bantuan meningkat dari rencana sebelumnya, yakni Rp 10 triliun untuk 2 juta peserta.

Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Nantinya, peserta yang telah terseleksi akan mendapatkan manfaat berupa bantuan dana untuk mengikuti pelatihan, baik pelatihan skilling (kemampuan), upskilling (peningkatan kemampuan), dan reskilling (mengubah kemampuan).

Baca Juga : Dijamin Lolos Seleksi HRD, Begini Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Ada juga metode pelatihan offline dan online yang bisa diikuti. Bantuan ini akan diberikan secara non tunai dan dapat digunakan untuk beberapa pelatihan. Jadi tidak terbatas hanya pada satu pelatihan. Selain itu, setelah dilakukan pelatihan para peserta juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan yang akan ditransfer ke rekening peserta secara bertahap.

Insentif ini dapat Anda gunakan untuk banyak hal, misalnya untuk menutupi biaya yang Anda keluarkan untuk pelatihan seperti makanan, kredit, kuota, atau biaya transportasi. Tak hanya itu, peserta juga akan mendapatkan dana insentif job survey sebesar Rp 150 ribu. Wah banyak sekali manfaatnya.

Siapa Yang Bisa Mendaftar?

Yang dapat mengikuti program ini Tentunya adalah para pencari kerja, mulai dari fresh graduate hingga korban PHK. Persyaratan untuk mendaftar adalah Warga Negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah atau kuliah.

Namun, nantinya semua yang mendaftar akan mengikuti tes profisiensi dasar dan melalui proses seleksi kembali. Soalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun sekali lagi, bukan berarti karyawan atau karyawan sama sekali tidak bisa berpartisipasi. Pendaftarannya akan segera dibuka sobat. Anda dapat mendaftarkan diri Anda di situs resmi Kartu Pra-kerja.

Pelatihan Apa Yang Dapat Diikuti?

Dalam program ini, pemerintah bekerjasama dengan sejumlah pelaku usaha swasta sebagai mitra resmi dalam memberikan program pelatihan bagi peserta Kartu Pra Kerja. Jadi, ada banyak sekali pelatihan yang bisa kamu ikuti tergantung skill apa yang ingin kamu kembangkan.

Nantinya, setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan mendapatkan sertifikat dari lembaga penyelenggara pelatihan. Salah satu keterampilan yang dapat Anda kembangkan untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja adalah kemampuan berbahasa Inggris. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga : Pengertian SIM PKB & Cara Membuat Akunnya, Lengkap!

Selain itu, jika Anda dapat berbicara bahasa Inggris, Anda dapat bekerja di perusahaan multinasional atau bahkan internasional. Salah satu pelatihan yang bisa Anda ikuti dengan Kartu Pra-kerja adalah pelatihan bahasa Inggris. Anda dapat belajar dan melatih kemampuan bahasa Inggris Anda di Cakap.

Prosedur untuk Mendaftar dan Menggunakan Kartu Pra-Kerja

Pemerintah mempercepat realisasi program Kartu Pra Kerja. Anggaran ditambah, kuota ditambah, untuk membantu pencari kerja, korban PHK, dan pelaku UMKM yang terkena dampak badai korona. Pemerintah telah menyiapkan anggaran kartu pra kerja sebesar Rp. 20 triliun, dua kali lipat dari rencana semula. Target dinaikkan menjadi 5,6 juta orang.

Pendaftaran dilakukan secara bertahap sampai semua kuota terisi. 

Program Kartu sambutan antusias oleh masyarakat. Di hari pertama pendaftaran Tahap I 11 April lalu, ada lebih dari 1,1 juta pengunjung baru. Dari jumlah itu, mereka sudah melakukan pengungkit email 1.063.028 orang (73,85%), yang melalui pengungkit NIK sebanyak 624.090 (43,65%), dan yang sudah mengambil program pelatihan atau join batch sebanyak 77.834 (5,43% ).

Program sasaran Kartu Pra Kerja adalah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang terdampak pandemi Covid-19. Perbarui data itu untuk memastikan bahwa Kartu Prakerja itu tepat sasaran. Kepada penerima Kartu Prakerja akan memberikan pemberitahuan melalui email atau SMS.

Insentif ini terdiri dari dua bagian:

  • Nomor telepon (aktif)
  1. Email (aktif)

 Syarat Kartu Prakerja:

Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

Mendaftar akun Kartu Pra Kerja sangat mudah. Calon peserta bisa menggunakan nomor telepon atau alamat email yang aktif. Pendaftar hanya wajib diisi data serta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya diisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara. Berikut dibawah ini caranya:

  1. Klik kolom Daftar
  2. Kemudian pilih menu metode pengungkit.
  3. Masukan kode pengungkit diterima baik lewat SMS ataupun email.

Setelah membuat akun Kartu Pra Kerja, calon bisa langsung dikenalkan diri berikut caranya:

  1. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan
  2. Lalu, klik selanjutnya
  3. Langkah selanjutnya
  4. Kemudian, klik selesai.
  5. Setelah selesai melakukan pengisian formulir pendaftaran, pendaftaran tes kemampuan dasar pendaftar akan menerima notifikasi lewat akun yang sudah terdaftar.

Memilih Pelatihan

Setelah berhasil memiliki Kartu Pra Kerja, peserta yang bisa mengikuti pelatihan dan pemerintah akan memberikan uang insentif sebagai biaya pelatihan yang akan diikuti. Setelah selesai menentukan jenis pelatihan yang akan diikuti, peserta tinggal mengikuti pelatihan yang dapat dilakukan baik secara online maupun offline.

Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus berlanjut, tumbuh, dan relevan. Program ini tidak mengatur batas atas usia atas usia, karena belajar dan berlatih tak mengenal umur. Belajar sepanjang hayat. Namun, prioritas diberikan kepada pencari kerja usia muda.

Solusi Kartu PraKerja

  1. Biaya pengurangan untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  2. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat mismatch
  3. Menjadi komplemen dari pendidikan formal

Cara Registrasi Kartu Prakerja?

Seperti yang kita ketahui sendiri, kartu pra kerja memang tertunda karena beberapa alasan. Memiliki kartu pra-kerja akan memberikan gambaran bagi Anda semua, terutama bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan.

Sedangkan untuk mitra Grab sendiri bisa juga melakukan registrasi kartu pra kerja, untuk cara registrasi kartu pra kerja untuk mitra Grab sendiri sangat mudah dan hampir sama dengan yang lain. Dimana dalam proses registrasi akan ada tiga tahapan penting yaitu registrasi pertama, selanjutnya konfirmasi email dan pengisian identitas diri.

Jika sebelumnya kami telah memberitahu Anda cara menonaktifkan akun Grab Anda, pada kesempatan luar biasa ini kami akan memberitahu Anda tentang semua cara untuk mendaftar kartu pra-kerja mitra Grab. Untuk info lebih jelas dan detailnya yuk simak review dari Grabinaja.com berikut ini bersama-sama.

Seperti kita ketahui sendiri, kartu pra kerja merupakan program pemerintah yang ditujukan kepada seluruh WNI yang belum memiliki pekerjaan tetap. Untuk memilikinya, akan ada beberapa tahapan mulai dari registrasi, entri data dan tahapan tes untuk tahap selanjutnya.

Tahap pertama

  1. Kunjungi saja situsnya
  2. Kemudian Anda tinggal klik Daftar Sekarang
  3. Di halaman selanjutnya, cukup isi nama lengkap Anda, email Anda
  4. Jika sudah selesai, maka langsung saja buka gmail anda untuk konfirmasi email tersebut
  5. Selanjutnya tinggal buka kembali situs prakerja.go.id

Tahap Kedua

  1. Untuk langkah selanjutnya, cukup masukkan alamat email dan kata sandi Anda
  2. Kemudian masukkan nomor KTP dan tanggal lahir Anda kemudian isi data diri Anda dengan benarAp
  3. Kemudian masukkan nomor telepon untuk mendapatkan kode OTP
  4. Mengambil

Tahap ketiga

  • Untuk tahap selanjutnya, mitra mengikuti tes motivasi dan keterampilan dasar selama kurang lebih 15 menit
  • Jika Anda telah menerima pemberitahuan email, langsung kembali ke situs untuk bergabung dengan gelombang pendaftaran
  • Tunggu saja untuk mendapatkan notifikasi email dari kartu pra-kerja setelah partner menyelesaikan tes

Demikian penjelasan dari saya tentang  apa itu Kartu Prakerja, terima kasih.

 

Artikel Terkait

Back to top button