Cari Tahu Gimana Kegiatan Mahasiswa Baru di Masa Pandemi

Menurut data UNESCO, lebih dari 1 miliar pelajar telah melakukan sekolah secara daring sejak covid-19 mulai merebak. Pinters yang baru lulus dan akan kuliah mungkin lagi bertanya-tanya, “terus gimana dong kegiatan mahasiswa baru tahun ini?”

But, tenang aja, soalnya sekarang hampir semua universitas dan akademi sedang merancang protokol pembelajaran “new normal”. Protokol ini juga termasuk dalam proses kegiatan mahasiswa baru 2020/2021.

Bahkan LSPR, UK Petra, hingga UGM telah selesai merancang protokol “new normal” college style mereka sendiri. Namun, masing-masing kampus punya kebijakannya khusus. Tapi, secara umum inilah kegiatan maba 2020 yang akan kamu jalani.

OSPEK dan PPAK Online

Salah satu kegiatan mahasiswa baru yang wajib ada adalah Ospek atau PPAK. Kegiatan ini merupakan langkah pertama sebelum kamu menikmati kuliah dan kehidupan kampus. Bahkan, Ospek sering dipandang sebagai tradisi di banyak universitas di Indonesia.

Namun, untuk tahun ini banyak kampus yang membatalkan program orientasi, atau menggantinya dengan sistem online. Kalau kamu masuk di kampus atau jurusan yang punya tradisi senioritas tinggi, mungkin ini bisa jadi kabar baik. Namun, Pinters juga akan kehilangan kesempatan buat grup pertemanan.

Kegiatan mahasiswa baru ini akan dilaksanakan dengan platform masing-masing kampus. So, kamu ga perlu khawatir harus bagaimana. Tunggu aja informasi lebih lanjut dari universitas yang kamu masuki.

Kuliah Online & Offline di Awal Semester

kegiatan mahasiswa baru

Beberapa universitas telah memutuskan untuk menerapkan dua metode belajar, yakni online dan offline. Universitas Surabaya (Ubaya) misalnya, pada Agustus nanti mereka akan menerapkan pembelajaran 30% offline dan 70% online.

Tentu ini akan cukup ribet buat kamu yang baru icip-icip kegiatan mahasiswa baru. Untuk itu, beberapa tips kecil yang bisa Sobat Pinters pakai biar lancar belajar online-nya:

  • Pastikan koneksi internet di rumah atau kosan selalu stabil, terutama di jam kerja. Soalnya kemungkinan besar kelas akan dilakukan melalui Zoom, Google Meet, atau platform video conference lain milik kampus.
  • Rekam semua pembelajaran online dari dosen. Buat kamu yang sempat ketinggalan, atau internet lagi lemot ini bisa jadi pemecahan sederhana dan efektif. Selain itu, kamu juga bisa melihat ulang kuliah online kapanpun dan dimanapun.
  • Jangan sampai telat online lebih dari waktu yang ditoleransi oleh dosen pengajar. Sama seperti kuliah offline, kuliah online juga memiliki etika dan norma yang harus dipenuhi agar proses belajar tetap lancar.
  • Persiapkan instrumen praktikum sendiri. Kamu bisa langsung praktik sambil mendengarkan penjelasan dari dosen. Belajar akan jadi lebih efisien dan menyenangkan.
  • Buat grup kelas di berbagai macam apps. Jadi, kamu bisa kenalan dan belajar bareng temen dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga : Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja Agar Seimbang

Pengenalan Protokol Kesehatan di Kampus

kuliah online

Selain Ospek, kegiatan mahasiswa baru lainnya adalah pengenalan protokol kesehatan di lingkungan kampus. Pinters harus menyimak dengan cermat untuk hal yang satu ini. Soalnya beberapa universitas telah menyatakan akan menerapkan kebijakan ketat.

Unpad dan beberapa kampus lain juga telah menyusun aturan ini dan akan segera diterapkan pada tahun ajaran baru. Berikut protokol kesehatan dari beberapa universitas dan akademi di Indonesia.

  • Pemeriksaan suhu badan sebelum memasuki lingkungan kampus, gedung, atau ruang kelas.
  • Wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki gedung.
  • Menjaga jarak 1 sampai 2 meter, dan lift hanya boleh dimasuki maksimal 3 orang atau kurang.
  • Tidak menyentuh handle pintu atau tombol lift secara langsung. Pastikan untuk menyentuh benda-benda tersebut menggunakan tissue atau pelapis lainnya.
  • Datang ke kampus untuk hal-hal penting saja. Beberapa universitas telah menyiapkan platform khusus untuk membantu karyawan, dosen, dan mahasiswa dalam berkegiatan.

New Normal Campus Life Mahasiswa Baru

diskusi online

Mungkin kegiatan mahasiswa baru tahun ini tidak akan seperti yang Sobat Pinters bayangkan. Jangankan bikin paper mob kaya yang suka di-share sama para maba tahun kemarin, ketemu teman sekelas atau dosen aja ga bisa.

Jangan pesimis kalau kuliah kamu ga bakalan asik. Semua akan selesai pada waktunya, semua yang bisa dilakukan adalah bersabar. Kamu juga bisa nikmatin “new normal campus life” dengan cara berikut:

1. Diskusi Online

Ada istilah “dunia akan baik-baik aja selama internet masih jalan”, jangan khawatir, kehidupan mahasiswa kamu belum berakhir. Pinters bisa memanfaatkan beberapa platform untuk berdiskusi online.

Umumnya, diskusi adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa, terutama maba. Dengan sistem online, kamu juga bisa lebih mudah menyampaikan opini dan gagasan di forum.

Selain itu, kamu juga berkesempatan ngobrol langsung bareng dosen atau senior tanpa perlu nyari atau undang sana-sini. Diskusi online juga bisa memudahkan kamu dalam membagi materi ke grup, dan semua orang punya ruang lebih banyak buat speak up.

2. Online Campus Community

Selain diskusi, kamu juga bisa masuk ke komunitas atau UKM kampus via online. Kalau kamu cukup pede, bikin komunitas sendiri pun ga jadi masalah.

Sebenarnya, sistem online ini memiliki lebih banyak keunggulan daripada offline. Umumnya, kamu ga akan punya cukup waktu ketika gabung sama lebih dari dua komunitas atau UKM. Soalnya kegiatan kampus offline bisa makan waktu yang lumayan lama.

Kalau komunitasnya online, kamu bisa hadir di diskusi belasan UKM sekaligus tanpa takut gimana cara atur waktunya. Selain itu, kesempatan ngobrol sama senior juga bisa lebih banyak.

Jika kamu calon maba yang masih bingung masalah dana kuliah, Pintek bisa menjadi solusi buat kamu. Mulai dari uang pangkal sampai uang semester bisa ditanggung oleh Pintek. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi.

Itulah beberapa kegiatan mahasiswa baru di masa pandemi dan new norma ini. Kalau Kamu ingin tahu lebih banyak tentang apa aja yang dilakuin sama maba 2020, silahkan kunjungi blog pintek untuk baca artikel lainnya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *