keluarga harmonis

Setiap pasangan tentunya mengharapkan mahligai rumah tangganya selalu harmonis selama-lamanya. Tetapi tentu saja cepat atau lambat berbagai masalah hidup akan berdatangan. Inilah sebabnya Parent Pinters perlu mengetahui jurus membangun keluarga harmonis berikut ini, terutama yang sudah mempunyai buah hati.

Tumbuh dalam kehangatan kasih sayang orang tua dan keluarga yang harmonis akan menghasilkan orang-orang dewasa yang sehat dan bahagia. Dengan begitu potensi, bakat, dan kemampuan mereka akan berkembang lebih optimal dan meraih kesuksesan di masa depan.

Penasaran? Simak ulasannya!

2 Langkah Ampuh Mewujudkan dan Mempertahankan Keharmonisan Keluarga

menjadi keluarga harmonis

Bagaimana gambaran keluarga harmonis yang ingin diciptakan dalam rumah tangga sebaiknya didiskusikan dahulu dengan pasangan agar mempunyai persepsi yang sama. Langkah pertama yang berikutnya perlu Parent Pinters lakukan adalah menerapkan manajemen masalah. Inilah langkah-langkahnya.

  • Anda harus menerima kenyataan bahwa anak-anak yang aktif dan sehat seringkali nakal, bertengkar, dan membuat keributan. Mereka juga kerap membuat rumah kotor tanpa peduli Anda baru saja membereskannya.
  • Tanamkan mindset bahwa Anda dan pasangan pasti berbeda pendapat mengenai suatu hal dan ini tidak apa-apa.
  • Mulai sekarang singkirkan rasa gengsi meminta maaf jika memang melakukan kesalahan baik terhadap pasangan atau buah hati.

Nah, setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan konsisten, Anda bisa memulai strategi selanjutnya untuk meraih keharmonisan rumah tangga dan keluarga.

  • Mengutamakan kejujuran dan keterbukaan

Akan sulit mewujudkan keharmonisan dalam keluarga jika ibu dan ayah tidak bersikap terbuka dan jujur. Dengan memegang prinsip tersebut otomatis Parent Pinters akan sama-sama saling menjaga diri dari tingkah laku yang dapat melukai hati pasangan.

Bukankah jika tidak ada sesuatu yang perlu ditutupi, Anda juga tidak perlu takut jujur kepada pasangan?

  • Berupaya menciptakan atmosfer yang menyenangkan di rumah

Untuk membuat seluruh anggota keluarga merasa aman dan nyaman di dalam rumah, pastikan Parent Pinters dan pasangan menciptakan atmosfer yang menyenangkan. Anda bisa memulai dari hal-hal yang simple, misalnya makan bersama dan bertanya aktivitas buah hati dan pasangan.

Selain itu Parent Pinters juga bisa memupuk kebersamaan misalnya dengan menonton film animasi keluarga bersama-sama. Pancing pembicaraan untuk membuat seluruh anggota keluarga terlibat, misalnya dengan mengomentari adegan film.

Di hari libur sekolah atau akhir pekan Anda bisa membawa seluruh anggota keluarga rekreasi atau sekedar makan di luar.

  • Hindari sikap meledak-ledak dalam melampiaskan kemarahan

Jika Parent Pinters termasuk orang yang ekspresif baik saat senang, sedih, atau marah, saat dikaruniai buah hati cobalah mengontrol emosi tersebut. Sebelum memutuskan untuk melampiaskan amarah dengan agresif, tarik napas panjang dan pikirkan akibat dari sikap tersebut.

Ini misalnya memicu trauma bagi anak, melukai hati pasangan, atau mendapat penilaian buruk dari tetangga sekitar. Salah satu resep keluarga harmonis adalah orang tua dapat berdiskusi dengan kepala dingin dan menemukan solusi masalah.

  • Mengutamakan keluarga

Karir dan pekerjaan Anda memang penting sebagai jaminan kesejahteraan, tetapi keluarga Anda jauh lebih penting. Karena itu pastikan keduanya berjalan seimbang. Paling tidak luangkan waktu berkumpul dan melakukan aktivitas bersama di akhir pekan, terutama saat putra-putri Anda masih kecil.

Saat memasuki usia remaja, mungkin mereka akan lebih sibuk dengan teman-teman sebayanya dan Anda tentu menyesal telah melewatkan waktu bersama mereka. Sebisa mungkin orang tua perlu menunjukkan kasih sayangnya kepada anak agar mereka percaya bahwa dirinya dicintai dan dihargai.

Jangan ragu dan enggan memeluk, mencium, dan mengatakan kepada buah hati kalau Parent Pinters menyayangi mereka.

  • Berfokus pada solusi

Tidak ada rumah tangga yang tidak pernah dirundung masalah. Ini misalnya masalah keuangan, catatan akademik anak yang kurang bagus, perbedaan pendapat dengan pasangan, dan sebagainya.

Rahasia rumah tangga harmonis adalah kesediaan Parent Pinters dan pasangan untuk fokus pada solusi dan bukan lagi mencari siapa yang salah. Jadi, alih-alih menyalahkan ibu yang tidak punya waktu mendampingi anak mengerjakan PR, Anda bisa mencari guru privat profesional untuk anak.

Baca Juga : Pola Asuh yang Tepat untuk Kesuksesan Anak di Masa Depan

  • Membangun komunikasi yang sehat antar anggota keluarga

Cara melakukan hal ini adalah dengan membiasakan diri mendengarkan cerita anak atau pasangan hingga selesai tanpa penghakiman atau penyangkalan. Setelah mereka puas mencurahkan isi hatinya Parent Pinters secara perlahan-lahan bisa memberikan masukan atau nasehat.

Mungkin saja masukan dari Anda merupakan solusi yang tepat untuk masalah yang mereka hadapi.

Jika anak sejak kecil mempercayai Anda sebagai tempat bersandar untuk berbagai suka dan duka, mereka akan tetap melakukannya saat dewasa. Tugas Anda untuk mengawasi aktivitas anak di luar juga menjadi lebih mudah karena tanpa diminta mereka akan bercerita sendiri.

  • Memenuhi kebutuhan keluarga

Parent Pinters tentu sudah sering mendengar kasus perceraian, keluarga broken home, sampai terlibat kriminalitas karena faktor ekonomi. Karena itu Parent Pinters dan pasangan perlu mempersiapkan diri secara finansial bahkan sebelum memutuskan untuk berumah tangga.

Walaupun bukan faktor utama, tetapi memiliki kondisi keuangan yang baik juga merupakan tips agar rumah tangga harmonis dan langgeng.

  • Mempersiapkan pendidikan anak

Tidak hanya memastikan kebutuhan sehari-hari buah hati terpenuhi, orang tua juga harus memikirkan kelangsungan pendidikan mereka. Akses seluas-luasnya kepada pendidikan akan memberikan kesempatan untuk meraih masa depan cerah untuk anak.

Jika tabungan pendidikan untuk buah hati masih belum memenuhi kebutuhan mereka, Pintek siap membantu Anda. Pintek adalah perusahaan finansial yang menyediakan produk pendanaan khusus untuk kebutuhan pendidikan.

Perusahaan kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam memudahkan generasi muda Indonesia mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Inilah sebabnya seluruh produk pinjaman Pintek menerapkan syarat permohonan yang mudah, berbiaya ringan, dan bunga yang rendah.

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Parent Pinters dapat mengakses website resmi kami.

Jadi, sudah siap mewujudkan keluarga harmonis demi kebahagiaan putra-putri Anda? Selamat mencoba!