Kerja Sama Pintek dan Pintaria Dalam Memaksimalkan Peran Teknologi Pada Dunia Pendidikan

 

 

 

Jakarta, 29 Mei 2020 – Pintek, perusahaan financial technology peer-to-peer lending berkolaborasi dengan Pintaria, pionir platform life-long learning di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pendidikan dan kualitas diri demi kehidupan yang lebih baik. Melalui acara ini, Pintek dan Pintaria mendukung penuh implementasi dari pemanfaatan teknologi secara maksimal melalui pembelajaran online sebagai bagian perjalanan dari terciptanya pendidikan 4.0 di Indonesia dengan  mengedukasi generasi muda untuk memahami efektivitas pembelajaran online.

Acara Pintek Edutalk with Pintaria: Program Kuliah Online Untuk Tetap Efektif dan Produktif Belajar dari Rumah akan menjadi sarana diskusi bagi generasi muda dalam bertukar informasi mengenai pembelajaran online, tantangan yang dihadapinya, dan pengenalan program yang dimiliki oleh Pintaria. Selain itu, acara ini juga akan membahas mengenai inovasi yang dimiliki oleh Pintaria yang tujuannya adalah untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas, fleksibel dan mandiri.

Yasser M. Saiful, selaku Head of Commercial Pintek mengatakan, “Untuk menghindari dampak COVID-19, Pemerintah sudah mewajibkan untuk mengikuti protokol dengan melakukan pembelajaran di rumah sebagai langkah pencegahan. Menanggapi hal ini, kami menggandeng Pintaria untuk mengedukasi masyakarat untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar dan memberikan pemahaman bahwa pembelajaran online bisa seefektif dengan pembelajaran tatap muka. Selain itu, melalui acara ini kami juga ingin menginformasikan bahwa Pintek siap sedia untuk mendistribusikan pendanaan yang dibutuhkan pelajar yang mengambil kelas berbasis online.”

“Kami percaya bahwa pembelajaran online juga memiliki sisi positif bagi pelajar di Indonesia, di mana untuk menuju pendidikan 4.0, pelajar perlu memaksimalkan penggunaan teknologi pada proses belajar tujuannya agar mampu bersaing dan meningkatkan kompetensi dalam menghadapi dunia kerja pada masa mendatang, salah satunya adalah implementasi pembelajaran online.” tutup Yasser.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, pada Statistik Telekomunikasi Indonesia 2018, mengatakan bahwa persentase rumah tangga yang memiliki/menguasai komputer pada 2018 sebanyak 20,5% meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 19,11% dan dapat mengakses internet sebanyak 66,22%, lebih tinggi dari tahun 2017 yang hanya mencapai 57,33%[1].  Angka ini menunjukkan bahwa adanya potensi bagi masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan internet untuk pendidikan.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, situasi saat ini memberikan potensi akselerasi kebijakan Merdeka Belajar. Kebijakan Merdeka Belajar memberikan kemerdekaan setiap unit pendidikan untuk melakukan inovasi[2]. Merdeka Belajar tidak akan mungkin bisa berhasil tanpa teknologi karena teknologi memiliki potensi pemerataan akses atau kesempatan mendapat akses yang setara terhadap materi dan pembelajaran yang sama.

“Pada masa seperti ini, kami berharap Pintaria dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelajar di Indonesia melalui program kuliah online maupun pelatihan yang kami tawarkan. Melalui teknologi, kami ingin menciptakan kesempatan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekaligus mendukung tercapainya program pemerintah yaitu Merdeka Belajar. Kami juga berharap, kondisi saat ini dapat memberikan motivasi kita untuk menjadi generasi yang tidak pernah berhenti belajar, atau yang kita kenal dengan lifelong learning melalui pembelajaran secara online,” ujar Zaneti Sugiharti, Head of Marketing & Communication Pintaria.

Kuliah online maupun pembelajaran online bukan hal baru bagi Indonesia, sejak tahun 2018 Pintaria sudah menawarkan berbagai macam program kuliah yang diselenggarakan oleh 10 perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta dan Bandung dengan status akreditasi program studi A dan B. Di Pintaria, pengguna dapat mempelajari berbagai macam profesi serta mendapatkan pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri di masa depan. Melalui kerja sama ini, Pintek berkomitmen untuk mendukung penuh proses pembelajaran online untuk masyarakat di tengah pandemi tujuannya agar pendidikan di Indonesia tidak akan pernah berhenti kapanpun dan di situasi apapun.

-Selesai-

[1] https://www.bps.go.id/publication/2019/12/02/6799f23db22e9bdcf52c8e03/statistik-telekomunikasi-indonesia-2018.html

[2] http://pgdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/hikmah-covid19-memberikan-potensi-akselerasi-kebijakan-merdeka-belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *