Kolaborasi Bersama Pinnacle Alfa Edukasi dan Cambridge University Press, Pintek Dukung Peningkatan Kompetensi Pengajar Indonesia

Kolaborasi Bersama Pinnacle Alfa Edukasi dan Cambridge University Press, Pintek Dukung Peningkatan Kompetensi Pengajar Indonesia

Jakarta, 16 Juni 2020 – Memiliki misi untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia, Pintek, perusahaan financial technology peer-to-peer lending berkolaborasi bersama Pinnacle Alfa Edukasi dan Cambridge University Press untuk mendorong terciptanya pendidikan 4.0 di Indonesia sekaligus mencetak lulusan siap kerja yang mampu bersaing di kancah internasional. Melalui acara webinar Pinnacle Alfa Edukasi yang berjudul Achieving Educational Innovation with Strong Budgeting”, Pintek dan Cambridge University Press akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan mutu pendidikan melalui inovasi untuk pelajar juga pengajar serta akan menjabarkan tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan termasuk mengenai akses pembiayaan.

“Dalam era pembelajaran digital saat ini, peranan semua stakeholder dalam mendorong keberhasilan pendidikan 4.0 sangat diperlukan. Dalam segi bisnis, kolaborasi menjadi kata kunci yang paling banyak digaungkan. Demikian juga kolaborasi di dalam dunia pendidikan, sangat diperlukan. Oleh karena Itu, PT. Pinnacle Alfa Edukasi memandang perlu bekerja bersama dengan seluruh stakeholder dalam dunia pendidikan, yang tujuan akhirnya adalah membantu perkembangan dunia pendidikan dengan “end in mind” bertumbuhnya Human Capital Indonesia dan memberikan solusi dalam pendidikan Indonesia. Sehingga hal ini selaras dengan tagline kami, No.1 partner in education“, ujar Arif J. Tarigan, CEO Pinnacle Alfa Edukasi.

Menurut Tommy Yuwono, Co-Founder & Direktur Utama Pintek mengatakan,“Revolusi industri 4.0 mendorong pengajar untuk menyiapkan pelajar menghadapi perkembangan teknologi yang begitu cepat berubah. Kebutuhan pengajar yang dapat berpikir secara analitis dan kolaboratif akan dibutuhkan pada masa mendatang. Melalui kesempatan ini, kami ingin memberikan kemudahan akses untuk tenaga pengajar maupun lembaga pendidikan itu sendiri dalam meningkatkan kompetensi diri juga membangun fasilitas yang dapat mendukung kegiatan belajar.”

“Selain itu, kami memahami adanya tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan. Salah satunya adalah mengenai kesiapan dana bagi lembaga pendidikan yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki sarana prasarana, pelatihan guru, hingga teknologi yang perlu diimplementasikan dalam membantu proses belajar dan mengajar. Untuk itu, Pintek hadir untuk memberikan solusi pembiayaan yang dibutuhkan oleh seluruh ekosistem pendidikan,” ungkap Tommy.

Menurut Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa peran pengajar semakin strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berdaya saing.[1] Untuk mencapai hal ini, pengajar perlu meningkatkan profesionalisme dengan mengembangkan kapasitas dan potensi diri untuk berperan menjadi pencetak penerus bangsa yang kompeten. Salah satu cara meningkatkan kompetensi adalah pengajar didorong untuk meningkatkan keahlian bahasa inggris untuk dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang mampu meningkatkan daya saing pendidikan di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa edukasi berperan sangat penting dalam menunjang visi pembangunan SDM unggul. Oleh demikian dibutuhkan kreatifitas serta inovasi untuk dapat beradaptasi dalam terciptanya sistem pembelajaran yang lebih baik dan interaktif dengan mengutamakan pola pembelajaran aktif yang berfokus pada siswa. Cambridge selalu mendukung instasi pendidikan di Indonesia melalui Program Cambridge With Indonesia yang berfokus kepada pengembangan guru, materi pembelajaran berkualitas international serta assesment yang diakui dunia. Sebuah solusi yang terintegrasi untuk menjawab tantangan di era pendidikan 4.0,” tambah Yusuf Seto, Country Manager Indonesia, Cambridge University Press.

Acara ini juga menjadi sarana diskusi dan tukar pikiran bagi tenaga pengajar juga lembaga pendidikan agar mampu bertahan menghadapi permasalahan yang tidak bisa dipecahkan dengan pola pikir dan cara lama. “Dunia selalu berubah dan dinamis, akan selalu ada tantangan yang perlu diselesaikan. Diharapkan acara ini mampu menumbuhkan semangat bagi tenaga pengajar juga lembaga pendidikan untuk meningkatkan keterampilan agar mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pelajar pada era ini,” tutup Tommy.

-Selesai-

[1] https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/12/presiden-peran-guru-semakin-strategis-untuk-siapkan-sdm-unggul

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *