Good news! Sekarang Kamu bisa dapat pinjaman dana pendidikan dengan bunga 0% dari Pintek.

Buat Pinters yang udah diterima kuliah tapi masih bingung cari dana buat bayar tuition fee atau uang kuliah, kamu bisa mengajukan program angsuran di Pintek. Kamu bisa tetap mulai perkuliahan dengan cara mengangsur biaya pendidikan dengan jangka waktu atau tenor hingga 36 bulan, lho!

Kira-kira ini program apa ya?

Pintek Students

Pintek mempunyai produk student loan yang merupakan pinjaman untuk mahasiswa yang dapat digunakan untuk membayar uang sekolah/kuliah.

Student loan berbeda dengan student aid yang biasa diberikan oleh pemerintah atau lembaga donor lain, misalnya VDMS, Goodwill, maupun LPDP.

Konsep dari student loan di Pintek adalah kemudahan proses, tujuan peminjaman, dan nilai bunga yang diberikan.

Kamu ngga perlu khawatir lagi dengan bunga pinjaman. Soalnya Pintek bakal kasih bunga 0% bagi mahasiswa pemohon dari kampus mitra.

Selain itu, kamu juga bisa pilih sendiri jangka waktu pembayaran kembali atau tenor sesuai dengan kondisi finansial dan jumlah total dana yang dipinjam.

Selama Pinters sudah terdaftar sebagai mahasiswa aktif atau memiliki bukti telah diterima sebagai mahasiswa baru, kamu bisa langsung mengajukan permohonan pinjaman di Pintek sekarang juga!

Cara Ajukan Pinjaman dari Kampus Partner Pintek

Cara pengajuan pinjaman sangat mudah, sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu telah diterima di salah satu kampus mitra Pintek.
  2. Daftarkan diri kamu melalui website Pintek, atau login jika sudah memiliki akun.
  3. Ajukan permohonan pinjaman melalui website Pintek.
  4. Tunggu 1 hingga 3 hari untuk penilaian kredit dan pencairan.
  5. Bila permohonan kamu diterima, dana pendidikan akan langsung di transfer ke rekening kampus.

Syarat Administrasi Pemohon Pinjaman 

Sebelum kamu mulai mengajukan pinjaman di Pintek, ada baiknya pelajari syarat dan ketentuan administrasinya lebih dahulu. Sebagai berikut:

  1. Dokumen kependudukan, seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan satu foto selfie kamu dengan KTP.
  2. Lampiran dokumen bukti pendaftaran di institusi, lembaga, atau kampus mitra.
  3. Lampiran dokumen bukti penerimaan serta penagihan biaya pendidikan dari kampus.
  4. Bukti pendapatan dari mahasiswa peminjam atau orang tua/wali sebagai penjamin pinjaman.

Cara Memilih Jangka Waktu (Tenor) Pinjaman

Buat para peminjam pemula pasti bingung cara menentukan jangka waktu atau tenor pinjaman, bukan?

Nah, kami mau berbagi sedikit tips buat memilih tenor yang tepat buat kondisi finansial kamu seperti berikut ini:

  • Pertama, pertimbangkan dulu berapa sih nilai total pinjaman yang kamu. Pastikan anggaran bulanan kamu cukup buat bayar cicilan.

Walaupun kondisi finansial setiap orang itu beda-beda, tapi usahakan buat menekan cicilan sampai 30% atau maksimal 35% pendapatan per bulan, ya.

  • Kedua, hitung kembali apakah kamu masih punya tanggungan pinjaman lain yang harus dicicil setiap bulan.¬†

Kalau kamu masih belum dewasa atau belum memiliki pinjaman personal sebelumnya, diskusikan kembali dengan orang tua/wali.

Nah, setelah kamu mempertimbangkan kondisi finansial dengan dua indikator di atas, langsung aja buat simulasi sederhananya.

Misal anggaran per bulan kamu adalah Rp 6 juta, dengan batas maksimal 35%, maka jumlah dana yang harus dikeluarkan untuk cicilan tidak boleh lebih dari Rp 2,1 juta.

Setelah itu, hitung jumlah total biaya kuliah yang kamu pinjam dengan anggaran. Kalau SPP kamu Rp 10 juta per semester, seharusnya cicilan bisa lunas dengan tenor 5 bulan saja.

5 Kampus Partner Pintek di Jakarta dengan Bunga 0%

Pinjaman dengan bunga 0% dapat diajukan oleh mahasiswa yang diterima di 5 kampus swasta yang sudah bekerja sama dengan Pintek. Berikut 5 kampus Partner Pintek berikut:

  • LSPR Jakarta

Tidak ada yang meragukan kualitas dan kredibilitas pendidikan dari LSPR Jakarta. Kampus ini adalah salah satu universitas swasta dengan fokus studi di bidang komunikasi dan bisnis terbaik di Indonesia.

Kamu bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan ke Pintek di hampir semua program studi LSPR dengan syarat telah berkuliah sebagai mahasiswa tahun kedua atau semester tiga, khusus untuk LSPR tenor pinjaman hingga 11 bulan saja ya Pinters.

  • Universitas Borobudur

Universitas Borobudur atau Unbor merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Jakarta yang memiliki sistem quality assurance yang sangat baik pula.

Sebagai mitra Pintek yang memiliki visi membangun ekosistem pendidikan yang berkualitas, Unbor membuka kerjasama pinjaman dengan Pintek di hampir semua jurusan di jenjang diploma, S1, S2, dan S3.

Khusus di Universitas Borobudur, kamu bisa mengajukan pinjaman pendidikan dengan tenor 5 bulan.

  • STIH IBLAM

Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM adalah kampus yang memfokuskan diri pada pengembangan studi ilmu hukum di Indonesia.

IBLAM yang didirikan oleh para pakar, peneliti dan praktisi hukum terbaik memiliki visi pada pendidikan ilmu hukum yang berdaya saing global.

Sebagai salah satu mitra terbaik Pintek, kamu juga bisa mengajukan pinjaman di kampus ini dengan tenor 5 Bulan.

  • Italian Fashion School (IFS)

Who wants to be a new world class designer? Italian Fashion School (IFS) adalah salah salah satu sekolah mode terbaik di Indonesia yang didirikan pada 2016.

IFS merupakan sedikit dari lembaga atau kampus yang memiliki jaringan ke merek dan produsen fashion terkenal di dunia, seperti Gucci, Dolce & Gabbana, dan Vogue.

Selama mengambil studi di IFS, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dengan tenor hingga 17 bulan di Pintek.

  • LSAF

London School of Accountancy and Finance (LSAF) merupakan sedikit dari kampus di Indonesia yang membuka program studi dengan lisensi ACCA atau Association of Chartered Certified Accountants.

Hanya di LSAF, Kamu bisa memilih studi program bachelor, master, hingga profesional yang berafiliasi langsung dengan universitas top global seperti Oxford Brookes University dan University of London.

Selain itu, Kamu juga bisa mengajukan pinjaman ke Pintek di semua program studi LSAF dengan tenor hingga 36 bulan.

Nah, kalau kamu sudah pasti akan kuliah di salah satu dari 5 kampus mitra diatas, pinjaman dana pendidikan dapat kamu ajukan sekarang!

Soalnya, tahun ajaran baru 2020/2021 di hampir semua universitas, institut, dan sekolah tinggi akan dimulai pada akhir Agustus hingga pertengahan September 2020.

Sedikit bocoran nih, beberapa kampus sudah membuat kebijakan terkait pembayaran uang kuliah dengan cara mencicil, misalnya saja di LSPR. So, buat kamu yang udah terlanjur bayar buat cicilan periode pertama, kamu juga bisa ajukan permohonan pinjaman buat cicilan di periode kedua dan ketiga.