Pendidikan

Mengenal Sistem Kuliah Karyawan untuk Meningkatkan Karir yang Lebih Baik!

Belajar memang tak mengenal usia, termasuk buat kamu yang sudah bekerja tapi ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Program kuliah karyawan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan melanjutkan pendidikan kamu tentu bisa meningkatkan kualifikasi dan keterampilan yang akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan karir ke depannya nanti.

Pasalnya, ilmu yang kamu dapatkan di perguruan tinggi dapat menjadi bekal yang sangat berguna untuk karir dan hidupmu. Bahkan banyak perusahaan yang mencari karyawan berdasarkan latar belakang pendidikannya.

Hal ini menunjukan bahwa dalam dunia industri, SDM yang berpendidikan tinggi tetap diperlukan. Tidak semua orang yang hanya belajar secara otodidak bisa berkarir di suatu bidang.

Selain itu meningkatkan kualifikasi pendidikan juga bisa mendapatkan tawaran gaji dan menduduki jabatan yang lebih tingg.

Akan tetapi untuk para pekerja, waktu menjadi salah satu kendala yang kerap kali harus dihadapi untuk dapat melanjutkan pendidikan.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja Bisa Sukses, Asal Lakukan Hal Ini!

Oleh karena itu kamu dapat memiliki kuliah karyawan agar bisa mendapat keleluasaan waktu untuk kuliah. Pasalnya, waktu kuliah untuk karyawan umumnya dilaksanakan di luar jam kerja kantor.

Selain waktu, tanggung jawab yang dibebankan pada mahasiswa kelas karyawan tentu saja tidak akan seberat mahasiswa kelas reguler. Dosen pasti memiliki sejumlah kompromi.

Seiring perkembangan teknologi, kini juga sudah ada model kuliah blended learning yang menggabungkan metode kuliah online dan pertemuan tatap muka seminggu sekali atau dua kali.

Hal tersebut tentu saja akan semakin memudahkan karyawan dalam melaksanakan perkuliahan di tengah jadwalnya yang padat.

Mengenal sistem kuliah karyawan

Mengenal sistem kuliah karyawan

Buat kamu yang ingin mengambil kuliah karyawan, Pintek akan memberikan gambaran terkait sistem kuliah karyawan.

1. Jadwal kuliah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau kelas karyawan akan melaksanakan perkuliahan di luar jam kantor. Secara umum, sistem perkuliahan kelas karyawan terbagi dalam beberapa bentuk, yaitu:

  • Kelas karyawan setiap hari antara hari Senin sampai Sabtu, tapi waktu kuliahnya selepas jam kantor antara jam 17.00 – 23.00.
  • Kelas karyawan dilaksanakan full day setiap weekend, 2 kali pertemuan.
  • Kelas karyawan blended learning dengan perkuliahan online atau e-learning ditambah perkuliahan tatap muka satu kali dalam satu minggu.
  • Kelas ekstensi untuk lulusan D3 yang ingin meneruskan ke S1. Lama perkuliahan menyesuaikan konversi mata kuliah. Kelas ekstensi juga bisa dijalankan pada program kuliah reguler.

Setiap ketentuan spesifik mengenai jadwal dan sistem perkuliahan tentu saja menyesuaikan perguruan tinggi masing-masing.

Berbeda dengan kelas reguler yang umumnya memiliki batasan umur, di kelas karyawan tidak ada batasan umur.

Berapa lama kuliah kelas karyawan? Pada dasarnya sama dengan kelas reguler. Untuk jenjang S1 butuh sekitar 4 tahun untuk lulus.

2. Biaya kuliah karyawan

Secara umum, biaya kuliah kelas karyawan akan lebih mahal dibanding kelas reguler. Beberapa perguruan tinggi menerapkan penambahan biaya ekstra untuk kelas karyawan mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu.

Namun, ada juga beberapa perguruan tinggi yang menerapkan sistem blended learning dengan biaya kuliah yang bisa lebih murah.

Baca Juga: Simak! Ini Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri di UI, UGM dan ITB

3. Materi kuliah kelas karyawan

Materi perkuliahan pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kelas reguler. Mungkin ada sedikit penyesuaian untuk menyesuaikan kebutuhan para pekerja yang sudah masuk langsung di industri.

4. Kampus yang menyelenggarakan kelas karyawan

Beberapa perguruan tinggi negeri yang cukup populer dan membuka kelas karyawan diantaranya UI, UIN Syarif Hidayatullah, dan UNJ. Perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan didominasi oleh perguruan tinggi swasta.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi perguruan tinggi swasta yang membuka program kelas karyawan.

  • LSPR (London School of Public Relations)

LSPR memiliki program e-learning dengan perkuliahan yang 100% online. Oleh karena itu, kamu dapat lebih bijak dalam memanfaatkan waktu agar dapat melaksanakan kuliah dengan lebih maksimal.

Selain itu, sebagai mahasiswa kamu juga perlu lebih cermat mengatur waktu belajar dan bisa mengembangkan sendiri materi pembelajaran yang didapatkan.

  • Universitas Borobudur

Universitas Borobudur membuka Kelas Eksekutif yang cocok untuk karyawan dengan jenjang S1.

Sistem perkuliahannya cukup unik karena menerapkan sistem trimester. Jadwal kuliahnya yaitu hari Jumat pada pukul 16.30 – 21.00 dan hari Sabtu pada pukul 07.30 – 17.00.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai kuliah karyawan yang bisa kamu jadikan gambaran saat memilih melanjutkan studi di kelas karyawan.

Kamu juga tak perlu khawatir memikirkan biaya kuliah karena kamu dapat mengandalkan Pintek untuk mengatasi seluruh biaya pendidikan kamu, Jika ingin lebih mudah dalam pembiayaan, kamu bisa memilih kampus yang bermitra dengan Pintek.

Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Pintek Students Regular bagi Karyawan yang Kuliah

Produk pendanaan pendidikan yang disediakan Pintek ada beberapa macam. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan. Lebih lengkapnya langsung saja masuk ke website Pintek dan registrasi sebagai member.

Kuliah kelas karyawan adalah jawaban untuk peningkatan karir. Jangan sampai masalah biaya menjadi penghambat untukmu mengembangkan karir yang lebih baik. Bersama Pintek, kamu bisa lebih tenang terkait masalah pembiayaan.

Artikel Terkait

Back to top button